Comscore Tracker

Sulsel Ekspor Perdana Rempah-Rempah ke Sepuluh Negara

Nilai ekspor perdana mencapai Rp49,9 miliar

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan kembali melakukan direct export perdana rempah-rempah ke 10 negara tujuan di Asia, Eropa dan Amerika. Negara tujuan ekspor meliputi Hongkong, Amerika Serikat, Cina, Italia, Kanada, Rusia, Perancis, Jepang, Australia, dan Korea Selatan.

Komoditas yang diekspor perdana terdiri dari kemiri, kayu manis, ketumbar, dan pupuk Bat Guano. Sementara komoditas lainnya yaitu rumput laut, ikan segar, gurita, carragenan, mete kupas, daging kepiting, udang olahan, udang segar dan cumi merupakan komoditas ekspor yang sudah berjalan selama ini.

"Rempah-rempah itu berasal dari beberapa sentra penghasil di Sulsel, seperti Pinrang, Enrekang dan juga Bone," kata Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo saat pelepasan ekspor perdana di Terminal Petikemas, Pelabuhan Makassar, Senin (12/4/2021).

1. Nilai ekspor mencapai Rp49,9 miliar

Sulsel Ekspor Perdana Rempah-Rempah ke Sepuluh NegaraPelepasan ekspor perdana rempah-rempah, bat guano, dan komoditas unggulan Sulsel di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar, Senin (12/4/2021). Humas Pemprov Sulsel

Ekspor ini diikuti 14 pelaku usaha. Mereka adalah CV. Aromata Anugrah Sultan, CV. Muna Agro Indonesia, PT. Sumber Guna Makassarnusa, CV. Adi Tirta, CV. Mega Citra Karya, CV. Guna Bahari Indonesia, PT. Prima Indo Tuna, PT. Prima Bahari Inti Lestari, PT. Biota Laut Ganggang, PT. Comextra Majora, PT. Nuansa Cipta Magello, PT. Biru Laut Nusantara, PT. Bogatama Marinusa, dan PT. Dunia Marine Product. 

Adapun total volume ekspor yang dilepas sebanyak 1.488 ton dengan nilai US$ 3,44 juta atau setara dengan Rp49,9 miliar.

2. Ekspor rempah-rempah dianggap akan berpengaruh pada kesejahteraan petani

Sulsel Ekspor Perdana Rempah-Rempah ke Sepuluh NegaraKomoditas yang diekspor pada pelepasan ekspor perdana rempah-rempah, bat guano, dan komoditas unggulan Sulsel di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar, Senin (12/4/2021). Humas Pemprov Sulsel

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik ekspor perdana tersebut. Dengan nilai awal Rp49,9 miliar, dia menilai ekspor ini luar biasa. Apalagi ekspor rempah-rempah ini berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat petani rempah.

"Semua yang diekspor adalah rempah-rempah dan ini tentu menyangkut dengan masyarakat banyak di Sulawesi Selatan," katanya.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi, Sulsel Fokus Peningkatan Ekspor dan Investasi

3. Menanti MNP untuk mendorong peningkatan ekspor

Sulsel Ekspor Perdana Rempah-Rempah ke Sepuluh NegaraSejumlah peselancar melakukan latihan di sekitar lokasi aktivitas bongkar muat peti kemas di Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/7/2019). PT Pelindo IV (Persero) mendatangkan sebanyak enam unit alat Rubber Tyred Gantry (RTG) dengan menggunakan anggaran investasi sebesar Rp90 Miliar, sehingga jumlah RTG di Makassar New Port bertambah menjadi 16 unit yang diharapakan dapat memaksimalkan produktivitas pelabuhan dalam rangka menyukseskan Proyek Strategis Nasional. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Untuk itu, Sudirman terus mendorong ekspor produk Sulsel ke berbagai belahan dunia. Jika nanti Makassar New Port (MNP) sudah bisa beroperasi, maka dia yakin hal itu akan meningkatkan nilai ekspor di Sulsel.

Dia menyebut jalur perdagangan kapal besar dari luar negeri bisa melintasi Sulsel saat MNP beroperasi. Kapal yang bersandar juga dipastikan lebih besar dengan panjang 400 meter.

"Kita berharap (kapal besar) mampir ke sini dan biar kita bisa menitipkan barang-barang kita, direct export dengan kapal yang lebih besar," katanya.

Baca Juga: Sulsel Libatkan 32 Perusahaan saat Ekspor Serentak ke Pasar Global

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya