Comscore Tracker

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!

Mulai dari sosis hingga mie berbahan sayuran

Sayur merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sayuran dapat menjadi sumber serat, vitamin dan mineral bagi tubuh manusia.

Namun, tidak semua orang menyukai sayur, terutama anak- anak. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi pangan olahan sebagai cara untuk membuat anak-anak suka makan sayur.

1. Keripik

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!Ilustrasi keripik (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Pada umumnya, anak-anak menyukai keripik. Bahkan, keripik dapat menjadi camilan kesukaan atau favorit anak. Mengolah sayuran menjadi keripik merupakan salah satu ide agar anak-anak tetap makan dan menyukai sayur.

Banyak sayuran yang dapat diolah menjadi keripik seperti bayam, brokoli, terong, wortel, buncis dan lainnya. Cara membuat keripik juga tidak membutuhkan waktu yang lama lho! Hanya dengan memotong tipis sayur yang akan diolah.

2. Jus

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!Pixabay.com/magdus

Membuat sayur menjadi sebuah minuman yang enak juga sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Terdapat banyak sayur yang dapat di jadikan jus seperti wortel, tomat, brokoli, pakcoy, timun dan sebagainya. Dalam proses pembuatan jus juga dapat dilakukan penambahan gula lho! Namun, dengan takaran yang sesuai dan tidak terlalu banyak ya.

3. Nugget

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!yummy.co.id

Tidak hanya keripik yang disukai oleh anak - anak, nugget juga menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh anak.

Agar anak tetap makan sayur, dalam proses pengolahan atau pembuatan nugget dapat ditambahkan sayur. Umumnya, sayur yang ditambahkan untuk nugget adalah bayam, wortel dan jagung manis.

4. Mie

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!ilustrasi mie lampung (instagram.com/yuk.kita_makan)

Sudah tidak heran lagi jika sayur digunakan sebagai salah satu bahan pada mie. Dalam pembuatan mie, dapat dilakukan pencampuran sayur seperti wortel, brokoli, bayam, sawi dan lain-lain.

Umumnya, warna mie yang dihasilkan akan sesuai dengan warna sayur yang digunakan. Jika sayuran dibuat menjadi mie, dapat lebih menarik perhatian anak-anak. Hal tersebut dikarenakan saat ini anak-anak sangat menyukai mie. 

Baca Juga: Resep Ikan Kuah Asam Khas Manado, Penambah Selera Makan

5. Sosis

5 Inovasi Makanan Olahan dari Sayur, Disukai Anak-anak!ilustrasi sosis (Pixabay/forwimuwi73)

Tidak hanya dapat dicampurkan pada pembuatan nugget, sayuran juga dapat dicampurkan dalam proses pembuatan sosis. Biasanya, sayur yang dicampurkan seperti wortel dan buncis. Sayur yang digunakan untuk pembuatan sosis harus dicincang secara halus.

Wow! Ternyata sayur dapat diolah menjadi pangan olahan yang sangat menarik untuk anak-anak dan dapat dibuat di rumah lho. Yuk biasakan anak-anak makan sayur agar serat, vitamin dan mineral pada tubuh dapat terpenuhi.

Baca Juga: Resep Buras dan Coto Makassar untuk Menu Lebaran Berkesan 

Annisa Intan Handayani Photo Community Writer Annisa Intan Handayani

@annisaintnn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya