Comscore Tracker

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!

Caranya ga ribet!

Menghias rumah dengan bunga segar akan lebih menarik dibanding menggunakan bunga imitasi. Selain lebih harum, rasanya lebih indah dipandang mata

Sayangnya, bunga segar lebih cepat layu. Namun Anda tak perlu khawatir, bunga potong bisa mekar dalam jangka waktu lebih lama jika dilakukan perawatan yang benar.

Banyak tips dan trik merawat bunga di rumah dengan cara yang simple dan praktis. Nah, ini dia 9 cara gampang agar tanaman mu tetap segar

1. Pilih ukuran vas bunga 

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Ilustrasi ukuran vas bunga (pexels.com/RODNAEproductions)

Bunga segar biasanya akan diletakkan dalam vas bunga, sehingga ukuran vas bunga menjadi hal yang harus diperhatikan agar bunga segar tidak cepat layu.

Pilihlah vas yang besar dan berleher lebar untuk meletakkan bunga segar. Tujuannya adalah bagian batang bunga tidak saling menempel terlalu erat dan berdekatan.

2. Bersihkan vas bunga agar tidak kotor

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!vas bunga (pexels.com/cottonbro)

Adanya mikroorganisme di wadah yang kurang bersih akan memicu pembusukan pada bunga.

Lebih baik, pilihlah wadah yang berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat.

3. Potong batang bunga dengan arah miring

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Ilustrasi memotong batang bunga (pexels.com/cottonbro)

 cara merawat bunga potong yang pertama adalah dengan memotong batangnya.

Potong batang dengan arah miring, hal ini dimaksudkan supaya memperluas batang dalam menyerap air. Hindari memotong dengan gunting, karena hasil kemiringannya jadi kurang baik. Sebaiknya gunakan pisau yang benar-benar tajam agar batang tidak menjadi rusak.

4. Gunting daun pada bunga

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!trasi bunga mawar di daam vas bunga (Pexels.com/Lynda Sanchez)

Membuang daun yang terendam air akan mengurangi resiko pembusukan bunga. Potong tangkai daun dengan gunting ya, supaya tetap terlihat rapi dan bekasnya tidak meninggalkan noda kecoklatan.

5. Rutin mengganti air

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Mengganti air (pexels.com/ArtHousestudio)

Kunci utama agar bunga yang kamu punya tetap mekar adalah dengan rajin mengganti air secara rutin setiap hari. Tujuanya adalah agar bunga tetap selalu fresh sehingga membantu bunga agar tahan lama

6. Gunakan air hangat 

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Ilustrasi air hangat (pexels.com/Pixabay)

Taruhlah air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Sesuaikan jumlah air supaya batang tidak terlalu tinggi terendam.

Metode ini sering disebut pengerasan yang membantu untuk memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.

7. Tambahkan gula pada air tanaman 

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Ilustrasi gula (pixels.com/SuzyHazelwood)

Tanaman yang ditanam dengan sedikit gula yang ditambahkan ke air umumnya tampak lebih sehat dan tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang ditanam dengan air biasa.

Efeknya jauh lebih dramatis pada tanaman yang tumbuh di luar tanah dalam lingkungan yang terkendali, karena tanaman yang lebih muda mungkin belum mengembangkan kemampuan produksi dan penyimpanan gula yang efektif seperti yang lebih tua, serta pada tanaman yang dipanen dari tanah dan disimpan dalam wadah, seperti vas, karena wadah seperti itu kekurangan gula alami di luar tanah.

8. Jauhkan bunga dari buah-buahan

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!ilustrasi tanaman dekat buah (pexels.com/Anastasiia)

Jangan meletakkan bunga dekat dengan buah-buahan
Hindari meletakkan bunga dekat dengan buah-buahan. Buah-buahan menghasilkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan bunga. Jadi jauhkan bunga dari buah-buahan

9. Gunakan hidrogel 

9 Cara Merawat Bunga Potong Agar Tidak Gampang Layu, Mudah!Media hidrogel tanaman (google.com/Mediatanam)

Anda bisa menggunakan hidrogel untuk membuat bunga dalam vas lebih awet tidak cepat layu. Hidrogel bermanfaat sebagai cadangan nutrisi dan air sehingga membuat bunga menjadi lebih awet. Hidrogel juga memiliki bentuk dan warna yang cantik, sehingga dapat mempercantik tampilan vas bunga Anda.

Baca Juga: 7 Tips agar Tanaman Tumbuh Sehat, Jangan Kelebihan Menyiram

safa azahra Photo Community Writer safa azahra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya