Comscore Tracker

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan Imun

Tapi jangan lupa olahraga dan tidur cukup, ya

Makassar, IDN Times - Seiring semangat menekan penyebaran wabah COVID-19, orang-orang kini lebih banyak berada di rumah. Beragam aktivitas dilakukan untuk mengisi waktu, salah satunya dengan memasak makanan favorit.

Soal makanan, ada beberapa sayuran dan buah yang bagus buat kamu konsumsi di tengah masa pandemi seperti sekarang. Makan sehat alami ini berperan meningkatkan sistem imunitas, sehingga tubuh lebih tahan dari penyakit.

Dikutip dari Healthline dan OnHealth, berikut beberapa bahan makanan baik sayur maupun buah yang harus masuk dalam menu makanan kreasimu.

Baca Juga: Olahraga di Rumah, 5 Gerakan Simpel yang Bisa Memperkuat Sistem Imun

1. Jamur kancing

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPixabay/costanzimarco

Jamur kancing kaya kandungan vitamin B dan selenium seperti riboflavin dan niasin. Mineral dan vitamin ini diperlukan agar sistem kekebalan tubuh bekerja dalam kondisi prima. Jamur ini juga tinggi kandungan polisakarida, molekul seperti gula yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Tiram

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPexels.com/Elle Hughes

Satu porsi tiram (3 ons) menyediakan 190% dari nilai harian selenium, 45% dari nilai harian zat besi, dan 20% dari nilai harian vitamin C. Semuanya hanya untuk 140 kalori. Satu porsi tiram 3 ons juga mengandung 16 gram protein tinggi, zinc dan vitamin A. Vitamin dan mineral dalam tiram sangat penting untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

3. Semangka

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPexels.com/Irina Iriser

Seporsi atau tiga potong semangka mengandung 270 mg kalium, setara 30% dari nilai harian vitamin A, dan 25% dari nilai vitamin C. Kalori dalam semangka juga tak banyak, hanya 80 kalori. Semangka juga menyediakan vitamin B6 dan glutathione alias antioksidan. Tubuh membutuhkan vitamin, nutrisi, dan senyawa seperti glutathione untuk fungsi kekebalan tubuh yang baik.

4. Bayam

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan Imununsplash.com/Chiaraconti

Bayam termasuk makanan super berkat lantaran mengandung folat, vitamin A, vitamin C, serat, magnesium, dan zat besinya yang tinggi. Nutrisi dalam bayam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memberi nutrisi yang diperlukan untuk pembelahan sel dan perbaikan DNA. Untuk manfaat maksimal, bayam bisa dimakan mentah atau dimasak sederhana.

5. Ubi jalar

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPexels.com/Ela Haney

Satu ubi jalar mengandung 120% dari nilai harian vitamin A dan 30% dari nilai harian vitamin C, semuanya hanya 100 kalori. Vitamin ini sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan bagus untuk kulit. Ubi jalar juga termasuk makanan bebas kolesterol dan  lemak, sehingga kamu bisa mengonsumsinya tanpa rasa khawatir. Ubi jalar juga mengandung serat yang melancarkan pencernaan.

6. Brokoli

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunUnsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Satu porsi brokoli menyediakan vitamin C sebanyak jeruk. Sayuran ini juga tinggi beta karoten, kalium, magnesium, zinc, dan zat besi. Brokoli memasok beragam vitamin B (B1, B2, B3, dan B6). Vitamin dan mineral ini membantu sistem kekebalan tubuh tetap berada dalam kondisi prima. Senyawa sehat lain yang terkandung oleh brokoli adalah glutathione.

7. Bawang putih

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPexels.com/Isabella Mendes

Makanan lain yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh adalah bawang putih. Kandungan alisin dalam bawang putih membantu beberapa tipe sel darah putih meningkatkan respons atas pertahanan diri melawan bakteri, jamur, virus, dan protozoa.

8. Jeruk

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan ImunPexels.com/freestocks.org

Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Ini semua adalah kunci untuk memerangi infeksi. Karena tubuh gak  memproduksi vitamin C, kamu perlu asupannya dari buah-buahan seperti jeruk biasa, jeruk bali, jeruk lemon dan jeruk nipis.

9. Pepaya

Tangkal Virus Corona, 9 Makanan Alami yang Bantu Meningkatkan Imunpixabay.com/stevepb

Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Terdapat 224% jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu buah pepaya. Pepaya juga memiliki enzim untuk pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup.

Tapi ingat ya, makanan bukan cuma satu-satunya faktor yang bisa menjaga atau meningkatkan kinerja sistem imun kamu selama #dirumahaja. Ada pola hidup sehat yang harus diikuti, mulai dari mengurangi stres, gak begadang dan tetap berolahraga.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Baik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dari Virus 

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya