Comscore Tracker

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa untuk Ibu Hamil

Kondisinya harus benar-benar sehat

Makassar, IDN Times - Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun ada orang-orang yang diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa dan bisa menggantinya di hari lain ataupun dengan membayar fidyah.

Salah satunya adalah kelompok ibu hamil. Karena mereka dianggap rentan dan puasa dikhawatirkan mengganggu kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Dokter Spesialis Kandungan, dr Fadli Ananda mengatakan bahwa ibu hamil umumnya boleh dan aman menjalankan ibadah puasa. Hanya saja kondisinya harus benar-benar sehat.

"Kalau dari medis tidak ada masalah untuk ibu hamil melakukan ibadah puasa. Kalau tidak ada penyakit penyerta selama hamil tidak ada masalah," kata dr Fadli dalam Ngobrol Seru IDN Times bertajuk 'Puasa Sehat dan Nyaman bagi Ibu Hamil, Jumat (8/4/2022).

1. Harus terkontrol

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa untuk Ibu Hamililustrasi pola makan ibu hamil (pexels.com/Amina Filkins)

Di beberapa kasus, ibu hamil yang berpuasa mungkin mengalami kekurangan energi bahkan dehidrasi. Itulah sebabnya ibu hamil yang hendak berpuasa memang harus dalam kondisi fit.

Dokter Fadli menyebut beberapa penyakit penyerta yang bisa menggangu ibu hamil. Di antaranya diabetes, darah tinggi, perkembangan janin terhambat atau pendarahan. Jika penyakit tersebut tidak ada maka tidak ada masalah bagi ibu hamil untuk puasa.

"Kembali lagi kita lihat kondisi terkini ibunya. Contoh kalau gula (diabetes) kita lihat lagi konsultasi dari dokter penyakit dalamnya. Kalau mereka tetap memaksa untuk puasa boleh yang penting terkontrol," katanya.

2. Puasa tidak ganggu pertumbuhan janin

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa untuk Ibu Hamililustrasi bayi (pexels.com/ Ryutaro Tsukata)

Berpuasa bagi ibu hamil, kata Fadli, juga tidak akan menyebabkan lambatnya pertumbuhan berat badan pada janin. Kondisi lambatnya perkembangan janin sebenarnya umum terjadi bahkan ketika ibu hamil tidak berpuasa.

"Sebenarnya puasa itu tidak mengurangi kondisi janin kalau dari awal. Kalaupun ada namanya pertumbuhan janin terhambat mau puasa atau tidak tetap saja begitu.  Tapi kalau kondisi ibunya baik-baik saja tidak ada masalah," katanya.

3. Perbanyak minum air putih

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa untuk Ibu Hamililustrasi minum air putih hangat (unsplash.com/engin akyurt)

Supaya ibu hamil tetap aman dan nyaman saat berpuasa, dr Fadli memberikan tips. Pertama, ibu hamil yang berpuasa harus tetap terhidrasi. 

"Contoh minum air putih paling sedikit 2,5 liter satu hari. Kalau selama ini bisa dilaksanakan dari pagi sampai malam, ini harus diselesaikan pas sahur atau berbuka," katanya.

Demikian pula pada pemenuhan nutrisi pada ibu hamil. Misalnya asam folat yang biasanya diminum satu kali sehari tetap diminum saat sahur maupun berbuka.

"Disarankan mengurangi makanan yang ber_MSG. Disarankan kadar protein lebih tinggi daripada karbohidrat supaya pertumbuhan otak bayinya bisa menjadi lebih baik untuk 1.000 hari pertama kehidupan bayi," kata Fadli.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya