Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS 

Berangkat dengan pesawat carter karena kehabisan tiket

Intinya Sih...

  • PSM Makassar menggunakan pesawat carter untuk ke Balikpapan karena sulitnya mendapatkan tiket pesawat komersial.
  • Klub menyediakan pesawat jenis ATR milik maskapai Wings Air untuk menghindari kelelahan akut sebelum bertanding.
  • Meskipun biaya lebih mahal, hasilnya sepadan dengan PSM memastikan tidak turun ke zona degradasi setelah meraih tiga poin krusial.

Makassar, IDN Times - Ada cerita di balik kemenangan PSM Makassar atas PSIS Semarang pada Selasa (16/4/2024) lalu. Ternyata, skuat Juku Eja terkena dampak arus balik lebaran di mana tiket pesawat komersil ke Balikpapan sangat susah diperoleh.

"Sangat sulit untuk mendapatkan tiket pesawat ke Balikpapan. Dan klub memang menyediakan pesawat carter untuk bisa terbang ke sini," ungkapnya selepas laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 tersebut rampung.

1. Skuat PSM Makassar berangkat ke Balikpapan menggunakan pesawat ATR karena kesulitan tiket

Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS Para pemain PSM Makassar saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada Senin 15 April 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Alhasil, Muhammad Arfan dan kawan-kawan diterbangkan ke Balikpapan menggunakan pesawat jenis ATR milik maskapai Wings Air. Keputusan ini sendiri ditempuh demi menghindari potensi kelelahan akut sebelum bertanding.

"Sebenarnya kita memiliki opsi lainnya, yakni terbang ke Jakarta dan tinggal satu malam di sana kemudian baru terbang ke Balikpapan besok paginya," ungkap Tavares tentang kemungkinan lain menuju ibu kota Kalimantan Timur tersebut.

2. Ada opsi kedua yakni bermalam di Jakarta, tapi dianggap tidak menguntungkan

Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS Salah satu momen pertandingan pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar melawan PSIS Semarang yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa 16 April 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Kendati ongkos yang harus dikeluarkan oleh manajemen jadi lebih banyak, juru taktik asal Portugal itu menyebut hasilnya sepadan. Tiga poin krusial didapatkan sekaligus memastikan PSM tidak akan turun ke zona degradasi.

"Tentu saja ini (opsi ke Jakarta dulu, red.) memakan energi lebih banyak dan lebih melelahkan. Jadi memang inilah opsi yang diambil oleh klub. Memang mahal, tapi pada akhirnya kita mendapat kemenangan," kata Tavares.

Baca Juga: Dapat Sanksi FIFA, Manajemen PSM Makassar Angkat Bicara

3. Situasi serupa sudah pernah dialami oleh Juku Eja saat bertandang ke Vietnam

Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS Para pemain Hai Phong FC merayakan gol kedua yang tercipta dalam laga matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 melawan PSM Makassar yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Susahnya penerbangan sempat PSM alami saat bertamu ke Vietnam untuk menjajal Hai Phong FC dalam matchday pertama AFC Cup 2023/24, September lalu. Mereka baru tiba di Kota Hai Phong pada hari pertandingan, setelah sempat bermalam di Ho Chi Minh City.

Akibatnya, kelelahan akut dialami oleh Pasukan Ramang saat itu. Keadaan semakin parah lantaran sejumlah pemain inti harus absen akibat cedera. Dengan kebugaran yang jeblok, mereka dibekuk skor tiga gol tanpa balas oleh tim tuan rumah.

Baca Juga: Taklukkan PSIS, Pelatih PSM Sanjung Performa Spartan Pemainnya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya