Peringatan Dini Tsunami Berakhir, Warga Sulteng Diminta Tetap Waspada

Gempa 6,9 SR di dekat Banggai Kepulauan

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan dini tsunami akibat gempa magnitudo 6,9 Skala Richter di Sulawesi tengah, Jumat (12/4) malam pukul 19.40 Wita, telah berakhir. Meski begitu, masyarakat setempat diminta tetap waspada.

“Masyarakat di sekitar pesisir Kabupaten Morowali yang dinyatakan berpotensi tsunami dengan tingkat waspada sebelumnya oleh BMKG, diminta tetap meningkatkan kewaspadannya,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers yang diterima Jumat malam (12/4).

1. Masyarakat sempat panik dan mengungsi ke daerah tinggi

Peringatan Dini Tsunami Berakhir, Warga Sulteng Diminta Tetap Waspadafreepik.com

Sutopo mengungkapkan, gempa 6,9 SR yang berpusat pada lokasi 87 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, dirasakan getarannya di berbagai daerah. Masyarakat banyak yang mengungsi ke bukit-bukit dan daerah yang tinggi. Seperti di Luwuk Kabupaten Banggai, dan Banggai Kepulauan.

Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Rata-rata getaran dirasakan selama 6 detik. Di Taliabu, Maluku Utara, sebagian masyarakat yang merasakan guncangan juga mengungsi.

"BPBD saat ini masih melakukan pendataan dan pemantauan dampak gempa M 6,9. Beberapa daerah listrik padam,” ucap Sutopo.

2. Masyarakat Toili, Banggai diminta mengungsi

Peringatan Dini Tsunami Berakhir, Warga Sulteng Diminta Tetap Waspadaearthquakeguide

Sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan waspada tsunami untuk masyarakat di Morowali. Artinya, pemerintah setempat diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

Di Kabupaten Banggai, gempa dirasakan kuat. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD setempat telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat khususnya di Kecamatan Toili yang berpotensi tsunami, diminta untuk mengungsi.

Baca Juga: Gempa 6,9 SR di Sulteng Bikin Warga Lari ke Gunung, Ini 4 Faktanya

3. Gempa susulan tidak berpotensi tsunami

Peringatan Dini Tsunami Berakhir, Warga Sulteng Diminta Tetap WaspadaIDN Times/Sukma Shakti

Usai gempa 6,9 SR, Sulteng kembali diguncang gempa susulan pada pukul 20.03 Wita. Lokasinya berada pada 98 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan. Gempa susulan berkekuatan 5,0 SR, dan tidak berpotensi tsunami.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You