Pemudik di Sulselbar Manfaatkan Pengisian Daya di SPKLU PLN

PLN siapkan 21 SPKLU yang tersebar di 12 lokasi

Makassar, IDN Times - PT PLN mengoperasikan layanan 21 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tiga provinsi di Sulawesi pada momen mudik Idul Fitri 1445 Hijriah. SPKLU tersebar di 12 lokasi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulselrabar M. Andy Adchaminoerdin mengatakan, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik tidak perlu khawatir. Sebab PLN telah menyiapkan charging station pada jalur trans Sulawesi.

"Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN UID Sulselrabar juga telah menyiapkan 1.103 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua," kata Andy dalam keterangan persnya, Rabu (10/4/2024).

Andy menyampaikan bahwa lokasi-lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle pada Aplikasi PLN Mobile. Ia mencatat, hingga tanggal 9 April 2024, transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat meningkat signifikan. PLN mencatat, jumlah transaksi di SPKLU melonjak hingga tiga kali lipat pada periode arus mudik tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama 2023 lalu dari 23 transaksi menjadi lebih dari 76 transaksi.

Andy menyatakan bahwa PLN terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan penambahan beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” kata Andy.

Lewat menu Trip Planner, pemudik dapat mengatur titik berangkat dan titik tujuan dan secara otomatis PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

Saat melakukan isi daya mobil listrik di SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kolaka, Zulkifli, pemudik rute Kendari ke Kolaka Utara menuturkan SPKLU yang tersedia di Sulawesi Tenggara sangat memudahkan pengguna kendaraan listrik.

"Saya pribadi memanfaatkan infrastruktur SPKLU di PLN ULP Wuawua dan PLN ULP Kolaka dalam rute mudik perjalanan Kendari ke Kolaka Utara, tempatnya nyaman dan saya bisa beristirahat sambil mengisi daya mobil listrik. Cara isi dayanya mudah sekali, selain itu petugas PLN juga sigap membantu," ujar Zulkifli.

Senada, Ali, pemudik rute Makassar ke Sidrap turut mengapresiasi kesiapan SPKLU PLN. "Adanya SPKLU yang terletak di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Parepare ini sangat mempermudah kami dalam melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik. Kami tak khawatir kehabisan baterai," ucap Ali.

Baca Juga: 2 Cara Cari SPKLU untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya