Comscore Tracker

Rock In Celebes 2022, Siapkan Selebrasi Meriah di Edisi Ke-13

Sudah ada 24 musisi dan band yang diumumkan akan tampil

Makassar, IDN Times - Rock In Celebes (RIC) ingin merayakan 13 tahun eksistensi mereka dengan meriah. Pesta musik tahun ini tetap berlangsung di "venue tetap" mereka yakni Parking Lot Ambalat Trans Studio Makassar selama dua hari, yakni 10 hingga 11 Desember mendatang.

Untuk edisi ke-13, mereka berfokus pada pesan "berkelanjutan." Tak cuma tentang senang-senang bareng musisi atau band favorit, tapi juga memandang kondisi lingkungan sekitar. Sembari tak melepas makna RIC sebagai tempat berakhir pekan bersama teman, keluarga atau pasangan.

"Keberlanjutan yang menjadi pusat perhatian kami bagaimana untuk terus membangun kepercayaan dari seluruh pihak yang terlibat," ungkap pihak penyelenggara seperti dikutip di situs resmi mereka, Rabu (23/11/2022).

1. Kolaborasi Isyana Sarasvati dan Deadsquad akan menghentak area Parking Lot Ambalat TSM

Rock In Celebes 2022, Siapkan Selebrasi Meriah di Edisi Ke-13Solois Isyana Sarasvati saat tampil di Soundsfest 2022 yang berlangsung di Bekasi, 5 November 2022. (Instagram.com/isyanasarasvati)

Di edisi ke-13, RIC mengundang sejumlah nama-nama baru tapi sudah menyita perhatian pencinta musik Indonesia. Tradisi menampilkan musisi atau band di luar genre rock atau metal juga dilanjutkan, kendati musik keras sudah jadi ciri khas mereka sejak 2010.

Sejauh ini ada 24 penampil sudah dikonfirmasi. Solois Isyana Sarasvati, yang belakangan merambah progressive metal, jadi nama pertama yang diumumkan. Disusul veteran rock Jamrud serta trio rapper Yacko - Iwa K - Tuan Tigabelas.

Deadsquad siap menggempur Makassar bersama Vicky Mono sang vokalis baru. Ada juga Avhath, unit black metal/hardcore asal Jakarta yang sedang menyita perhatian. Amerta, band post-metal/sludge garapan Ricky Siahaan, didapuk sebagai salah satu penampil.

2. Band thrash metal Bonga Bonga lengkapi selebrasi pesta ke-13 di Makassar

Rock In Celebes 2022, Siapkan Selebrasi Meriah di Edisi Ke-13Para personel band thrash metal Bonga Bonga. (Instagram.com/bongabongaatauparty)

Selanjutnya ada solois Sal Priadi, Teenage Death Star yang mapan dengan genre indie-rock/punk, supergroup thrash metal Bonga Bonga, musisi multi-talenta Maizura, band alternative rock asal Jakarta yakni Stereo Wall, kuartet hardcore Devdan dan duo joget Feel Koplo yang terakhir tampil di RIC edisi 2019.

Duo Angkuy dan Ryan Nobie, yang tergabung dalam grup musik elektronik Bottlesmoker, akan menyapa dengan repertoar khas. Unit surf-rock The Panturas siap membawa irama pantai dan selancar ke Makassar. Ada juga Perunggu dengan lagu-lagu "rock pulang kerja" mereka.

Hindia, Lomba Sihir dan .Feast --tiga proyek Baskara Putra-- juga tak ketinggalan meramaikan RIC 2022. Ikut pula solois yang mengusung warna grunge yakni Aldrian Risjad. Sejumlah local heroes juga akan unjuk gigi seperti The Sugar Spun, Rakesh, The Manakarra plus Culture Project.

3. Audisi dibuka untuk band-band Makassar juga yang ingin unjuk gigi

Rock In Celebes 2022, Siapkan Selebrasi Meriah di Edisi Ke-13Pemandangan panggung hari kesepuluh Rock In Celebes 2021, 19 Desember 2021, yang berada di parkir barat Trans Studio Mall (TSM) Makassar. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Meski sudah ada 24 nama terpampang di poster publikasi, rupanya masih ada sejumlah band menunggu untuk diumumkan. Selain itu, band-band lokal berkesempatan ikut di edisi ke-13 lewat proses audisi yang dihelat pada 25-30 November mendatang.

Bagi RIC, mengundang nama-nama baru adalah bagian dari komitmen berkelanjutan. Ada langkah transformasi yang mereka lakukan. Ini demi menciptakan sebuah festival musik untuk semua kalangan tanpa terkecuali.

"Bukan hanya menampilkan musisi yang sudah terkurasi, melainkan pengalaman berbeda dan menyenangkan dalam menghadiri festival musik yang memperhatikan kenyamanan, keamanan, dan keberlanjutannya tentu saja," kata pihak penyelenggara menutup pernyataan tertulis mereka.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya