Comscore Tracker

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!

Ngopi dijamin asyik bersama teman, pacar dan keluarga

Belakangan, tren kedai kopi menjadi primadona di Indonesia. Hal tersebut lahir dari kombinasi keputusan memanfaatkan area/lahan berukuran kecil dan meningkatnya minat masyarakat, terutama generasi muda, mengenal lebih dalam seni mengolah dan menyajikan kopi.

Selain itu, kedai menjadi alternatif tempat untuk didatangi pencinta kopi yang sibuk banget. Alhasil muncul kredo "datang, pesan, minum, pergi." Eits, tapi bukan berarti kedai gak bisa ditongkrongi. Belakangan, banyak pemilik kedai menambah luas dan fitur agar para pelanggan betah ngopi berlama-lama.

Nah, di Makassar juga terdapat kedai-kedai kopi yang punya keunggulan masing-masing. Berikut IDN Times menyarankan beberapa di antaranya.

1. Toko Kopi Oma

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!Suasana teras dan bagian dalam Toko Kopi Oma, salah satu kedai kopi di Kota Makassar. (Instagram.com/tokokopioma)

Alamat : Jl. Nuri Lama No. 34, Kel. Mariso, Kec. Mariso

Baru buka bulan Januari silam, Toko Kopi Oma langsung menjadi salah satu tujuan nongkrong favorit anak muda Makassar. Desain ruangan klasik membuatnya terlihat sangat sederhana. Luasnya tak seberapa besar, alhasil bercengkerama kian hangat. Pengelola juga menyediakan area teras dan halaman belakang untuk pengunjung.

Beberapa minuman yang disajikan Toko Kopi Oma antara lain Classic Latte dingin yang disajikan dalam botol, es kopi susu oma, ice matcha latte dan ice taro. Tak lupa beberapa cemilan tradisional juga disedikan seperti panada, roti goreng serta songkolo.

Pengen makanan berat? Ada Waroeng Renjana yang menyediakan pisang goreng, batagor plus nasi ayam. Pokoknya komplit, deh!

2. Barcoffee

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!Suasana area pengunjung Barcoffee, salah satu kedai kopi di Kota Makassar. (Instagram.com/barcoffeespace)

Alamat : Kompleks Perum Griya Puspita Sari, Jl. Toddopuli 10 Baru, RT.001/RW.01, Kel. Borong, Kec. Manggala

Terletak di tengah-tengah pemukiman warga, banyak yang menyebut Barcoffee ini sebagai "hidden gem." Desainnya mengingatkan pada kedai kopi mungil ala Jepang. Pada Oktober 2020, pihak pengelola menambah area pengunjung dengan konsep terbuka di sekitar teras bar. Pengunjung pun bisa ngopi atau ngumpul sambil merasakan alam sekitar.

Hanya menyajikan minuman, beberapa menu andalan Barcoffee antara lain Ice Break berupa perpaduan kopi gula aren dan pandan, es kopi karamel, ice signature chocolate, ice red velvet premium dan ice green tea

3. Timur Kopi

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!Suasana teras dan bagian dalam Timur Kopi, salah satu kedai kopi di Kota Makassar. (Instagram.com/timur.kopi)

Alamat : Jl. Lamaddukelleng No. 76, Kel. Losari, Kec. Ujung Pandang

Ingin ngopi asyik di pinggir jalan? Timur Kopi bisa kamu kunjungi. Model bangunannya mengingatkan pada kafetaria ala Eropa model lama yang sederhana. Terletak tak jauh dari Pantai Losari, tempat ini jadi salah satu tujuan anak-anak muda untuk bersantai menikmati malam bersama pacar, teman atau keluarga.

Nah, Timur Kopi punya beberapa suguhan andalan. Ada es kopi susu Timur, caffe latte dan earl grey latte. Selain itu, ada menu spesial untuk momen tertentu. Contohnya Februari kemarin, bertepatan dengan Hari Valentine, Timur Kopi merilis strawberry milk dan chocoberry. Masih ada tidak, ya?

Baca Juga: 5 Kafe Keren di Daerah Tamalanrea Makassar, Nyaman buat Nongkrong

4. Delicate Coffee

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!Suasana teras dan area pengunjung Delicate Coffee, salah satu kedai kopi di Kota Makassar. (Instagram.com/delicatesociety_)

Alamat : Jl. Ujung Pandang No. 6, Kel. Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang

Hanya sepelemparan baru dari Benteng Fort Rotterdam, terdapat Delicate Coffee. Baru buka pada awal tahun 2021, tempat ini merupakan lini terbaru Delicate Society. Area pengunjung tak seberapa besar, sekali lagi mengingatkan pada desain kedai kopi ala Negeri Matahari Terbit namun dengan sentuhan modern.

Delicate Coffee menyajikan sejumlah minuman dengan rasa unik. Ada kopi susu sakura, fruit candy dan Tokyo Drip. Ada juga menu olahan kopi lain seperti coffee lemonade, hot coffee latte, ice strawberry latte dan masih banyak lagi.

5. Kopi Ujung

5 Kedai Kopi Keren di Kota Makassar, Dijamin Betah Berlama-lama!Suasana bagian dalam Kopi Ujung, salah satu kedai kopi di Kota Makassar. (Instagram.com/kopiujung)

Alamat : Jl. Somba Opu No. 36, Kel. Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang

Ini dia salah satu tempat ngopi legendaris di Makassar. Awalnya, Kopi Ujung adalah toko kelontong dan oleh-oleh untuk para pelancong. Namun pada tahun 2015, John Chendra selaku pewaris toko menyulap sebagian area lantai satu menjadi coffee shop. Alhasil, pengunjung bisa menikmati langsung kopi kualitas racikannya yang kesohor hingga luar negeri.

Beberapa olahan kopi yang jadi andalan Kopi Ujung antara lain Kold Black, Hot Picollo Latte, Kold White biasa atau dengan varian rasa seperti vanilla atau hazelnut, Iced Café Latte Espresso SproNic dan Hot Almond Latte.

Gimana? Kamu penasaran dengan suasana dan rasa kopi mereka? Segera datangi salah satu kedai kopi di atas!

Baca Juga: 4 Warung Kopi Tertua di Kota Makassar yang Sarat Nilai Historis

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya