Jenazah Warga Sipil Korban Serangan OPM di Intan Jaya Dievakuasi

Brimob dan Kopassus menyisir distrik Homeyo

Paniai, IDN Times – Aparat gabungan TNI-Polri mengevakuasi jenazah Alexander Parapak, korban penembakan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sabtu pagi (4/5/2024). Jenazah dievakuasi dariDistrik Homeyo, Kabupaten Paniai, menuju Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Alexander Parapak merupakan warga sipil yang tewas tertembak akibat penyerangan TPNPB-OPM terhadap Polsek Homeyo, di Kabupaten Paniai pada 30 April 2024 lalu. Evakuasi jenazah dilakukan setelah pasukan Brimob dan Kopassus dari Operasi Damai Cartenz 2024 diterjunkan pada Jumat (3/5/2024) untuk menyisir TPNPB dan mengamankan kembali wilayah Distrik Homeyo.

Hal itu disampaikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, dalam siaran pers yang dikirim oleh Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, Sabtu (4/5/2024) siang.

"Aparat keamanan babungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi jenazah Almarhum Alexsander Parapak, korban penembakan OPM. Proses evakuasi berhasil dilakukan pada hari Sabtu, 4 Mei 2024, atau sehari pasca perebutan wilayah Homeyo," ujar Letjen TNI Richard.

Proses evakuasi tersebut, kata Richard, menggunakan sarana helikopter gabungan TNI Angkatan Darat dan Polri serta pesawat TNI Angkatan Udara. Pelaksanaan evakuasi ini juga melibatkan jajaran Komando Operasi TNI Habema dan Satgas Nanggala Kopassus Damai Cartenz, serta personel Puspenerbad dan TNI Angkatan Udara di bawah koordinasi Kogabwilhan III.

Selain jenazah Almarhum Alexsander, TNI-Polri juga berhasil mengevakuasi tiga orang warga pendatang yang akan kembali ke kampung halamannya, yakni seorang guru dan dua orang anak.

"Operasi evakuasi dari wilayah Distrik Homeyo merupakan kegiatan kemanusiaan untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua," ucap Richard.

Baca Juga: KKB Kembali Bakar Sekolah, Polsek Homeyo Minta Penebalan Pasukan

Baca Juga: Diserang OTK di Paniai, Tukang Ojek Tewas-Sopir Taksi Terluka

Topik:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya