Comscore Tracker

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Mata

Sebaiknya jaga kesehatan matamu mulai sekarang

Mempertahankan diet yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Misalnya katarak yang menyebabkan penglihatan berawan, degenerasi makula terkait usia, glaukoma, mata kering, dan lainnya.

Risiko mata yang serius dapat dihindari jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral, yang dikenal sebagai antioksidan. Mata membutuhkan banyak jenis antioksidan agar tetap sehat.

Dikutip dari Health Line dan Medical News Today, berikut ini tujuh makanan terbaik untuk kesehatan mata. Kamu bisa menyantapnya atau menyajikannya dalam resep yang lebih kompleks.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Tinggi Serat, Solusi Tubuh Sehat dan Bugar 

1. Ikan

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi salmon (unsplash.com/ca_creative)

Ikan, khususnya salmon, bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya memiliki asam lemak omega-3. Ini adalah lemak "sehat". Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Mereka juga dapat membantu mencegah mata kering.

Mengkonsumsi ikan juga aman untuk kesehatan tubuh, jadi masukkanlah ikan ke dalam daftar menu makanmu beberapa hari dalam seminggu. Salmon, dan sebagian besar ikan, bisa dipanggang atau dipanggang. Cobalah membumbuinya dengan rempah segar, lemon, dan garam dan merica untuk makan malam yang sederhana dan lezat.

2. Kacang-kacangan

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi kacang almond (unsplash.com/tetiana_bykovets)

Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Kacang juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat usia. Kacang-kacangan dan polong-polongan yang baik untuk kesehatan mata yaitu, kenari, kacang brazil, kacang mete, almond dan masih banyak lagi kacang-kacangan lainnya.

Almond, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E. Vitamin ini menjaga molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengkonsumsi vitamin E secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. Kamu harus menargetkan sekitar 22 unit internasional (IU), atau 15 mg vitamin E sehari. Satu porsi almond adalah sekitar 23 kacang, atau cangkir, dan memiliki 11 IU. Kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

3. Susu

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi susu (unsplash.com/shootdelicious)

Susu seperti susu dan yogurt bisa baik untuk mata. Mereka mengandung vitamin A serta mineral seng. Vitamin A melindungi kornea sementara seng membantu membawa vitamin itu ke mata dari hati. Seng ditemukan di seluruh mata, terutama retina dan koroid, yaitu jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Mineral penting ini membantu penglihatan pada malam hari serta pencegahan katarak. Susu dari sapi yang diberi makan rumput memberikan manfaat paling banyak.

Susu dapat dikonsumsi sepanjang hari dan dapat dikonsumsi segelas dengan makanan atau menikmatinya dalam kopi dan teh, atau sereal sarapan. Yogurt juga adalah pilihan yang sehat untuk sarapan atau sebagai camilan.

4. Buah sitrus

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi buah pisang dan lemon (pexels.com/shvetsproduction)

Buah sitrus adalah kelompok buah-buahan yang menyehatkan. Buah yang termasuk sebagai buah sitrus yakni jeruk, jeruk Mandarin, hingga lemon. Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh AOA (American Optrometic Assosiation) untuk melawan kerusakan mata terkait usia.

5. Sayuran hijau

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi sayuran hijau (pexels.com/fotios)

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata. Sayuran berdaun hijau yang terkenal meliputi bayam, kubis, collard, sawi, kangkung dan masih banyak lagi.  Selain itu, bayam mengandung lutein dan zeaxanthin yang akan melindungi mata dari sinar ultraviolet. Dengan begitu, bayam bisa menjaga mata agar tetap sehat.

6. Wortel

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi daging sapi (pexels.com/goumbik)

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Beta karoten memberi wortel warna oranye. Vitamin A Sumber Tepercaya memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya. Penelitian tentang peran beta karoten dalam penglihatan beragam, meskipun tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk membuat vitamin A. Vitamin A dan beta karoten membantu permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya. Jenis sayuran ini juga mudah diolah sebagai jus atau pelengkap sup.

7. Telur

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi telur (unsplash.com/louishansel)

Telur adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan mendapatkan kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seng berkontribusi pada kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata. Seng juga membantu mata melihat di malam hari.

Telur juga sangat mudah untuk diolah sebagai bahan makanan sehari-hari. Cara sederhana untuk menikmati telur adalah dengan merebusnya. Cobalah menggunakan telur dalam salad dan sandwich. Dijamin enak!

8. Daging sapi

8 Makanan Sehat Ini Membantumu Kurangi Risiko pada Kesehatan Matailustrasi daging sapi (pexels.com/goumbik)

Daging sapi kaya akan seng yang telah dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Seng dapat membantu menunda kehilangan penglihatan terkait usia dan degenerasi makula. Mata itu sendiri mengandung seng tingkat tinggi, terutama di retina, dan jaringan pembuluh darah di sekitar retina. Daging seperti dada ayam dan pinggang babi juga mengandung seng, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada daging sapi.

Itu tadi beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Jaga kesehatan matamu mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bikin Kulit dan Tubuh Sehat Alami, Cek Bro! 

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya