882 Anggota Jemaah Haji Papua Tiba dari Saudi

Jemaah haji Papua terbagi dalam tiga kloter

Makassar, IDN Times - Sebanyak 882 anggota jemaah haji asal Provinsi Papua tiba kembali dari Arab Saudi, hingga Kamis (11/7/2024). Tahun ini Papua memberangkatkan jemaah berjumlah 1.050 orang melalui Embarkasi Makassar.

Pada Kamis malam pukul 19.14 Wita, tiba kelompok terbang 25 di Debarkasi Haji Makassar. Kloter ini mengangkut 450 orang asal Kabupaten Mimika, Boven Digoel, Jayawijaya, Yapen, dan Jayapura.

Sejauh ini jemaah haji Papua tiba dengan dua kloter, yaitu kloter 23 dan kloter 25. Sisanya sebanyak 166 orang akan tiba bersama kloter 26 hari ini, Jumat (12/7/2024).

Papua kehilangan satu anggota jemaah bernama Andi Pakkanna asal Kota Jayapura, anggota kloter 23. Dia meninggal di Rumah Sakit Muhammad Saleh Arab Saudi pada tanggal 1 Juli 2024.

Pada prosesi serah terima kloter 25 yang digelar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, sejumlah pejabat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua hadir menjemput langsung jemaahnya. Di antaranya Kabid Haji dan Bimas Islam Musa Narwawan, Kepala Kemenag Mimika, Boven Digoel, Jayawijaya, Yapen, dan Kasubag TU Jayapura. Hadir pula Kadis Pendapatan Kab. Jayapura.

Kepala Bidang Pembinaan Jemaah dan Petugas PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Abdul Gaffar yang menyerahkan kloter 25. Dia meminta jemaah menjadikan proses pelaksanaan ibadah haji sebagai momentum untuk menggelorakan hikmah berhaji dalam diri masing-masing.

“41 hari di Haramain dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua. Ada hikmah yang bisa kita petik untuk kita implememtasikan dalam keseharian kita,” ucapnya.

Gaffar mengatakan jemaah haji yang memperoleh predikiat haji mabrur bagaikan seperti bayi yang terlahir kembali dari rahim ibunya, dengan mengutip salah satu hadis. “Barangsiapa yang melaksanakan haji di Baitullah kemudian tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik maka dia kembali keadaannya seperti saat dilahirkan oleh ibunya,” ucapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jemput Jemaah Haji Papua di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya