Comscore Tracker

Fourtwnty Sajikan Suasana "Rammang-Rammang" di Lagu Terbaru Mereka

Proses rekaman juga dilakukan di kawasan karst tersebut

Makassar, IDN Times - Melalui unggahan pada Rabu malam (29/9/2021), grup musik Fourtwnty mengumumkan bahwa mereka resmi melepas lagu terbaru berjudul "Rammang-Rammang" ke sejumlah situs streaming musik.

Lagu tersebut sejatinya jadi salah satu materi dalam album kompilasi "Music For Adventure", sebuah proyek musik alam bertajuk Co-CreAtion (collaboration, create, action). Musisi Erix Soekamti bertindak sebagai produser. Turut pula brand ternama Eiger Indonesia serta toko penyedia rilisan Beli Album Fisik.

1. Rammang-Rammang jadi sumber inspirasi grup band Fourtwnty di lagu anyar

Fourtwnty Sajikan Suasana Rammang-Rammang di Lagu Terbaru MerekaPemandangan pegunungan karst di Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Maros, Sulawesi Selatan. Indra Abriyanto untuk IDN Times

Meski baru rilis pada September ini, proses penggarapan lagu "Rammang-Rammang" dan album kompilasi tersebut telah berlangsung sejak awal tahun 2020 lalu. Duo Ari Lesmana - Asep "Nuwi" Nurohman, bersama Erix dan sejumlah kru mendatangi obyek wisata tebing karst di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada medio Maret 2020, tepat sebelum pandemik COVID-19 dimulai.

Selama tiga hari, mereka mengulik tema dan menulis lirik. Tak lupa, mereka bercengkerama dengan warga setempat untuk menyerap lebih banyak cerita tentang perbukitan karst yang jadi tempat tinggal mereka.

Di saat bersamaan, Erix Soekamti juga membuat vlog berisi kegiatannya selama di Rammang-Rammang yang diunggah ke kanal YouTube-nya. Mulai ketika berjalan-jalan dan mendampingi proses kreatif personel Fourtwnty.

2. Vokalis Fourtwnty harap lagu mereka membuat orang tertarik ke Rammang-Rammang Maros

Fourtwnty Sajikan Suasana Rammang-Rammang di Lagu Terbaru MerekaVokalis Fourtwnty, Ari Lesmana, saat melakukan take vocal lagu "Rammang-Rammang" untuk album kompilasi "Music For Adventure." (Dok. Eiger Indonesia)

Lagu berdurasi 4 menit 27 detik tersebut direkam di kawasan yang jadi judul lagu mereka. Ari Lesmana pun melakukan take vocal di tengah padang rumput sekitar resort penginapan seluruh personel dan kru.

Baik Ari, Nuwi, serta gitaris-kibordis Andi Arman ternyata amat menikmati tiga hari di Rammang-Rammang. Selain bisa menepi dari hiruk-pikuk kota, kembali ke alam disebut jadi hal menyenangkan.

"Kami sangat suka berada di sana, semuanya jauh dari hal yang kami temui setiap harinya di ibu kota," demikian pernyataan Fourtwnty di unggahan tersebut.

"Harapannya, akan lebih banyak orang yang tahu dan ingin datang menikmati keindahan Ramang-Ramang," ujar Ari Lesmana, vokalis Fourtwnty, seperti dikutip dari laman resmi Eiger Indonesia.

3. Lagu "Rammang-Rammang" masuk dalam album kompilasi "Musik For Adventure"

Fourtwnty Sajikan Suasana Rammang-Rammang di Lagu Terbaru MerekaSampul box set album kompilasi "Music For Adventure" yang dirilis oleh Eiger Indonesia dan Beli Album Fisik pada akhir September 2021. (Dok. Eiger Indonesia)

Selain Fourtwnty, beberapa musisi lintas genre musik ikut ambil bagian dalam proyek "Music For Adventure." Seperti penyanyi solo Iwan Fals, band rock Endank Soekamti, musisi folk Fiersa Besari, Navicula yang mengusung grunge, ditambah lima band lain pemenang audisi yang diadakan juga pada tahun lalu.

Mengusung garis besar petualangan dan lingkungan, keuntungan penjualan album kompilasi dalam format box set tersebut akan disalurkan untuk misi konservasi orang utan di Kalimantan oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) yang melalui situs filantropi BenihBaik.com.

Baca Juga: Bupati Maros: Rammang-rammang Berpotensi Wisata Dunia

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya