Kloter 14 Tiba, Pemulangan Gelombang I Haji Debarkasi Makassar Rampung

Jumlah anggota jemaah wafat bertambah jadi 30

Makassar, IDN Times - Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama berakhir Rabu (3/7/2024). Untuk Debarkasi Makassar, gelombang pertama ditutup dengan kedatangan kloter 14.

Kloter 14 berpenumpang 450 orang tiba dari Madinah dengan pesawat Garuda GIA 1214. Pesawat mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 23.19 WITA, terlambat 39 menit dari jadwal semula.

Kloter ini membawa 237 anggota jemaah haji asal Kabupaten Bone, 104 dari Gorontalo, Kabupaten Maros 99 orang, dan satu dari Luwu. Selain itu terdpat petugas kloter dan petugas haji daerah berjumlah sembilan orang.

"Alhamdulillah 14 kloter pada fase gelombang pertama yang dipulangkan melalui Debarkasi UPG telah berakhir. Semoga perjuangan jamaah haji memburu gelar haji mabrur dapat diraih," kata Kepala Bidang Penerimaah Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi-Debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis dini hari (4/7/2024).

Wahyuddin menerangkan, hingga kloter 14, total anggota jemaah dipulangkan sebanyak 6.288 orang. Sebelumnya 16.644 orang diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar, dengan rincian asal Sulsel sebanyak 3.424 orang, luar Sulsel 2.749, dan petugas 115 orang.

Sejauh ini, kata Wahyuddin, jumlah jemaah haji Embarkasi Makassar wafat 30 orang. Sebagian besar, 28 orang, wafat di Arab Saudi, dan dua orang saat transit di Makassar. Selain itu ada delapan anggota jemaah menjalani perawatan di Saudi.

Selanjutnya, dalam sambutannya pada seremoni penyerahan Kloter 14 , Wahyuddin Hakim tak mengingatkan jemaah agar memantaskan diri menjaga predikat haji yang disandang.

“Jemaah telah menjalani perjalanan mulia sebagai Duyufurrahman, sebagai tamu Allah. Begitu berat predikat haji yang kita sandang, untuk itu jaga kemuliaan hajita, dan jadilah contoh dan teladan yang baik di tengah masyarakat dengan senantiasa menjaga sikap, prilaku dan ibadahta,” katanya.

Baca Juga: Bertambah, 28  Anggota Jemaah Haji Embarkasi Makassar Wafat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya