Comscore Tracker

Terima atau Tidak, Daftar Makanan Ini Bukan Asli dari Indonesia

Makanan dari luar yang kerap disangka khas Nusantara

Indonesia adalah negara multi etnis dengan beragam suku, budaya, dan masakan. Keragaman inilah yang membuat kita menjadi negara yang hebat dan memungkinkan kita untuk menghargai perbedaan. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam masakan dengan cita rasa yang luar biasa.

Kuatnya pengaruh budaya Arab, Gujarat dan Cina yang dibawa oleh para saudagar menyebabkan terjadinya percampuran budaya, termasuk kuliner. Banyak makanan yang kini dikenal di masyarakat sebagai khas Nusantara, padahal merupakan serapan dari budaya asing.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Nusantara yang nyatanya bukan asli dari Indonesia.

Baca Juga: 7 Fakta Tumpeng Hidangan Khas Nusantara, Lekat dengan Tradisi Jawa 

1. Putu

Terima atau Tidak, Daftar Makanan Ini Bukan Asli dari Indonesiapixels.com/Saveurs Secretes

Banyak yang mengira bahwa makanan satu ini berasal dari Indonesia. Nyatanya, putu merupakan makanan tradisional India. Di sana, makanan ini disebut Puttu, yang dalam bahasa Tamil dan Malayalam berarti "dibagi".

Mengutip ONmanorama, Puttu aslinya berasal dari negara bagian India Selatan tepatnya di Karnatika, Tamil Nadu dan Kerala serta Utara Sri Lanka. Makanan ini masuk ke Indonesia karena dibawa dari India oleh para pedagang. Setibanya di Indonesia, kue ini dibuat sesuai selera masing-masing daerah.

Saat ini, Puttu India dan Indonesia berbeda dalam isian dan bentuknya. Namun, bahan utamanya tetap sama yaitu kelapa dan tepung beras.

2. Onde-onde

Terima atau Tidak, Daftar Makanan Ini Bukan Asli dari Indonesiapixels.com/Rosita Eka Sukmawati

Orang Indonesia sangat menyukai makanan ini. Terbuat dari tepung ketan dengan taburan biji wijen dan bagian dalamnya diisi bubuk kacang hijau. Onde-onde adalah makanan kerajaan Dinasti Tang dan sekarang menjadi makanan tradisional resmi Provinsi Xian, Cina. Nama asli onde-onde adalah Jian Dui.

Sama seperti putu, makanan ini masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. onde-onde tersebar luas keseluruh Asia Tenggara dan Asia Timur. Di Tiongkok sendiri onde-onde merupakan hidangan penutup pada perayaan Tahun Baru Imlek. 

3. Nasi goreng

Terima atau Tidak, Daftar Makanan Ini Bukan Asli dari Indonesiapixels.com/Jay Abrantes

Siapa sangka, Makanan yang sangat populer di Indonesia ini ternyata aslinya bukan dari Indonesia. Nasi goreng aslinya berasal dari kota Yangzhou provinsi Jiansu, Tiongkok. Dilansir Chinese Food Wiki, nama asli Nasi Goreng adalah Yangzhou Chao Fan. Nasi, kecap, dan bawang merah merupakan bahan utama dari masakan ini. Umumnya makanan ini merupakan menu sarapan orang indonesia.

Kedatangan makanan ini ke Indonesia juga sama seperti makanan sebelumnya, yakni dibawa melalui jalur perdagangan. Sekarang Nasi goreng sudah disesuaikan rasanya dengan lidah orang Indonesia dan memiliki beragam varian, seperti nasi goreng kampung, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, dan sebagainya. Setelah merdeka, nasi goreng resmi menjadi makanan nasional Indonesia.

4. Pastel

Terima atau Tidak, Daftar Makanan Ini Bukan Asli dari Indonesiapixels.com/Saveurs Secretes

Pastel adalah salah satu jenis kue kering yang dibuat dengan cara meletakkan isian di atas adonan, kemudian dilipat dan ditutup rapat. Rasa pastel bisa manis atau gurih tergantung isiannya. Makanan ini berasal dari Brazil, Meksiko dan juga Eropa Barat seperti Spanyol dan Portugis.

Makanan Ini tersebar luas hingga sampai ke Asia Tenggara. Nama pastel sendiri berbeda-beda di setiap negara. Orang Malaysia dan singapura menyebutnya dengan Karipap atau Curry puff, orang Sulawesi menyebutnya Jalangkote, orang Bolivia menyebutnya Saltena, Republik Dominika menyebutnya Pastelillos, orang China menyebutnya Hezi dan orang Chili menyebutnya Empanadas de pino.

Beberapa makanan di atas menandakan bahwa kuatnya pengaruh budaya yang dibawa oleh para pedagang China, India dan Arab ke Indonesia, termasuk dalam bidang kuliner. Hal ini wajar,  karena Indonesia dulunya sering disinggahi oleh para pedagang dunia.

Masakan Indonesia sendiri kebanyakan perpaduan dari masakan India atau China. Makanan terlezat nomor satu di Indonesia, rendang, juga bisa dikatakan campuran teknik masakan lokal dengan India. Namun, semua masakan tadi sudah dibuat sesuai dengan versi negara kita.

Baca Juga: 7 Kuliner Nusantara Berbahan Daging Sapi Ternikmat, Adakah Favoritmu?

Izad Ramadhan Photo Community Writer Izad Ramadhan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya