Dosen Unhas Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

Debat kelima digelar di Jakarta, Minggu (4/2/2024)

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar panelis dan moderator debat kelima Pemilihan Presiden 2024. Debat digelar di Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Ada 12 panelis untuk debat terakhir Pilpres. Salah satunya dosen Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Aminuddin Syam. Aminuddin saat ini menjabat Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) periode 2022-2026.

Tema besar dalam debat kelima yakni kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi. Dengan subtema, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Baca Juga: KPU Pertimbangkan Tambah Durasi Segmen Debat Capres-Cawapres Kelima

1. Profil Singkat Prof. Aminuddin Syam

Dosen Unhas Panelis Debat Kelima Pilpres 2024Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Aminuddin Syam. (Dok. Unhas)

Dihimpun dari berbagai sumber, Prof. Aminuddin Syam telah mengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas sejak tahun 1988. Dia mengajar berbagai mata kuliah pendidikan gizi, termasuk gizi masyarakat, gizi klinik, dan gizi olahraga. Syam juga aktif melakukan penelitian dan menulis berbagai artikel dan buku di bidang pendidikan gizi.

Syam telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Satya Lencana Karya Satya XX Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2022. Ia juga pernah menjadi ketua Asosiasi Pendidikan Gizi Indonesia (APGI) periode 2018-2022.

Syam dikenal sebagai seorang akademisi yang berintegritas dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pendidikan gizi. Ia juga aktif memberikan advokasi gizi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Syam adalah penelitian tentang potensi biji labu kuning sebagai sumber pangan fungsional. Penelitian ini menemukan bahwa biji labu kuning memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biji labu kuning dapat menjadi alternatif sumber pangan yang sehat dan bergizi.

Syam juga aktif melakukan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan gizi. Ia telah memberikan pelatihan dan penyuluhan gizi kepada berbagai kelompok masyarakat, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Syam juga aktif dalam pengembangan kurikulum pendidikan gizi di Indonesia.

2. Daftar panelis debat kelima Pilpres 2024

Dosen Unhas Panelis Debat Kelima Pilpres 2024Ilustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berikut ini daftar panelis debat kelima Pilpres 2024:

1. Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed.
• Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin
• Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Periode 2022-2026.

2. Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D
• Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027.

3. Bahruddin
• Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (BAN PDM).

4. Damar Juniarto, S.Sos.
• Akademisi di UPN Veteran Jakarta
• Pendiri PIKAT Demokrasi dan Penasihat Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet).

5. Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D.
• Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

6. Imam Prasodjo
• Sosiolog Universitas Indonesia.

7. Onno Widodo Purbo. Ph.D.
• Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor Institut Teknologi Tangerang Selatan.

8. Dra. Reni Kusumowardhani M.Psi., Psikolog
• Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

9. Timboel Siregar, S.Si., S.H., M.M.
• Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI)
• Koordinator Advokasi BPJS Watch.

10. Tolhas Damanik, M.Ed.
• Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access (AGENDA). Aktivis Disabilitas.

11. Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D.
• Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta
• Dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

12. Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D.
• Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia.

3. KPU pertimbangkan menambah durasi debat

Dosen Unhas Panelis Debat Kelima Pilpres 2024Anggota KPU RI, August Mellaz (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mempertimbangkan akan menambah durasi segmen keenam pada debat capres-cawapres putaran kelima Pilpres 2024, yang akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024.

Anggota KPU RI, August Mellaz, mengatakan usulan untuk menambah durasi itu khusus di segmen keenam. Pada bagian segmen terakhir itu, ketiga capres dipersilakan menyampaikan pernyataan tertutup (closing statement).

"Jadi tetap segmennya dibagi dalam enam segmen, memang sempat ada usulan bagaimana kalau kemudian ada penambahan khusus, kalau segmen keenam atau closing statement yang sebelumnya durasi waktunya dua menit, disamakan dengan penyampaian visi misi empat menit. Nah itu yang nanti kami bicarakan di tingkat pimpinan," kata dia kepada awak media di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

Yang jelaskan kita punya alokasi waktu 150 totalnya, sedangkan yang 120 menit untuk segmen on air-nya. Tapi kami akan bicarakan itu (usulan tambah durasi di segmen keenam)," lanjut Mellaz.

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Kelima Tetap Digelar di JCC

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya