Comscore Tracker

Mengenal Makanan Khas Pinrang dengan Cita Rasa Lezat

Kuliner khas Pinrang yang menggugah selera

Kabupaten Pinrang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya kurang lebih 185 km perjalanan darat dari Kota Makassar, ibu kota Sulsel. Sebagian besar penduduk Kabupaten Pinrang ialah masyarakat Bugis, dengan begitu maka kebudayaan Bugis sangat kental di daerah tersebut.

Tidak heran juga jika kuliner-kuliner Kabupaten Pinrang sangatlah beragam dengan sejumlah makna filosofis di baliknya. Cita rasa kuliner Kabupaten Pinrang lezat-lezat dan unik. Berikut ini ada beberapa makanan khas Pinrang dengan rasa yang enak.

1. Cucuru Te'ne atau Beppa Cella

Mengenal Makanan Khas Pinrang dengan Cita Rasa LezatCucuru te'ne atau Beppa Cella, makanan khas Pinrang, Sulawesi Selatan./Instagram.com/chubbychan_chubbychan

Beppa cella ini merupakan kue cucur khas Bugis. Beppa cella dibuat dengan bahan utama tepung beras serta gula merah. Beppa cella merupakan kue dengan rasa manis serta memiliki tekstur lembut.

Pastinya beppa cella ini sangat cocok menemani minuman hangat saat pagi ataupun sore hari. Sebagai bahan pembuatannya, bukan hanya gula merah dan tepung beras saja. 

Terdapat beberapa bahan yang lain untuk membuat beppa cella seperti wijen, tepung terigu, dan juga minyak goreng. 

Gula merah yang cair dan sudah bersih nantinya akan dicampur ke adonan tepung terigu dan tepung beras. Lalu adonan ini akan dibentuk memakai sendok kemudian digoreng memakai api sedang.  

Beppa cella yang merupakan jajanan lonjong ini ternyata cukup mudah kita temukan di Pinrang. Umumnya beppa cella ini sangat mudah untuk ditemukan di pusat oleh-oleh dan pasar tradisional. 

2. Karasa

Mengenal Makanan Khas Pinrang dengan Cita Rasa LezatKue Karasa khas Pinrang, Sulawesi Selatan. Instagram.com/sita_syofyan

Karasa ialah jajanan khas dari Kabupaten Pinrang. Karasa ini dibuat dengan bahan dasar utama yaitu tepung beras. Umumnya masyarakat Bugis mengenal jajanan satu ini dengan istilah nennu’ nennu’, tetapi pada umumnya bagi masyarakat Pinrang mengenal makanan tersebut dengan nama karasa.

Karasa merupakan jajanan dengan banyak nilai budaya dan sejarah di dalamnya. Dari sejak dulu, jajanan karasa ini digunakan menjadi hantaran mempelai pria untuk mempelai wanita. Tujuan pemberian karasa itu sendiri yaitu sebagai simbol persatuan atau jalinan abadi. 

Oleh karena itu, dengan kita membawa jajanan karasa ini, maka diharapkan kehidupan rumah tangga pengantin yang hendak dijalankan akan langgeng. Agar bisa membuat karasa diperlukan upaya ekstra. 

Bahan pembuatan karasa yang diperlukan selain tepung beras yaitu, gula merah serta beberapa rempah lainnya. Umumnya selain untuk menjadi hantaran pernikahan, karasa ini juga bisa dimakan bersama secangkir kopi saat pagi hari.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Pemandangan Laut dan Pasir Indah di Pinrang 

3. Nasu Palekko

Mengenal Makanan Khas Pinrang dengan Cita Rasa Lezatinstagram.com/yulia_tokarmo

Ada jajanan khas lainnya dari Kabupaten Pinrang yang siap membuat lidah kamu puas, yaitu nasu palekko. Berbeda dengan sajian sebelumnya, nasu palekko lebih gurih.

Untuk nasu palekko ini sendiri makanan khas dari Pinrang yang mempunyai rasa pedas. Dengan begitu, maka Nasu Palekko dapat menjadi teman yang pas saat sedang makan nasi.

Sementara penamaan 'nasu palekko' itu sendiri asalnya dari Bugis. 'Nasu' memiliki arti memasak dan lalu 'palekko' memiliki arti periuk atau kuali. 

Umumnya masyarakat Bugis menyantap hidangan nasu palekko ini pada saat cuaca dingin lantaran dari rasa pedas makanan ini sangat cocok menghangatkan tubuh. Ada bahan utama makanan Nasu Palekko ini yaitu daging itik dicampur dengan beragam rempah seperti lengkuas, serai, jahe, bawang merah, daun jeruk, cabai hijau, merica, garam dan cabai merah. 

Lalu kemudian kalau bahan-bahan sudah dicampur, maka daging itik dimasak ke periuk yang sudah disiapkan. Pastinya beberapa makanan di atas memiliki rasa unik dan menarik untuk disantap.

Itu dia daftar makanan atau kuliner khas dan unik dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dijamin semuanya enak dan menggugah selera.

Baca Juga: Jarang Terdengar, 5 Kuliner Unik Khas Pinrang Sulawesi Selatan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya