Comscore Tracker

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggris

Coba praktikan agar bahasa Inggrismu terdengar natural

Ada kalanya, banyak kalimat dan perkataan yang diutarakan oleh seorang native speakers yang sulit dimengerti. Kemudian, saat kamu mencoba mengartikannya secara harfiah, artinya justru terdengar seperti tidak sesuai dengan konteks.

Yup! mungkin saat itulah native speakers tersebut sedang menggunakan sejenis idiom, bisa juga similes. Similes adalah perumpamaan. Perumpamaan yang biasanya membandingkan atau mengibaratkan suatu hal, kondisi, dan lainnya dalam penggunaan istilah tertentu.

Ketika seorang native speakers menggunakan perumpamaan, ada kalanya mereka sendiri tidak menyadari sedang menggunakannya. Sehingga malah membuat kita yang mendengar bingung. Karena itu, kali ini mari kita lebih pahami perumpamaan dalam bahasa Inggris, agar tidak salah mengerti lagi!

Baca Juga: 9 Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris, Tahu Lokapasar?

1. As cool as cucumber

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi perempuan sedang mendengarkan musik dengan tenang (pixabay.com/PourquoiPas)

"As cool as cucumber" merupakan perumpamaan yang biasa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki sifat sangat tenang, kalem, dalam menghadapi situasi apapun. Sama seperti timun yang daging buahnya dingin dan memberikan perasaan rileks ketika digunakan untuk keperluan kecantikan. Hingga manfaatnya untuk kesehatan yang bisa untuk memperoleh ketenangan juga, karena mengurangi tekanan darah.

Contoh kalimatnya, "She  never reacts to stressful situations. She is always as cool as cucumber."

2. As flat as pancake

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi pasangan sedang menikmati pancake (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Perumpamaan satu ini digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang benar-benar flat atau datar. Orang bule punya pandangan pancake atau crepes merupakan kue yang sangat-sangat datar. Itulah mengapa mengibaratkan hal yang sangat datar dengan kue satu ini.

Misalnya ketika ingin mengatakan istana pasir indah yang kamu buat telah rusak dan menjadi rata kembali dengan pasir, ketika tersapu oleh ombak. Maka, gunakan kalimat "I built a beautiful sandcastle, but a wave came and now it is as flat as pancake."

3. As cold as ice

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi percakapan antar dua orang (pexels.com/cottonbro studio)

Perumpamaan bahasa Inggris satu ini bisa kamu gunakan ketika kamu bertemu dengan seseorang yang tampak dingin. Terlihat acuh tak acuh dengan keberadaanmu atau keberadaan orang lain. Bahkan jarang tersenyum.

Karena es itu dingin, maka kamu bisa mengibaratkan sosok orang tersebut sangat dingin seperti es. Contoh kalimatnya, sederhana seperti "Bob can be as cold as ice sometimes. It seems like he never smiles."

4. As keen as mustard

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Jika kamu bertemu dengan seseorang yang tampak antusias dalam beraktivitas. Entah memulai hari, melakukan pekerjaan, dan lainnya. Maka kamu bisa mendeskripsikan tipe orang yang antusias ini dengan kalimat perumpamaan ini. Karena warna mustard itu identik dengan kuning cerah. Maka mustard digunakan sebagai pengibaratan sosok orang bersemangat ini.

Kamu bisa menerapkannya, pada kalimat seperti "Our new recepsionist is as keen as mustard! I saw her watering all of plastic plants, bless her!."

5. As blind as a bat

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi seorang wanita bermain dengan anjing (pexels.com/Los Muertos Crew)

Seperti halnya kelelawar yang memiliki penglihatan yang buruk. Perumpamaan "As blind as a bat" digunakan untuk menjelaskan orang, atau hewan yang memiliki penglihatan yang buruk.

Karena kalimat satu ini cukup sensitif, biasanya lebih sering digunakan menjelaskan kondisi penglihatan hewan yang sudah tua misalnya. Contoh kalimatnya, "Be careful when you play with my old dog. She's as blind as a bat."

6. As bald as a coot

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi seorang pria sedang berbicara (pexels.com/Karolina Grabowska)

Coot merupakan salah satu jenis burung air. Ia dianggap sebagai burung yang tidak memiliki rambut di kepalanya karena bulunya terlalu sedikit. Hingga perumpamaan untuk seseorang yang tidak memiliki rambut sama sekali sering disamakan seperti burung coot ini. Merupakan salah satu perumpamaan yang cukup sensitif juga saat digunakan untuk orang lain.

Adapun contoh kalimatnya, "I used to have a fantastic mop of hair. But now, i'm as bald as a coot."

7. Buzzing like a mosquito

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi dua orang wanita sedang bercakap-cakap (pexels.com/Christina Morillo)

Perumpamaan satu ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang sangat senang berbicara. Atau sering berbicara tanpa henti. Hingga diumpamakan layaknya suara nyamuk yang  berdengung, karena terlalu berisik. Sehingga sifat ini digambarkan membuat lawan bicara cenderung lebih merasa terganggu.

Contoh kalimatnya, "Did you speak with Maria at the party? She was buzzing like a mosquito. I couldn't get two words in."

8. As happy as a dog with two tails

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi sekelompok orang sedang berkemah (pexels.com/Kindel Media)

Terdengar manis, perumpamaan ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang dalam suasana perasaan sangat-sangat senang. Anjing memang hanya memiliki satu buntut. Saat seekor anjing senang, ia biasanya akan menggoyang-goyangkan buntutnya.

Perumpamaan ini mengibaratkan seperti dua buntut anjing bergerak ketika seseorang senang. Artinya orang ini luar biasa senang. Contoh kalimatnya, "When Johny proposed her, she was as happy as a dog with to tails."

9. As wise as an owl

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi sekelompok mahasiswa berbincang (pexels.com/George Pak)

Perumpamaan ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dikenal sebagai sosok dengan pemikiran cerdas, bijak dalam memutuskan sesuatu. Perbandingan perumpamannya bisa berbeda antara tergantung dengan wilayah dimana kamu berada. Kalau di Inggris dan Amerika, biasanya burung hantu digunakan untuk perumpamaan perbandingan ini.

Contoh kalimatnya, "My grandpa always had the greatest advice. He was truly as wise as an owl."

10. Fits like a glove

10 Perumpamaan yang Membuatmu Terdengar Mahir Bahasa Inggrisilustrasi dua wanita sedang berbincang (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Perumpamaan yang menggunakan objek benda ini, memiliki arti untuk mengungkapkan sesuatu yang sangat cocok ketika dikenakan seseorang. Layaknya sarung tangan yang sangat pas di tangan. Kamu bisa menggunakan perumpamaan ini saat ingin memuji seseorang yang mengenakan blazer, topi, dan padu padan pakaian dalam kesatuan yang tampak sangat cocok dengannya. Adapun, bunyi kalimat contohnya bisa seperti ini, "Wow! These are the best shoes you have ever worn. They fit like a glove."

Menggunakan perumpamaan atau similes ketika berbicara bahasa Inggris, membuat kaliamtmu akan terdengar semakin menarik dan tidak kaku. Pastinya membuat berbicara dengan native speakers akan terasa lebih menyenangkan. Untuk itu pelajari dengan latih sejumlah perumpamaan bahasa Inggris di atas. Bisa membantumu juga lebih paham percakapan dari native speakers, sehingga tidak jadi salah pengertian!

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan 'Would' dalam Bahasa Inggris, Kapan Seharusnya?

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Community Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya