Comscore Tracker

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAja

Sebab menjaga bumi tak bisa dihalangi oleh wabah sekalipun

Makassar, IDN Times - "Sebab pewaris bumi ini nanti adalah anak cucu kita." Kamu pasti sering banget membaca atau mendengar ungkapan tersebut. Ya, planet ini adalah satu-satunya tempat yang mendukung kehidupan manusia. Menjaganya adalah sebuah hal yang mutlak dilakukan, demi bumi sendiri dan seluruh makhluk hidup.

Hari Bumi Internasional, sebuah peringatan yang digagas organisasi nirlaba Earth Day Network tepat 50 tahun silam, mengajak kita memberi perhatian lebih kepada bumi. Seiring dengan meningkatnya populasi, kita didorong untuk memenuhi kebutuhan sendiri secara serampangan. Gak peduli dengan faktor penting yakni proses keberlanjutan.

Tepat dalam Earth Day yang jatuh pada hari ini, Presiden Earth Day Network yakni Kathleen Rogers mengajak penduduk bumi agar tetap aktif dalam aksi peduli kendati sedang berada di rumah masing-masing demi memutus mata rantai wabah COVID-19.

"Di tengah wabah ini, kami mendorong orang untuk beraksi dengan aman dan bertanggung jawab, itu berarti gunakan aspirasi untuk mendorong tindakan secara daring daripada langsung," tulis Kathleen dalam rilis persnya.

Eit, merayakan Earth Day pun bisa dari rumah kok. Terapkan pola hidup ini untuk memberi sumbangsih nyata.

1. Mulai terapkan pola makan sehat

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAjaUnsplash.com/Vitalii Pavlyshynets

Komisi EAT-Lancet pada awal 2019 silam memaparkan bahwa penduduk dunia harus mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat demi ketersediaan pangan selama tiga dekade mendatang. Pola makan sehat yang dikenal sebagai "diet kesehatan planet" ini disebut bisa mengurangi kerusakan lingkungan dan ketidakstabilan iklim.

Disarankan konsumsi sayur, buah-buahan, biji-bijian, kacang, susu dan biji-bijian untuk orang dewasa. Makanan yang gak dianjurkan seperti daging merah, gula serta biji-bijian olahan yang jauh dari kata sehat jika dikonsumsi berlebihan.

Dalam kondisi pandemik COVID-19 seperti sekarang, asupan gizi seimbang harus tercukupi demi mendukung terjaganya daya tahan tubuh. Dan semuanya bisa kamu peroleh jika rutin mengonsumsi jenis-jenis makanan yang disarankan tadi.

2. Cuci pakaian secara manual, jemur di bawah sinar matahari

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAjaIlustrasi pakaian. unsplash/ripato

Mencuci pakaian secara manual itu banyak manfaatnya loh. Kamu bisa menghemat pemakaian listrik, menghemat penggunaan air, serta alternatif aktivitas tubuh. Kian lengkap jika kamu mencuci di bawah sinar matahari pagi.

Setelah selesai mencuci, jemurlah pakaian di bawah sinar matahari. Sempatkan agar ikut berjemur antara 5 hingga 15 menit. Dilansir oleh Heathline.com, sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari yang mengenai kolesterol dalam sel-sel kulit, bisa menjadi pemicu energi untuk terjadinya sintesis kolesterol menjadi vitamin D.

3. Hemat energi dengan bekerja dari rumah

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAjaPexels.com/Bich Tran

Wabah coronavirus membawa dampak signifikan pada sistem kerja, dari tatap muka langsung menjadi bekerja dari rumah. Selain menjadi salah satu cara ampuh memutus mata rantai penyebaran virus, Work From Home juga jadi langkah sederhana menjaga bumi.

Dengan WFH, kamu semua bisa menghemat biaya pengeluaran dan konsumsi bahan bakar bensin. Alhasil, polusi udara dan emisi gas rumah kaca ikut berkurang. Contohnya Jakarta, yang berdasarkan Indeks Kesehatan Udara (IKU) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berada di angka 37 per hari Selasa 21 April. Sangat berbeda dengan data tahun lalu di mana IKU Jakarta lebih banyak berada di angka 51-100 atau sedang.

Consumer Electronics Association (CEA) di AS baru-baru menjelaskan bahwa WFH menghemat sekitar 9 hingga 14 miliar kilowatt-jam energi yang dikonsumsi setiap tahun. Kira-kira sama dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menerangi 1 juta rumah di Amerika Serikat dalam kurun waktu satu tahun. Banyak juga, ya?

Baca Juga: Supermoon dan Hujan Meteor, 7 Peristiwa Langit Memukau di Bulan April

4. Hemat air saat mencuci tangan dan mandi

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAjaPexels.com/Pixabay

Kampanye cuci tangan dengan sabun memang kian digencarkan di masa pandemik seperti sekarang. Namun, langkah menghemat air pun terancam. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa cara menyiasati penggunaan air. Seperti menutup keran ketika gak digunakan, perbaiki jika dirasa ada kebocoran serta durasi mandi yang dipersingkat.

Untuk mandi cepat, pakailah shower agar tidak terlalu banyak buang air. Mau lebih hemat? Gunakan hand sanitizer sebagai opsi penghematan. Gak cuma menjaga bumi, hemat air juga bisa bikin tagihan air bulanan menyusut.

5. Berbagi pengetahuan secara bijak lewat media sosial

Tetap Peduli Alam, Ini 5 Cara Rayakan Hari Bumi meski #DiRumahAjaPexels.com/Adrienn

Memang sih, pandemik COVID-19 membuat kita semua harus menjaga jarak. Tetapi, menyerukan kampanye lingkungan tetap bisa kamu lakukan lewat media sosial. Bekali dirimu dengan fakta, berita terkini, dan cari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga bumi.

Cerdaslah dalam berbagi informasi terkait pentingnya menjaga lingkungan, video pembelajaran tentang aksi nyata, dan ajaklah semuanya membuat perubahan positif.

Yakinlah bahwa tahun 2020 ini adalah titik balik paling drastis dalam upaya mengurangi konsumsi emisi yang jadi biang kerok fenomena perubahan iklim. Sebab, semua orang punya kemampuan untuk aksi nyata merawat bumi meski sangat sederhana. Semangat!

Artikel ini pernah ditulis oleh Indri Yani dan telah terbit di IDN Times dengan judul 5 Cara Sederhana Peringati Hari Bumi di Tengah Pandemi COVID-19" yang bisa diakses melalui link https://www.idntimes.com/health/medical/indri-yani-4/cara-sederhana-peringati-hari-bumi-di-tengah-pandemi-covid-19-c1c2-1/5.

Baca Juga: Mengerikan! 7 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Saat Disambar Petir

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya