Tavares Jaring Pemain Seleksi U-20 ke Skuat Pramusim PSM 

Juku Eja langsung tancap gas mencari talenta muda

Makassar, IDN Times - Di tengah isu eksodus besar-besaran para pemain, PSM Makassar rupanya sudah kembali bergerak mencari talenta muda untuk musim depan. Ini diungkapkan langsung oleh sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, selepas menekuk RANS Nusantara FC pada Selasa (30/4/2024) lalu.

"Saya ingin menyampaikan bahwa kami akan melakukan trial untuk PSM U-20 nanti. Lima pemain terbaik trial nanti akan kami ikutkan pada pramusim, bergabung dengan tim senior," jelas pelatih asal Portugal tersebut di hadapan awak media.

Baca Juga: Dapat Sanksi FIFA, Manajemen PSM Makassar Angkat Bicara

1. Akademi PSM bergerilya mencari para pemain muda potensial hingga Juni mendatang

Tavares Jaring Pemain Seleksi U-20 ke Skuat Pramusim PSM Para pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu 20 April 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Akademi PSM Makassar akan melakukan mencari pemain muda potensial di 7 wilayah dari awal Mei hingga pertengahan Juni mendatang. Mulai dari Luwu Timur, Luwu, Parepare, Bulukumba, Bone, Kendari (Sulawesi Tenggara) kemudian Palu (Sulawesi Tengah).

Rangkaian awal trial ini berlangsung di Lapangan Antil Football Academy, Desa Laro Lambara, Kecamatan Burau, Luwu Timur, pada Jumat (3/5/2024) kemarin hingga Minggu (5/5/2024) besok. Dua juru taktik Akademi PSM Makassar, Erik Saputra dan Syamsuddin Batolla, memimpin langsung proses seleksi.

2. Pemain muda memang menjadi tulang punggung tim utama selama dua musim terakhir

Tavares Jaring Pemain Seleksi U-20 ke Skuat Pramusim PSM Salah satu momen pertandingan pekan ke-17 BRI Liga 1 2023-24 antara RANS Nusantara FC versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Senin 30 Oktober 2023. (Instagram.com/rans.nusantara)

Bernardo Tavares sendiri memang dikenal senang mengorbitkan para pemain akademi ke tim utama. Beberapa bahkan menjadi tulang punggung tim selama dua musim terakhir. Ia turut mempertegas peran PSM sebagai tempat yang tepat bagi talenta muda mengasah kemampuan.

"PSM selalu memberikan kepercayaan kepada pemain muda di pertandingan Liga 1 dan kompetisi Internasional," ujar Tavares. Tak cuma helatan domestik, Pasukan Ramang juga akan mengikuti ASEAN Club Championship yang berlangsung mulai 17 Juli 2024 mendatang.

3. Tavares berjanji akan bekerja keras membangun tim untuk musim depan

Tavares Jaring Pemain Seleksi U-20 ke Skuat Pramusim PSM Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Stadion Sultan Agung Bantul pada 14 Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, Tavares berharap materi skuat PSM musim depan bisa lebih mumpuni. Ia berjanji akan bekerja keras untuk membangun tim, termasuk dengan memanfaatkan para pemain hasil trial.

"Musim depan, kami berharap kembali bersama-sama dengan kerja keras, berharap bisa membangun tim yang bagus," ungkap pelatih asal Portugal tersebut. Juku Eja sendiri diperkirakan akan jalani libur hingga Juni, sebelum kembali berkumpul untuk persiapan musim 2024/25.

Baca Juga: Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club Championship

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya