Comscore Tracker

7 Channel Youtube Belajar Bahasa Inggris dari Native Speakers

Yuk belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan

Apa sih sebenarnya tujuanmu belajar bahasa Inggris? Kamu mungkin menjawab ingin lancar berbahasa Inggris, atau sebagai persiapan untuk studi maupun bekerja di luar negeri. Atau bisa juga karena ingin nonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle.

Masih banyak dari kita yang merasa kemampuan bahasa Inggrisnya sudah cukup baik. Namun ketika mendengar atau berhadapan dengan native speaker menjadi gagap dan sulit memahami maksud daripada si penutur tersebut.

Belajar bahasa Inggris dari penutur aslinya tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Karena terbiasa mendengarkan percakapan yang datang langsung dari mulut sang penutur kita menjadi mudah memahami ketika berhadapan langsung dengan mereka. Dan kemampuan speaking pastinya juga akan semakin meningkat, baik itu dari segi pengucapan, kosakata yang digunakan, ataupun kefasihan.

Jangan pernah berpikir bahwa belajar bahasa Inggris dengan native speaker akan lebih susah. Justru sebaliknya, banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan. Jadi, tunggu apalagi? Berikut beberapa channel YouTube tentang learning english with native speakers.

Baca Juga: 5 Channel YouTube untuk Belajar Gitar Fingerstyle, Mudah!

1. English With Lucy

https://www.youtube.com/embed/owzPL9jaSU8

English with Lucy merupakan channel YouTube yang sangat cocok buat kamu yang ingin belajar bahasa inggris dalam British English. Dengan pembawaannya yang ringan, dijamin tidak akan ada rasa bosan dan berat belajar bahasa inggris melalui channel ini.

Kamu dapat belajar mulai dari pelafalan, tenses dan penggunaannya, kosakata, idiom, dan masih banyak lagi. Lucy sudah beberapa kali kolaborasi dengan konten kreator channel bahasa inggris lainnya, Linguamarina, Rachel's English, Bob the Canadian, mmmEnglish, dan Speak English with Vanessa. Mereka sebagai native speakers biasanya akan membuat konten mengenai apa sih perbedaan British English, American English, atau Australian English dilihat dari aksen, pelafalan, maupun kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Buat kamu yang ingin belajar lebih lagi, kamu dapat mengunjungi website https://englishwithlucy.co.uk/. Lucy juga menawarkan Pronounciation Course, apabila berminat dapat mendaftar di https://epiphanylanguagestudios.com/. Dan masih ada program belajar bahasa inggris lainnya sering diadakan seperti story challenge, idiom challenge, dan lain sebagainya.

2. Rachel's English

https://www.youtube.com/embed/oWP9Riq-ZBg

Kalau sebelumnya kanal untuk belajar British English, channel YouTube ini fokus kepada American English. Buat kamu yang sangat ingin bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan American Accent yang bagus, channel ini akan sangat bermanfaat dan membantu untuk meningkatkan kemampuanmu agar terdengar seperti native speaker ketika melakukan conversation.

Apa saja yang bisa dipelajari disini? Banyak, dari mulai listening, speaking, grammar, vocabularies, idiom, phrasal verbs, sampai pronounciation.

Mungkin kamu baru pindah ke Amerika, atau mempunyai rencana untuk sekolah, bekerja, dan tinggal di sana? Di sini kamu bisa mempelajari bagaimana sih cara memperkenalkan diri dengan American English, cara menerima telepon, cara melakukan greeting and say goodbye, bahkan hingga melatih aksen Amerikamu.

Menariknya, channel ini juga menyediakan konten buat kamu yang ingin mencari pekerjaaan di US, di mana kamu akan diajari bagaimana melakukan job interview yang baik dan benar, serta tips-tipsnya.

3. Speak English With Vanessa

https://www.youtube.com/embed/PE97Fm4d_FQ

Ingin bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar dan percaya diri, di sini tempatnya. Pembawaannya yang sangat ceria dan menyenangkan akan membuat kamu semakin bersemangat dalam belajar.

Bersama Vanessa, kamu akan diajak untuk memahami percakapan bahasa inggris dengan cepat yang dituturkan oleh native speakers, yang tentunya akan  meningkatkan kemampuan mendengarmu. Masuk ke dalam real conversation untuk meningkatkan speaking-mu, belajar kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka, idiom, phrasal verb, dan lain-lain. Vanessa juga membuka kelas English Lesson bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dan ingin belajar lebih jauh lagi.

4. mmmEnglish

https://www.youtube.com/embed/-LYYlVLyLRA

Channel YouTube satu ini sangat terekomendasi untuk kamu yang ingin fokus belajar Australian English. Salah satu yang paling menarik adalah konten bertakjuk Speak with Me, di mana kamu diajak mempraktekkan kemampuan speaking-mu dengan mengangkat tema kehidupan sehari-hari bersama Emma dari mmmEnglish.

Kamu bisa melatih kemampuan Australian English-mu dari pronounciation, vocabularies, idiom, grammar, atau belajar dari common mistakes yang biasa terjadi oleh banyak orang baik itu native speakers atau non-native speakers. Ingin meningkatkan kemampuanmu lebih lagi? Ikuti English Imitation Course dari Emma yang dapat diakses di https://www.mmmenglish.com/imitation. Melalui khursus tersebut akan membantu lebih percaya diri dan lancar dalam berbahasa Inggris.

5. English With Emma

https://www.youtube.com/embed/o9aVjBHEEbU

Ingin merasakan suasana belajar bahasa Inggris di kelas tatap muka? Channel YouTube satu ini akan memberikan kamu pembelajaran bahasa Inggris secara online, namun dengan metode pembelajaran layaknya kelas tatap muka.

Kanal ini sangat cocok apabila kamu memang lebih terbiasa mempelajari sesuatu dengan suasana seperti ini. Di samping itu, channel ini lebih mengarah kepada pembelajar bahasa Inggris untuk akademik dan profesional, seperti IELTS Lessons, reading for IELTS, writing, hingga English for getting a job. Bagi kamu yang akan atau berencana belajar di luar negeri, tentu belajar IELTS sangat dibutuhkan, terutama jika negara tujuanmu adalah negara-negara Eropa dan Australia.

English with Emma merupakan salah satu channel di bawah EngVid Learn English. Dalam EngVid Learn English ini selain Emma, masih ada sembilan teachers bahasa Inggris lainnya yang juga mengajarkan bahasa Inggris di channel-nya masing-masing.

Mungkin kamu tertarik belajar dengan teacher lainnya? Ada English with James, English Jade, Learn English with Rebecca, Adam's English Lessons, English with Alex, Benjamin's English, Learn English with Gill, dan English with Ronnie, yang kesemuanya tak kalah menariknya.

6. Learn English With TV Series

https://www.youtube.com/embed/joE-ANMPG5k

Pasti banyak dari kamu yang mempunyai tujuan belajar bahasa Inggris yaitu supaya bisa menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle, tapi masih sering sekali bingung memahami percakapan di dalamnya. Nah, buat kamu para pemula yang merasa kemampuan bahasa Inggrismu masih menengah ke bawah, belajar di channel YouTube Learn English with tv series merupakan pilihan yang tepat.

Mengapa? Karena di channel YouTube satu ini kamu bisa belajar bahasa Inggris dari acara tv atau film favoritmu.

Belajar di sini akan sangat membantumu dalam memahami percakapan bahasa Inggris yang digunakan dalam tv series atau film dengan lebih mudah. Pembelajaran akan dilakukan dalam tiga sesi.

Sesi pertama adalah watch, di mana kamu akan menonton potongan yang diambil dari acara tv atau film tertentu dengan menggunakan subtitle. Sesi kedua "learn", dari subtitle yang ditampilkan akan ada kosakata yang berwarna biru, nah kamu akan diberi penjelasan dari maksud dan penggunaan kosakata tersebut. Sesi terakhir yaitu sesi test, setelah belajar menonton acara tv menggunakan subtitle dan juga mempelajari kosakata baru, kemampuanmu akan diuji sehingga dapat diketahui seberapa pahamkah kamu terhadap materi yang telah kamu pelajari tersebut.

7. BBC Learning English

https://www.youtube.com/embed/_gGk4dO0jp8

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu di kanal BBC Learn English. Materi yang disajikan dikemas dengan sangat ringan dan mudah dipahami.

Buat kamu yang ingin mengasah kemampuan pelafalan bahasa Inggrismu, ini bisa menjadi channel terbaik untuk itu. Kamu akan diajarkan dengan sangat jelas bagaimana pelafalan yang benar baik itu huruf vokal maupun konsonan, penekanan, dan sebagainya, dengan diperlihatkan dimana letak pengucapannya yang benar didalam mulut.

Ingin belajar grammar, vocabularies, speaking, atau bahkan bussiness English? Tentu bisa, setiap pembelajaran di kanal ini dibuat dengan metode yang sangat bervariasi , seperti belajar grammar dengan  gameshow, menambah kosakata dari  suatu bahasan dengan topik tertentu, atau kamu bisa mengikuti live English Lessons yang diadakan setiap hari rabu. Sangat menarik bukan?

Selain channel-channel diatas masih banyak lagi channel YouTube bisa kamu jadikan referensi buatmu belajar bahasa Inggris. Kamu tinggal memilih mana yang lebih mudah, dan sesuai kenyamanan dan kebutuhanmu kedepannya.

Baca Juga: 5 Channel YouTube Indonesia dengan Konten Berkualitas

Nurlailatul Romadhoni Photo Community Writer Nurlailatul Romadhoni

Seorang mahasiswi yang hobi menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya