Jumlah Pendaftar PPK di Makassar Capai 475 Orang, Banyak PPK Lama

Jumlah Pendaftar PPK di Makassar Capai 475 Orang, Banyak PPK

Intinya Sih...

  • Sebanyak 475 orang mendaftar menjadi PPK di Makassar melalui aplikasi SIAKBA.
  • Kebutuhan PPK sebanyak 75 orang, namun jumlah pendaftar melebihi kebutuhan.
  • Tahapan pemeriksaan berkas administrasi akan dilakukan hingga tanggal 3 Mei 2024.

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mencatat sebanyak 475 orang telah melayangkan lamaran menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Laporan itu diketahui melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA).

Komisioner KPU Kota Makassar, Muh Abdi Goncing, mengatakan tidak ada perpanjangan masa pendaftaran. Hal ini karena jumlah pendaftar telah melebihi kebutuhan.

"Pendaftarannya selesai. Sekarang masih tahap pemeriksaan berkas administrasi," kata Abdi, Kamis (2/4/2024).

1. Pendaftar telah melebihi kebutuhan

Jumlah Pendaftar PPK di Makassar Capai 475 Orang, Banyak PPK LamaKomisioner KPU Makassar Abdi Goncing. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Jumlah PPK yang dibutuhkan yaitu sebanyak 75 orang. Mereka akan dibagi ke 15 kecamatan dengan alokasi sebanyak 5 orang per kecamatan. Sejauh ini, jumlah pendaftar melebihi kebutuhan.

"Pendaftar sudah mencukupi kuota untuk seluruh kecamatan yang ada, yakni dua kali kebutuhan. Berdasarkan regulasi yang ada, KPU Kota Makassar tidak melakukan perpanjangan pendaftaran lagi," kata Abdi.

2. Banyak PPK lama mendaftar kembali

Jumlah Pendaftar PPK di Makassar Capai 475 Orang, Banyak PPK LamaIlustrasi. Proses pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Abdi menjelaskan sebenarnya ada lebih dari 1.300 orang yang mendaftar. Namun hanya 660 orang yang status berkasnya diterima di SIAKBA. Kemudian, 475 orang yang telah menyerahkan berkasnya secara langsung.

"Ini yang sementara diperiksa berkasnya, apakah sudah sesuai dan lengkap atau belum," kata Abdi.

Dari semua pendaftar tersebut, Abdi mengaku banyak PPK Pemilu 2024 yang mendaftar kembali. Meski begitu, tidak ada prioritas untuk PPK lama.

"Iya, banyak berkasnya saya lihat orang-orang lama," katanya.

3. Tahapan selanjutnya pemeriksaan

Jumlah Pendaftar PPK di Makassar Capai 475 Orang, Banyak PPK LamaIlustrasi. Proses pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Pendaftaran badan adhoc PPK dibuka pada 23 hingga 29 April 2024. Tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan, penelitian administrasi pendaftaran pada 4 hingga 5 Mei 2024.

Kemudian, tahapan pengumuman nama-nama calon yang lolos. Mereka akan mengikuti tahapan tes tertulis yang dilaksanakan pada 6 hingga Mei 2024.

Setelah pendaftaran dan penerimaan berkas administrasi, tahapan akan dilanjutkan penelitian administrasi yang akan berlangsung sampai tanggal 3 Mei 2024.

Baca Juga: KPU Makassar Rekrut Ulang PPS dan PPK untuk Pilkada 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya