Momen Rahmat Erwin Lifter Andalan Sulsel Sabet Medali Emas Asian Games

Rahmat kawinkan medali emas Asian Games dan SEA Games

Makassar, IDN Times - Lifter andalan Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou. Medali emas didapatkan dari cabang angkat besi kelas 73 kg putra dengan total angkatan 359 kg, Selasa (3/10/2023).

Rahmat Erwin melengkapi raihan medali emasnya dengan mencatatkan dua rekor. Masing-masing rekor dunia clean and jerk dengan total angkatan 201 kg, serta rekor Asian Games pada total angkatan seberat 359 kg.

"Alhamdulillah Erwin mampu menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia," kata ayah Rahmat, Erwin Abdullah, dikutip dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (4/10/2023).

Baca Juga: Rahmat Erwin Sabet Emas dan Pecahkan Rekor di Asian Games 2022

1. Medali pertama Rahmat di Asian Games

Momen Rahmat Erwin Lifter Andalan Sulsel Sabet Medali Emas Asian GamesLifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, saat beraksi di SEA Games 2023 Kamboja (CdM Indonesia SG 2023 / Argo Pambudi)

Erwin mencatat total angkatan 359 kg dengan rincian 158 kg snatch dan 201 kg clean and jerk. Ini merupakan medali pertama Rahmat di Asian Games, sekaligus medali emas kelima Indonesia di Asian Games 2022.

Medali perak diraihwakil Thailand Weeraphon Wichuma dengan total angkatan 351 kg (156 kg snatch dan 195 clean and jerk). Sementara medali perunggu diamankan wakil Korea Utara, Oh Kum Thaek dengan total angkatan 344 kg (151 kg snatch dan 193 clean and jerk).

2. Capaian Rahmat melengkapi rekor di Kejuaraan Dunia

Momen Rahmat Erwin Lifter Andalan Sulsel Sabet Medali Emas Asian GamesErwin Abdullah, ayah dari lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah (NOC Indonesia)

Rahmat Erwin sebelumnya mencatatkan prestasi gemilang saat tampil di Kejuaraan Dunia Federas Angkat Besi Internasional (IWF) 2023 di Riyadh, Arab Saudi. Bertanding pada kategori 81 kg putra, Senin (11/9/2023), Rahmat memecahkan rekor dunia.

Rahmat Erwin mencatatkan angkatan clean and jerk 209 kg sekaligus meraih medali emas. Angkatan itu mengalahkan catatan rekor dunia sebelumnya, seberat 208 kilogram, oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, pada Kejuaraan Dunia 2021.

Pada partisipasi sebelumnya di Kejuaraan Dunia IWF 2022 di Bogota, Kolombia, Rahmat juga berhasil mengukir prestasi. Dia memecahkan rekor nomor clean and jerk dengan angkatan 200 kilogram di kelas 73 kg putra.

3. Kawinkan medali emas SEA Games dan Asian Games, tatap Olimpiade Paris 2024

Momen Rahmat Erwin Lifter Andalan Sulsel Sabet Medali Emas Asian GamesLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dari kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Capaian Rahmat Erwin di Asian Games juga melengkapi prestasinya di SEA Games 2023. Saat itu dia meraih medali emas di kelas 81 kg putra sekaligus memecahkan tiga rekor di ajang pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara. Di SEA Games, Rahmat telah dua kali meraih medali emas, setelah capaian pertamanya pada kelas 73 kg di tahun 2021.

Rahmat, pada kesempatan sebelumnya, menyatakan tidak kaget bisa memecahkan rekor sekaligus meraih medali emas di SEA Games. Dia merasa lebih enteng mengangkat beban karena naik kelas dari 73 kg ke 81 kg.

"Karena berat badan saya naik, jadi lebih enteng saja mengangkat beban di kelas ini (81 kg)," kata Rahmat Erwin. 

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, mengatakan bahwa keberhasilan Rahmat Erwin meraih emas dan memecahkan rekor di SEA Games 2023 bukan tujuan utama. Okto menyebut target utama Rahmat Erwin adalah Olimpiade Paris. Pada Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat meraih medali perunggu.

"Rahmat harus fokus terus, dan fokus selanjutnya ke Olimpiade Paris 2024. Kita akan komunikasi dengan PABSI dan semua stakeholder agar Rahmat potensi medali emas di Paris 2024," ungkap Okto. 

Baca Juga: Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan IWF 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya