Produk UMK Sendal Eceng Gondok Masuk Hotel

Dekranasda jalin kerja sama dengan perhotelan

Makassar, IDN Times - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan menjalin kerja sama dengan pihak Phinisi Hospitality Hotel (PHI) Sulsel. Kerja sama tersebut dalam bentuk pembelian produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Kerja sama ini berdasarkan nota kesepahaman dengan pihak hotel The Rinra," kata Wakil Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulsel, Andi Oci di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (15/5).

1. Seribu pasang sandal eceng gondok dibeli setiap bulan

Produk UMK Sendal Eceng Gondok Masuk HotelIDN Times/Didit Hariyadi

Selama berlangsung kerja sama, dia berujar bahwa pembelian produk UKM bakal intens dilakukan. Namun yang lebih dulu diberikan kesempatan adalah 1.000 pasang sandal eceng gondok yang secara rutin dilakukan tiap bulan.

Menurut dia, jenis kerajinan eceng gondok ini dipilih lantaran ingin memberdayakan UKM di kalangan masyarakat. "Eceng gondok kami pilih karena barang kerajinan ini, salah satu limbah yang bisa dimanfaatkan. Misalnya  menjadi sandal cantik yang bisa digunakan di hotel," ucap Oci.

2. Kopi Toraja juga masuk dalam produk perjanjian kerja sama

Produk UMK Sendal Eceng Gondok Masuk HotelIDN Times/Didit Hariyadi

Selain eceng gondok yang dijadikan sandal hotel, lanjut Oci, produk yang juga termasuk dalam perjanjian kerja sana adalah kopi toraja.

Akan tetapi masih satu macam kopi perjanjian kerja sama, dimana Dekranasda yang memesan langsung kopi toraja tersebut.

"Insya Allah ke depannya kita kembangkan lagi bentuk kerja sama dengan PHI," tutur Oci.

Baca Juga: Sulsel Akan Jadi Leader Pengembangan Ekonomi Syariah di Pulau Sulawesi

3. Ke depan markisa dan sarabba juga masuk dalam perjanjian kerja sama

Produk UMK Sendal Eceng Gondok Masuk HotelIDN Times/Istimewa

Setelah semua berjalan sukses maka Dekranasda Sulsel akan meningkatkan kerja samanya lagi. Rencananya, kerja sama dengan PHI dikembangkan dengan memasukkan olahan markisa dan sarabba.

Namun semua itu masih akan dibicarakan lebih lanjut. Apalagi Oci  mengaku telah bertemu dengan CEO PHI, Anggiat Sinaga membicarakan soal kerajinan atau produk UKM.

Menurut Anggiat, pihaknya bakal mengundang kembali Dekranasda Sulsel dan seluruh anggota PHI. "Insya Allah setelah Lebaran kita undang kembali semuanya. Semoga saja Pak Gubernur juga bisa hadir," tambahnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Dhidi Hariadi

Just For You