12 Perguruan Tinggi Ramaikan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times

Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times

Makassar, IDN TimesIDN Times didukung Pertamina menyelenggarakan kompetisi Liga Debat Mahasiswa 2024. Sebanyak 12 tim mahasiswa asal berbagai perguruan tinggi di Indonesia jadi peserta.

Kompetisi debat antar mahasiswa ini merupakan penyemarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times, yang diperingati pada 8 Juni 2024. Kompetisi bakal berlangsung dari penyisihan mulai 21 Mei hingga babak final 6 Juni 2024. 

Kompetisi digelar untuk mengasah nalar kritis dan keterampilan berpendapat mahasiswa di kalangan Generasi Z, sesuai audience IDN Times. "Berpikir kritis merupakan keterampilan penting di era digital. Program ini untuk memacu generasi muda mengasah pemikiran kritisnya sehingga mampu mengutarakan aspirasinya hingga menebar inspirasi," kata panitia kompetisi, Martin Tobing.

Baca Juga: Gaduh Gaya Hidup Hedon Penerima KIP Kuliah

1. Babak final digelar di Jakarta, total hadiah puluhan juta

12 Perguruan Tinggi Ramaikan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN TimesPerwakilan 12 perguruan tinggi peserta Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times mengikuti technical meeting, Sabtu (18/5/2024). (Dok. IDN Times)

Kompetisi Liga Debat Mahasiswa 2024 diikuti perwakilan mahasiswa dari 12 perguruan tinggi berdasarkan undangan IDN Times. Satu tim beranggotakan tiga hingga lima orang. Panitia telah mengumpulkan para peserta melalui technical meeting secara daring, Sabtu (18/5/2024).

Peserta Liga Debat Mahasiswa 2024, antara lain: Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Univesitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UIN Syarif Hidayatullah. Berikutnya, Institut Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Mataram, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Bandung.

Babak penyisihan dan perempat final digelar 21-27 Mei 2024, dilanjutkan dengan semi final pada 28-29 Mei 2024. Babak penyisihan hingga semi final digelar daring melalui Zoom. Babak final digelar luring di Kantor IDN Media di Jakarta, 6 Juni 2024.

Panitia menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta untuk pemenang. Juara pertama mendapatkan Rp10 juta dan sertifikat, juara kedua Rp8 juta dan sertifikat, juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, dan juara keempat Rp4 juta dan sertifikat.

2. Format debat

12 Perguruan Tinggi Ramaikan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN TimesPanitia Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times menjelaskan seputar peraturan dan mekanisme kompetisi kepad apeserta di technical meeting, Sabtu (18/5/2024). (Dok. IDN Times)

Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times mengadopsi format Teks Debat, yakni membahas topik dari sudut pandang yang berbeda. Topik atau isu tersebut akan disampaikan Moderator bertindak sebagai Mosi.

Setelah moderator menyampaikan Mosi, peserta yakni tim afirmasi (pro) dan tim oposisi debat dipersilahkan menyampaikan pandangannya terkait mosi/tema debat secara bergantian. Tim afirmasi akan mengemukakan argumen yang mendukung (pro) terhadap mosi. Tim oposisi mengemukakan argumen kontra atau sanggahan terhadap mosi.

Mosi akan menyampaikan beberapa pertanyaan. Setiap tim pro dan kontra memberikan komentar atau mendebat pendapat dari tim lain. Tim Pro harus mempertahankan pendapatnya dengan mengemukakan argumen yang mendukung. Tim Kontra menyampaikan argumennya setelah mendengar pendapat dan menerima sanggahan dari tim Pro.

Durasi waktu argumen tim pro dan kontra adalah 5 menit. Penutup oleh tim pro dan kontra durasi maksimal 5 menit, berisi pernyataan singkat argumentasi tim lebih kuat dari argumentasi lawan. Keaktifan setiap anggota tim dalam mengemukakan argumen jadi penilaian penting panelis. Bahasa yang digunakan dimengerti oleh semua peserta, dan tidak mengandung SARA.

3. Ini bagan tim peserta kompetisi debat, kampus mana favorit juara?

12 Perguruan Tinggi Ramaikan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN TimesHasil pengundian tim peserta Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times. (Dok. IDN Times)

Bagan di atas merupakan hasil undian tim yang diikuti para peserta pada technical meeting. Delapan tim akan tampil berhadapan sebagai tim pro atau kontra di babak penyisihan. Empat tim lainnya mendapat bye di perempat final.

Sesuai bagan, babak penyisihan akan dimulai pada 21 Mei 2024 pukul 14.00 WIB. Tim pertama yang akan bertanding adalah Universitas Diponegoro melawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berikutnya pada pukul 16.00 WIB Telkom University berhadapan ITS.

Dua pertandingan lain babak kualifikasi digelar Rabu 22 Mei 2024. ITENAS menghadapi ITB pukul 14.00 WIB, lalu Unram melawan ITERA pukul 16.00 WIB.

Tema lomba babak penyisihan: “Pemanasan Global Gaya Hidup Gen Z Berubah, Kamu Pro atau Kontra?" Sedangkan tema di babak perempat final hingga final akan berbeda, sesuai ketentuan panitia dan panelis.

Para peserta akan bersaing memperebutkan dua tempat di babak final. Sedangkan juara ketiga dan keempat dipilih oleh panelis dari dua tim yang kalah di babak semi final. Dari 12 tim peserta, mana yang menurutmu bakal keluar sebagai pemenang?

Baca Juga: Mengenal Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Mahasiswa Wajib Tahu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya