Bandara Sam Ratulangi Manado Masih Ditutup hingga Kamis Sore

Penutupan berlaku hingga 2 Mei 2024 pukul 18.00 Wita

Makassar, IDN Times - Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara, masih ditutup akibat aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Tcagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro. Penutupan bandara setidaknya berlaku hingga Kamis sore (2/5/2024), pukul 18.00 Wita.

"Sesuai dengan Notam A1170/24 NOTAMR A1160/24, maka kami kembali memperpanjang penutupan Bandara Samrat hingga pukul 18.00 Wita sore ini," kata General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Maya Damayanti dilansir Antara, Kamis.

Maya mengatakan, penutupan bandara bertujuan untuk menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Sejak Gunung Ruang menyemburkan abu vulkanil pada Selasa (30/4/2024), Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara.

Sejauh ini, kata Maya, Ada 65 pesawat dan 7.039 penumpang tiba dan berangkat yang terdampak di bandara Sam Ratulangi. Dia mengatakan sebagian besar penumpang sudah melakukan reschedule dan refund ke masing masing maskapai penerbangannya.

Tim Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tomohon melaksanakan tugas penting dengan membersihkan landasan pacu Bandara Sam Ratulangi Manado dari abu vulkanik erupsi Gunung Ruang Kabupaten Sitaro. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat PolPP) Pemerintah Kota Tomohon Jusak Toar Pandeiroth mengatakan, ada empat personil dan satu armada yang dikirim untuk menuju Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Empat personil dan satu mobil damkar ini akan membersihkan landasan pacu dari Abu Vulkanik Gunung Ruang,” kata Toar Pandeiroth, Rabu (1/5/2024).

Tim damkar Tomohon akan bersama-sama dengan tim damkar lainnya membersihkan landasan pacu pesawat supaya bisa digunakan. “Pengiriman Tim ini sebagai kepedulian Pemerintah Kota Tomohon dalam mengatasi dampak Abu Vulkanik yang turun di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado,” katanya.

Penyiraman landasan pacu dilakukan tim Damkar Tomohon, dimulai Rabu pagi. “Semoga keberadaan Tim Damkar Kota Tomohon dapat membantu membersihkan Abu Vulkanik di Bandara Sam Ratulangi,” kata Kasat Pol PP Tomohon.

Baca Juga: Kapal Basarnas Manado Ungsikan 109 Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya