Comscore Tracker

Nikmatnya Kudapan Gogos, Olahan Nasi Ketan Khas Bugis-Makassar

Bisa buat sarapan atau jadi makanan ringan

Makassar, IDN Times - Salah satu kudapan khas masyarakat Bugis-Makassar adalah gogos. Dengan beras ketan sebagai bahan dasarnya, santapan ini biasa tersaji saat sarapan atau sekadar penganan ringan.

Makanan ini juga kerap muncul sebagai hidangan di hari besar keagamaan atau pernikahan. Tapi, kamu gak perlu menunggu undangan acara dulu untuk merasakan nikmatnya nasi ketan bungkus ini. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, kok.

Caranya cukup sederhana. Gak banyak bahan yang dibutuhkan. Langkahnya pun mudah.

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas yang Bisa Kamu Bawa Pulang dari Parepare

1. Untuk bahan dasar gogos, pilihannya yakni beras ketan putih atau hitam

Nikmatnya Kudapan Gogos, Olahan Nasi Ketan Khas Bugis-MakassarGogos, salah satu penganan tradisional khas masyarakat Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/dcalvins)

Bahan-bahan dasar :

  • 2 liter beras ketan putih atau hitam yang sudah dicuci bersih, telah direndam selama 2 jam
  • 150 mililiter air santan yang sudah dimasak hingga mendidih
  • Setengah sendok garam
  • 1 atau 2 lembar daun salam

Pembungkus :

  • Beberapa helai daun pisang setengah tua dan yang muda, potong-potong, kemudian bersihkan seluruh daun tersebut

2. Nasi ketan beberapa kali dikukus sebelum akhirnya dibakar

Nikmatnya Kudapan Gogos, Olahan Nasi Ketan Khas Bugis-MakassarGogos, salah satu penganan tradisional khas masyarakat Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/herwin_jhie)

Sebagai langkah pertama, masak beras ketan yang sudah dicuci bersih dengan cara dikukus hingga setengah matang selama 15 menit. Sembari menunggu beras ketan selesai dikukus, siapkan larutan santan untuk direbus. Campur daun salam dan garam ke dalam santan. Aduk ketiga bahan tersebut hingga mendidih.

Selanjutnya, tuang beras kukus tadi ke dalam air rebusan santan. Aduk rata hingga larutan santan meresap ke dalam beras. Lalu kukus selama kira-kira 30 menit sampai akhirnya matang.

Siapkan daun pisang yang menjadi pembungkus. Bentuk daunnya menyerupai corong, lalu masukkan bundaran kecil daun pisang sebagai alas di dua ujung sisi. Selain itu, bundaran kecil ini juga berfungsi sebagai pemisah dan memudahkan ketika bungkusnya dibuka.

3. Untuk isian, bisa digunakan beberapa varian seperti daging ikan dan ayam yang sudah diolah

Nikmatnya Kudapan Gogos, Olahan Nasi Ketan Khas Bugis-MakassarGogos, salah satu penganan tradisional khas masyarakat Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/fesiang)

Bungkus beras yang sudah selesai dikukus dengan panjang kira-kira 15 cm. Gunakan dua lapis yakni bagian dalam (pembentuk gogos) berupa daun yang lebih muda, dan pembungkus gogos secara keseluruhan berupa daun setengah tua. Ikat kedua ujung dengan potongan lidi atau tusuk gigi.

Setelah selesai dibungkus, kukus kembali beras, lalu dibakar di atas bara api hingga matang (ditandai dengan daun kelihatan kering dan kehitam-hitaman). Angkat dan dinginkan, gogos siap dinikmati. Gogos bisa dipotong-potong, dan disantap bersama sambal cabai.

Kamu bisa menambahkan isian gogos, loh. Bisa berupa daging abon, ayam atau ikan yang sudah lebih dulu diolah. Nah, bahan ini ditambahkan ketika beras ketan dimasukkan ke dalam pembungkusnya.

Mudah kan resepnya? Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Tips agar Buras si Lontong Khas Bugis Tahan Lama dan Anti Basi 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya