PAN Mulai Jaring Kandidat Calon Kepala Daerah di Sulsel

PSN Sulsel dorong kader potensial sebagai kandidat

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan mengumumkan langkah awal persiapan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. PAN segera membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah. 

Proses penjaringan ini akan dimulai pekan ini. Hal itu disampaikan Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi. 

"Minggu ini mulai dibuka pendaftaran, tapi sebagaian daerah di Sulsel PAN sudah buka penjaringan," kata Kahfi, Senin (22/4/2024).

Baca Juga: Syarat Parpol Usung Paslon di Pilkada Makassar Minimal 10 Kursi

1. PAN Sulsel membentuk tim Pilkada

PAN Mulai Jaring Kandidat Calon Kepala Daerah di SulselIlustrasi pilkada serentak.ANTARA

Sebagai langkah awal, DPW PAN Sulsel telah membentuk tim Pilkada 2024. Berdasarkan hasil rapat koordinasi pada Jumat 19 April 2024, PAN menunjuk Irfan AB sebagai ketua tim Pilkada 2024.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta, menjelaskan pemilihan kepala daerah harus dipersiapkan dari awal. Karena itu, PAN membentuk tim Pilkada.

"Tim Pilkada ini yang menangani secara teknis proses pilkada mulai dari pendaftaran, proper test, sampai penetapan di DPP," kata Usman.

2. Penjaringan punya kriteria setiap daerah

PAN Mulai Jaring Kandidat Calon Kepala Daerah di SulselIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Usman menjelaskan penjaringan kepala daerah di memiliki kriteria masing-masing di setiap daerah. Jika dalam suatu daerah ada kader potensial, maka penjaringan tidak dibuka untuk umum. 

Dia menegaskan pihaknya tidak ingin memberi harapan palsu dengan membuka penjaringan umum sementara ada kader potensial di sana.

"Maros, Wajo, tidak mungkin kita buka di situ pendaftaran secara umum karena kita punya kader. Tetap buka tapi khusus kader. Daerah lain bisa untuk umum," kata Usman.

3. PAN Sulsel dorong kader potensial

PAN Mulai Jaring Kandidat Calon Kepala Daerah di Sulselilustrasi kampanye pemilu (IDN Times/Agung Sedana)

PAN mendorong kader potensialnya di 11 daerah untuk maju di Pilkada 2024. Di antaranya yaitu Hamzah Hamid dan Jamaluddin Jafar di Makassar, Chaidir Syam dan Irfan AB di Maros, Musfdalifah di Parepare, Amran Mahmud di Wajo, Irwandi Nasir di Bone, Mitra Fakhruddin MB di Enrekang, serta Karaeng Mudding di Luwu Utara.

Selanjutnya, Husniah Talenrang di Gowa, Syamsuddin Karlos di Jeneponto, Nurkanita Maruddani Kahfi di Bantaeng, Eddy Manaf di Bulukumba, dan Muh Idris di Kepulauan Selayar.

"Dua hal, kita harus realistis melihat perolehan kursi dan kedua kita realistis terhadap kader-kader di berbagai daerah. Kader-kader yang  bisa memenangkan pilkada itu kita dorong," kata Usman.

Baca Juga: Andi Sudirman dan Fatmawati Rusdi Sepaket di Pilgub Sulsel?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya