TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Doa Asmaul Husna dan Keutamaannya, Zikir Kunci Pembuka Surga

Salah satu zikir yang paling banyak diamalkan

Ilustrasi berzikir (pexels.com/@michael-burrows)

Bagi umat Islam, Asmaul Husna (nama-nama baik Allah SWT) adalah salah satu bentuk zikir yang paling banyak diamalkan dan mudah diterima. Dalam buku Keutamaan Dzikir dan Doa Asmaul Husna (Sufi Jaya, 2014), disebutkan bahwa Asmaul Husna adalah doa yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT. Ini tercantum dalam Alquran surah Al-A'raf ayat 180.

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Terjemahan : "Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husn itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

1. Zikir Asmaul Husna adalah kunci pembuka surga

ilustrasi berzikir (IDN Times/Mela Hapsari)

Asmaul Husna sendiri memiliki beberapa keutamaan. Salah satunya dijabarkan Ipnu R. Noegroho dalam buku Dasar-dasar Memahami Iman, Islam, dan Ihsan (Anak Hebat Indonesia, 2019), bahwa Asmaul Husna kerap digunakan sebagai salah satu kunci pembuka surga. Ini tercantum dalam salah satu hadis.

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Terjemahan : "Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menghafalkannya maka dia masuk surga." (HR Bukhari).

Tapi tak cuma sekadar menghafal atau mengingatnya, Ipnu menulis bahwa Asmaul Husna harus diyakini kebenarannya juga mengaplikasikan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Ar-Rahman (mengasihi) dan Ar-Rahiim (menyayangi semua makhluk-Nya).

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

2. Doa dipanjatkan sebelum memulai zikir Asmaul Husna

Ilustrasi zikir dan Alquran (Pexels/Abdulmeilk majed)

Zikir Asmaul Husna sendiri banyak dilakukan oleh para santri di Indonesia, terutama saat akan memulai majelis. Sebelum melafalkan 99 nama baik tersebut, biasanya diucapkan doa pembuka yakni :

بِسْـمِ الله بَدَ ئْـنَا - وَالْحَمْدُ لِـرَ بِّـنَا. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلامُ - لِلنـَّبِيْ حَبِـيْبِـنَا. يَا اَللهُ يَارَ بَّــنَـا - اَ نْتَ مَـقْصُـوْدُنَا. رِضَاكَ مَطْـلُوْ بُـنَا - دُنْـيَانَا وَاُخْــرَانَا.

Transliterasi : Bismillaahi bada'na - Wal khamdu lirabbina, wash sholaatu wassalaam - Linnabii khabiibina, yaa allah yaa robbanaa - Anta maqshuudunaa, ridhooka math luubunaa - Dun yaana wa ukhraanaa.

Terjemahan : "Dengan nama Allah, kami memulai (membaca). Segala puji bagi Tuhan kami. Salawat dan salam untuk Nabi kekasih kami. Ya Allah ya Tuhan Kami. Engkau tujuan kami, ridha-Mu yang kami cari. Di dunia dan akhirat kami."

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Sujud Sajadah, Kapan Waktunya?

Berita Terkini Lainnya