10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuh

Belajar idiom bikin bahasa Inggrismu makin keren, lho!

Intinya Sih...

  • Idiom "bury your head in the sand" menggambarkan seseorang yang enggan memikirkan hal yang tidak menyenangkan, padahal memiliki dampak.
  • Idiom "head and shoulders above" merujuk pada seseorang atau sesuatu yang jauh lebih unggul dalam kualitasnya.
  • Idiom "his face does not fit" merujuk pada situasi di mana penampilan fisik dan kepribadian seseorang tidak sesuai untuk suatu pekerjaan tertentu.

Untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, pasti kamu menemukan istilah yang namanya idiom. Idiom adalah kumpulan kata yang memiliki arti tertentu, yang tidak bisa diterjemahkan per kata. Jika kamu mencoba menerjemahkannya per kata, hasil terjemahannya akan aneh atau tidak masuk akal. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mempelajari idiom adalah dengan menghafal.

Agar lebih mudah, kamu bisa mulai menghafal idiom yang melibatkan nama benda di sekitar kamu, misalnya nama anggota tubuh. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa idiom tersebut. Selain itu, idiom-idiom tersebut tergolong tingkat lanjut (advanced). Penasaran apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Bury your head in the sand

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi wanita memegang kepala (pexels.com/Kindel Media)

Idiom ini jika diterjemahkan per kata akan menjadi “kubur kepalamu di pasir.” Sangat menyeramkan, bukan? Tapi, tenang saja, arti sebenarnya dari idiom ini tidak menyeramkan kok!

Bury your head in the sand menggambarkan kondisi di mana seseorang enggan memikirkan hal yang tidak menyenangkan baginya, padahal hal tersebut memiliki dampak bagi orang tersebut.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • You have a lot of problems to solve, please do not just bury your head in the sand!

Kamu juga bisa mengubah kata your dengan kata sifat kepemilikan lainnya, seperti my, her, his, our, atau their sesuai konteks.

Contoh lain penggunaan idiom ini adalah:

  • If their childern get into difficulty, they will bury their heads in the sand.

2. Head and shoulders above

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi ibu yang menyandarkan kepala di bahu putranya (pexels.com/Kindel Media)

Masih ingat siapa temanmu yang selalu jauh lebih unggul dalam pelajaran matematika saat SMP?

Nah, idiom head and shoulders above merujuk pada kondisi seseorang atau sesuatu yang jauh lebih unggul dalam hal kualitasnya melakukan suatu hal.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • Kate is head and shoulders above her twin sister when it comes to passing exams.

3. Bite my tongue

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi menggigit lidah (pexels.com/Vlad Chețan)

Pernah ga sih kamu ingin mengatakan sesuatu, tapi kamu tidak jadi mengatakannya karena suatu hal?

Istilah bite my tongue cocok untuk menggambarkan situasi di mana kamu ingin mengatakan sesuatu, tapi memilih untuk tidak melakukannya. Biasanya, hal ini sering terjadi untuk menghindari konflik atau menjaga perasaan orang lain.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • I do not want any fuss, so I bite my tongue and accept her opinion.

4. Get my tongue round

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi anak kecil menjulurkan lidah (pexels.com/Yan Krukau)

Saat baru memulai belajar bahasa Inggris, seringkali kita mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata dengan lancar dan jelas.

"Mengucapkan" dalam bahasa Inggris disebut pronounce. Selain itu, terdapat idiom untuk kosakata "mengucapkan", yaitu get my tongue round.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • I found it difficult to get my tongue round some of the words in the new language.

5. His face does not fit

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi wajah seorang laki-laki (pexels.com/David Garrison)

Di dunia kerja, sering kali penampilan dan kepribadian menjadi faktor kunci dalam penerimaan seseorang untuk suatu posisi pekerjaan. Penolakan terhadap seseorang dalam proses perekrutan bisa jadi disebabkan karena his face does not fit.

His face does not fit merujuk pada situasi di mana penampilan fisik dan kepribadian seseorang tidak sesuai untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • No, I do not like him for the role—his face just does not fit. He is too edgy to be our leading man.

Ingat, ya! Kamu juga bisa mengubah kata his dengan kata sifat kepemilikan lainnya, seperti my, her, your, our, atau their sesuai konteks.

Contoh lain penggunaan idiom ini adalah:

  • That girl is pretty enough, but her face just does not fit for a couture ad campaign.

6. Teething troubles

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi gigi (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Bagi orang yang tidak mengetahui bahwa teething problems merupakan idiom, mungkin akan mengartikannya sebagai suatu masalah yang berkaitan dengan gigi.

Idiom ini dapat digunakan untuk merujuk pada masalah kecil yang terjadi saat bisnis, proyek, sistem, atau produk pertama kali dimulai atau digunakan.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • After some teething troubles, our new wireless network is working well.

7. Give my right arm

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi lengan kanan (pexels.com/Samer Daboul)

Apa yang dapat kamu tebak ketika mendengar idiom give my right arm? Jika idiom tersebut diartikan secara harfiah, hasilnya akan berbunyi "memberikan lengan kananku." Wah, terdengar seperti sebuah pengorbanan. Apakah artinya berkaitan dengan pengorbanan?

Oh, ternyata bukan, ya! Idiom ini memiliki makna ketika seseorang sangat berkeinginan untuk memiliki atau melakukan sesuatu.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • I would give my right arm for a job in the film industry. I have always loved the movies.

8. Make my toes curl

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi jari kaki (pexels.com/Khairul Onggon)

Pernah merasa malu atau tidak nyaman karena kelakukan orang lain? Istilah yang paling terkenal untuk menyebut situasi ini adalah second-hand embarrassment.

Selain itu, terdapat idiom yang dapat digunakan untuk mengatakakan bahwa kamu merasa malu atau tidak nyaman karena kelakuan orang lain, yaitu make my toes curl.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • I do not know why, but the sound of another person chewing makes my toes curl.

9. Keep your finger on the pulse

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi jari tangan (pexels.com/Valeria Boltneva)

Apakah kamu orang yang gemar membuka media sosial agar selalu tau dengan berita-berita terkini?

Jika iya, idiom keep your finger on the pulse cocok untukmu! Idiom yang satu ini menggambarkan kondisi seseorang yang selalu up-to-date dengan situasi-situasi terkini.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • You have to watch TV every day if you want to keep your finger on the pulse.

Kamu juga bisa mengganti kata your dengan kata sifat kepemilikan lainnya.

Contoh lain penggunaan idiom ini adalah:

  • Beatrice always keeps her finger on the pulse of fashion.

10. Point the finger at

10 Idiom Bahasa Inggris Tingkat Lanjut yang Pakai Nama Anggota Tubuhilustrasi wanita yang menunjukkan jari (pixabay.com/RobinHiggins)

Idiom yang terakhir, nih! Masih menggunakan kata finger, makna idiom point the finger at adalah menuding atau menyalahkan seseorang atau sekelompok orang atas sesuatu buruk yang telah terjadi.

Contoh penggunaan idiom ini adalah:

  • Laura points the finger at her sister for her cat's death.

Perhatikan penambahan 's' di akhir kata kerja "points" seperti pada contoh di atas. Penambahan 's' hanya dilakukan untuk subjek he, she, dan it, sedangkan untuk subjek they, we, I, dan you tidak perlu menambahkan 's'. Selain itu, kata kerja "point" juga dapat diubah menjadi bentuk V2, V3, dan V-ing sesuai dengan konteks.

Contoh lain penggunaan idiom ini adalah:

  • When they asked her who broke the window, she pointed the finger at Tom.

Nah, itulah 10 idiom tingkat lanjut yang menggunakan nama anggota tubuh. Kalau kamu bisa menerapkannya, bahasa Inggrismu akan terdengar pro, lho! Oleh karena itu, jangan malu-malu untuk mencoba menggunakan idiom-idiom tersebut, ya!

Baca Juga: 10 Diksi Indah di KBBI yang Jarang Diketahui, Ada Bumban Dafnah

Lia Pramisti Photo Community Writer Lia Pramisti

Writing will not be heartbreaking, so I do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya