Comscore Tracker

Millennial Doyan Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar COD

Mayoritas belanja di toko online untuk kebutuhan fashion

Makassar, IDN Times - Tren penggunaan transaksi jual-beli secara elektronik alias e-commerce di Indonesia meningkat pesat, terutama di kalangan anak muda. Menurut survei Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022, setidaknya 78 persen millennial pernah menggunakan e-commerce.

Survei menunjukkan bahwa hanya 22 persen millennial di kalangan sosial ekonomi menengah yang tidak menggunakan platform e-commerce apa pun. Di kalangan atas, penggunaan e-commerce 64 persen, sedangkan di kelas bawah penggunaanya lebih besar, yakni 83 persen. 

Penggunaan e-commerce  memang semakin marak beberapa tahun terakhir, bahkan setelah masa pandemik COVID-19. Pergeseran transaksi jual-beli ke digital membantu banyak pedagang lokal bertahan.

"Di Indonesia, 28 persen pedagang digital percaya bahwa mereka tidak akan selamat dari dampak situasi pandemik jika bukan karena platform digital," demikian laporan e-Conomy 2021 yang diterbitkan Google.

Baca Juga: IMR 2022: Wawancara Gibran Bicara Transformasi Digital Hingga Keluarga

1. Tiga platform e-commerce teratas

Millennial Doyan Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar CODIlustrasi Belanja Online (IDN Times/Meiska Irena)

Survei IMR 2022 menunjukkan bahwa ada sejumlah platform e-commerce yang paling banyak digunakan millennial. Tokopedia, Shopee, dan Lazada adalah tiga platform teratas. Meski, banyak juga di antara mereka yang menggunakan lebih dari satu platform untuk belanja online.

Menurut survei, Tokopedia digunakan oleh 30 persen responden. Berikutnya, Shopee (26 persen) dan Lazada (19 persen). Daftar lima teratas dilengkapi Blibli dan Bukalapak, dengan penggunaan masing-masing tujuh dan enam persen.

2. Mayoritas belanja kebutuhan fashion

Millennial Doyan Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar CODIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Survei IMR 2022 menanyai responden soal apa saja yang dibeli millennial saat belanja online. Hasilnya, 40 persen menjawab fashion sebagai kategori yang paling dicari. Diikuti perawatan pribadi (11 persen), hobi dan mainan (8 persen), lalu peralatan rumah (9 persen). Sisanya menjawab kategori elektronik, automotif, kuliner, dan gawai dengan persentase lima persen ke bawah.

Survei menunjukkan bahwa terlihat selama pandemik, orang-orang mengutamakan perawatan dan penampilan diri saat mereka lebih jarang keluar rumah.

3. Metode bayar di tempat alias COD paling digemari

Millennial Doyan Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar CODIndonesia Millennials Report 2022 by IDN Research Institute

Millennial lebih suka menggunakan jasa bayar di tempat alias cash on delivery (COD) sebagai metode pembayaran ketika berbelanja online. Menurut survei, metode ini dipilih 77 persen masyarakat kalangan sosial ekonomi bawah, 53 persen di kalangan menengah, dan 43 persen di kelas atas.

Berikutnya, metode pembayaran yang banyak dipilih adalah e-wallet dan transfer bank melalui virtual account (lihat tabel di bawah)Metode beli sekarang bayar nanti alias paylater juga jadi pilihan, bahkan melebihi metode kartu kredit.

Millennial Doyan Pakai e-Commerce, Paling Suka Bayar CODIMR 2022 by IDN Times

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Transaksi E-Commerce Capai Rp108 Triliun, Sektor Logistik Melesat

Topic:

  • Aan Pranata
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya