Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulbar Hari Ini

Jokowi diagendakan meresmikan sejumlah proyek strategis

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo diagendakan menghadiri sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Barat, hari ini, Selasa (23/4/2024). Jokowi sudah tiba di Mamuju, Sulbar, sejak Senin petang (22/4/2024), usai berkeliling daerah di Provinsi Gorontalo.

Presiden tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Sulbar, pada Senin pukul 15.55 Wita. Presiden didampingi tiga menteri, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kedatangan Presiden dan rombongan disambut Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrulloh.

Baca Juga: PLN Target Semua Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024

1. Jokowi resmikan proyek strategis nasional dan rehabilitasi pascagempa

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulbar Hari IniPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua terminal penumpang tipe A di Provinsi Sumatra Utara, Kamis (09/02/2023). (Dok. Setkab.go.id)

Pada kunjungan ini, Presiden Joko Widodo bakal meresmikan sejumlah proyek strategis nasional. Yaitu proyek rehabilitasi pascagempa yang mengguncang Sulbar 15 Januari 2021.

Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo disambut baik oleh masyarakat. Kunjungan Presiden disebut sebagai suatu kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Sulbar.

"Semoga seluru kegiatan pak Presiden dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya," kata Zudan.

2. Ini agenda Presiden Jokowi selama di Sulbar

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulbar Hari IniPj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Agenda utama Presiden di Sulbar adalah meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan terdampak gempa 6,2 M pada tahun 2021. Peresmian dipusatkan di SMK Negeri 1 Rangas, Kecamatan Simboro, Mamuju.

Dari Mamuju, Presiden selanjutnya akan berangkat dengan helikopter ke Kabupaten Mamasa. Di Mamasa Rombongan Presiden meninjau dua titik yakni Pasar dan RSUD Kondosapata. Setelah peninjauan, Presiden kembali Mamuju untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

Zudan mengatakan, pelaksanaan kunjungan di sejumlah titik seperti sekolah akan dibuat sederhana sehingga tidak sampai meliburkankan proses belajar mengajar. 

3. Pemprov antisipasi agenda alternatif Presiden

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulbar Hari IniPresiden RI Jokowi bersama menteri PUPR, Menhan, PJ Gubernur Jatim, PJ Bupati Madiun resmikan jalan Inpres di Dungus - Kare Madiun. IDN Times/ Riyanto.

Zudan mengatakan, Pemprov Sulbar juga mengantisipasi jika ada agenda alternatif dalam kunjungan kerja Presiden. Misalnya jika Presiden ingin meninjau proyek Inpres Jalan daerah.

"Kami juga masih melihat apakah beliau ingin melihat Inpres Jalan Daerah, kami serahkan sepenuhnya kepada beliau kita siapkan alternatif-alternatifnya bersama Sekreteriat militer dan protokol istana," ucap Zudan.

Baca Juga: Unik, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Teluk Mamuju

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya