Comscore Tracker

Minami Market 03, Tak Cuma Jadi Tempat Creator-Artist Jajakan Karya

Ada sisi kreativitas yang jadi syarat mutlak partisipasi

Makassar, IDN Times - Edisi ketiga Minami Market jadi ajang ngumpul penikmat pop culture Jepang. Hall 2 Graha Tata Cemerlang (GTC) yang biasanya lengang mendadak riuh banget dari Sabtu (12/11/2022) hingga Minggu kemarin (13/11/2022). Kata "market" gak cuma tentang transaksi jual-beli, tapi juga keramaian.

Perbedaan mencolok ada pada banderol tiket masuk, tapi animo pengunjung tetap tinggi, loh. Dari pengamatan IDN Times, beberapa bahkan sudah berada di area pintu masuk Hall 2 sebelum open gate.

Untuk Minami Market 03 sendiri, ada dua guest star dihadirkan. Mereka adalah Ibnu "Ibun" Majid, cosplayer asal Yogyakarta yang jadi wakil Indonesia di ajang World Cosplay Summit 2018. Pengunjung juga bisa "ketemu" dengan si gemas Chloe Pawapua, VTuber (virtual YouTuber) dari agensi Re:Memories, yang memiliki 137 ribu subscribers.

Baca Juga: Minami Market 03 di Makassar Hadirkan Cosplayer Nasional dan VTuber

1. Artist dan creator lokal kembali punya tempat untuk menunjukkan karya mereka

Minami Market 03, Tak Cuma Jadi Tempat Creator-Artist Jajakan KaryaSuasana Minami Market 03 yang berlangsung di Hall 2 Mal GTC Tanjung Bunga Makassar, 12-13 November 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Gimana dengan "market" dari sisi transaksi? Mengemban misi jadi tempat artist dan creator lokal bertemu langsung dengan penggemar pop culture, total ada 21 partisipan yang membuka lapak di Hall 2. Salah satunya adalah Weeb Unhas, anak-anak muda pencinta jejepangan yang bermarkas di Kampus Merah.

"Kami menjajakan beberapa item selama dua hari ini. Ada sticker gantungan kunci dan pre-order kaos edisi khusus. Semuanya kita produksi sendiri bersama salah satu teman," ujar Mario, perwakilan Weeb Unhas, saat berbicara dengan IDN Times pada Minggu kemarin (13/11/2022).

"Kalau kemarin, ada dua karakter yang kita jual yaitu maskot cewek dan cowok. Yang ludes terjual itu karakter maskot cewek. Hari ini kami malah sampai restock," imbuhnya saat ditanya animo pengunjung stand mereka.

2. Syarat "original content" memacu para ilustrator untuk unjuk kreativitas

Minami Market 03, Tak Cuma Jadi Tempat Creator-Artist Jajakan KaryaSuasana Minami Market 03 yang berlangsung di Hall 2 Mal GTC Tanjung Bunga Makassar, 12-13 November 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Sama seperti 20 partisipan lain, Mario dan Weeb Unhas mengaku jadi punya kesempatan berjejaring dengan sesama creator berkat Minami Market 03. Terlebih, syarat panitia yang cukup ketat membuat mereka semua terpacu dari sisi kreativitas, sekaligus bisa menunjukka hasil kerja tangan-tangan handal ke sesama pencinta pop culture.

"Kami daftar ke sini sebagai komunitas. Syaratnya, kita hanya boleh menjual barang original content. Bisa dari karakter salah satu anime, tapi harus kami gambar dan produksi sendiri," jelasnya sekilas tentang sisi teknis.

"Saya juga tadi ketemu dengan sesama komunitas artist. Mereka jadi dapat banyak commission (hasil penjualan karya, red.). Ini bisa menjaga semangat mereka untuk bisa tetap berkarya," sambung Mario, memuji sesama creator.

3. Jadi ajang pengunjung belanja dan bertanya ke para artist-creator atas karya mereka

Minami Market 03, Tak Cuma Jadi Tempat Creator-Artist Jajakan KaryaSuasana Minami Market 03 yang berlangsung di Hall 2 Mal GTC Tanjung Bunga Makassar, 12-13 November 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Berbicara sebagai pencinta pop culture, Mario mengaku sisi kreativitas ini yang sering banget hilang dari sejumlah event serupa di Makassar. Jadinya, ia mengaku agak risau dengan hal tersebut. Beruntung, helatan yang berlangsung sejak 2020 itu hadir sebagai jawaban.

"Selama ikut beberapa event jejepangan sejak SMA, kadang ada yang memanfaatkannya untuk mengeruk uang tanpa effort. Jual gantungan kunci atau sticker tapi ambil gambarnya comot dari Twitter atau Google. Ada yang bahkan low cost banget," ceritanya sembari curhat.

Di tengah keriuhan penggemar pop culture dan cosplayer, Weeb Unhas dan para creator juga asyik berinteraksi dengan para pengunjung booth. Mereka sering banget diajak cerita tentang proses pembuatan karya yang dijajakan. Jadi, gak cuma jualan, tapi juga bicara behind the scene.

"Jadi saya tentu juga mengapresiasi syarat original content, jadi memacu artist-artist untuk dapat panggung dan dikenal lebih luas oleh orang-orang. Senang banget deh," tutur Mario.

Sampai jumpa di Minami Market 04!

Baca Juga: 9 Potret Lucu Cosplay Jejepangan Ini Bikin Tepok Jidat

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya