Comscore Tracker

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas Sulsel

Selamat Hari Kopi Nasional ya, guys!

Hari Kopi Nasional diperingati setiap tanggal 11 Maret. Di Sulawesi Selatan (Sulsel), paling terkenal adalah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara sebagai penghasil kopi terbaik. Tetapi, tahukah kamu kalau masih ada ragam jenis kopi yang tumbuh subur di daerah lain di Sulsel?

Soal rasa, jenis kopi ini tidak kalah nikmat dari kopi Toraja yang namanya sudah begitu populer. Nah, apa saja? Yuk, kenali 5 jenis kopi lokal Sulsel yang gak kalah enak dari kopi Toraja.

1. Kopi Manipi Sinjai

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas SulselInstagram.com/manipi_coffee

Sesuai namanya, kopi ini tumbuh di sebuah kota kecil bernama Manipi. Daerah ini menjadi perbatasan dari tiga kabupaten yaitu Sinjai, Bone, dan Gowa atau yang disebut juga dengan daerah Segitiga Emas karena hasil buminya yang melimpah.

Kopi jenis arabica ini banyak dikembangkan di kaki Gunung Bawakaraeng yang juga terletak di daerah tersebut. 

Kopi Manipi memiliki aroma harum dan rasa khas yang berbeda dari kopi lain. Rasa kopinya lebih menonjolkan kepahitan khas yang hanya dimiliki biji kopi asal Sulsel.

2. Kopi Rumbia Jeneponto

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas SulselInstagram.com/makoleid

Kopi Rumbia mulai populer sejak dipromosikan pada peringatan Hari Kopi Internasional tahun 2018 lalu di Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. 

Jenis kopi arabica ini sudah lama dikenal di daerah tersebut. Petani-petani setempat mulai menanamnya sekitar 60 tahun lalu. Kini para petani setempat melalui kelompok usaha tani kian gencar melakukan promosi.

Kopi Rumbia ditanam di lereng Gunung Lompobattang pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Pengolahannya yang sederhana membuatnya memiliki cita rasa khas yang juga tidak dimiliki kopi lain.

3. Kopi Kalosi Enrekang

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas SulselInstagram.com/kopikalosi

Kopi Kalosi berasal dari Kabupaten Enrekang. Kopi ini memiliki rasa khas berupa rasa masam buah tetapi meninggalkan rasa manis yang cukup lama di lidah. Dengan rasanya itu, kopi ini cocok buat kamu yang menyukai rasa asam.

Cita rasa kopi bergantung dari proses dan cara penyajiannya. Bila diproses secara buruk maka kopi akan terasa kurang sedap. Hal itu dimulai dari proses pemetikan hingga pemanggangan. 

Untuk menikmatinya, kopi ini tidak hanya enak dinikmati secara original. Biasanya masyarakat setempat juga menikmati kopi ini dengan mencampurnya dengan biji kopi dari daerah lain.

Baca Juga: Duh, 7 Macam Kuliner Ini Diprediksi Bakal Lenyap pada 2020

4. Kopi Kahayya Bulukumba

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas SulselInstagram.com/kopikahayya

Kopi Kahayya menjadi salah satu kopi lokal asal Sulsel yang juga menyimpan potensi luar biasa. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi Bulukumba tepatnya di Desa Kahayya.

Cita rasanya unik karena memadukan rasa cinnamon, floral dan fruity khas Desa Kahayya. Meskipun sudah bisa dijumpai di gerai oleh-oleh Bulukumba, namun akan lebih nikmat lagi jika kopi ini dinikmati langsung dari kebunnya.

Dahulu Desa Kahayya memang agak terisolir lantaran sulitnya akses jalan menuju ke sana. Namun setelah diselenggarakannya Open Road Expedition di tempat tersebut, akses jalan pun terbuka dan membuat orang mengenal kopi Kahayya.

5. Kopi Bisang Luwu

Hari Kopi Nasional, Selain Toraja Ini 5 Jenis Kopi Enak Khas SulselInstagram.com/kopibisang

Kopi asal Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu ini hampir menyerupai kopi luwak. Jika kopi luwak didapatkan dari kotoran luwak, maka kopi bisang didapatkan dari muntahan bisang, sejenis hewan endemik dari Sulsel. 

Dahulu, kopi Bisang biasa disuguhkan dengan batok kelapa. Namun kini kopi jenis ini juga sudah banyak disajikan secara modern.

Namun soal rasa jangan ditanya. Sensasi nikmat akan kamu dapatkan saat mulai menyeruput kopi ini. Pemerintah setempat pun telah mematenkan kopi Bisang sebagai salah satu kekayaan Luwu.

Itu dia tadi 5 jenis kopi lokal Sulsel yang gak kalah enak dari kopi Toraja. Di momentum Hari Kopi Nasional 2020 ini, jangan lupa menyeruput kopi lokal kesukaanmu ya.

Baca Juga: Kamu Suka Coto Makassar? Ini 5 Warung yang Wajib Kamu Datangi!

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya