Comscore Tracker

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim Depan

Mereka mencuri perhatian di kasta kedua Liga Inggris

Jakarta, IDN Times - Banyak pemain dari Divisi Championship yang mampu mencuri perhatian dengan penampilannya di musim ini. Sebagian pemain di kasta kedua Liga Inggris itu pun memikat tim Premier League untuk memboyongnya ke kasta tertinggi.

Salah satu contohnya adalah eks gelandang Hull City, Jarrod Bowen. Dia tampil apik bersama Hull di Championship pada setengah musim dengan sumbangsih 16 gol dan 6 asis, sehingga diangkut West Ham United pada bursa transfer Januari. Bowen yang diboyong dengan harga £19,4 juta membawa The Hammers selamat dari jerat degradasi.

Selain Bowen, masih ada talenta lain dari Championship yang layak bermain Premier League musim depan. Berikut 10 nama mereka yang dirangkum oleh IDN Times.

1. Said Benrahma (Brentford)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanWinger Brentford asal Aljazair, Said Benrahma. Namanya kini dikaitkan dengan klub-klub Premier League berkat performa impresif di Championship. Twitter/@WhoScored

Said Benrahma bisa dibilang bintang paling bersinar di Championship musim ini. Gelandang Brentford itu menyarangkan 17 gol, mencatat 8 asis, serta membawa klubnya ke babak play off. Jika klubnya gagal merebut tiket promosi, klub Premier League layak mengangkut pemain berusia 24 tahun itu.

Sejauh ini sudah ada tiga klub kasta teratas Liga Inggris yang siap mengantre tanda tangan Benrahma, yaitu Aston Villa, Chelsea, dan Arsenal. Pemain ini bisa jadi solusi terjangkau bagi klub yang mengincar winger lincah, sebab nilai transfernya di bawah £30 juta.

2. Jed Wallace (Millwall)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanGelandang andalan Milwall, Jed Wallace. Twitter/@jedwallace12

Jagoan Millwall, Jed Wallace juga bersinar di Championship musim ini. Meski klubnya hanya mampu finis di posisi 8, pemain berusia 26 tahun ini berhasil mencetak 10 gol dan 13 asis.

Wallace bisa jadi solusi terjangkau bagi klub-klub papan tengah Premier League. Di usia keemasannya, dia bisa ditebus dengan transfer di bawah £20 juta.

Baca Juga: 5 Bintang Divisi Championship yang Siap Naik Kelas ke Premier League

3. Eberechi Eze (Queens Park Rangers)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanPlaymaker Queens Park Rangers, Eberechi Eze, jadi salah satu pemain muda yang menonjol musim ini. Twitter/@WhoScored

Playmaker Queens Park Ranger (QPR) Eberechi Eze termasuk salah satu gelandang muda terbaik Championship musim ini. Di usia 22 tahun, dia tampil apik dengan koleksi 14 gol dan 8 asis sepanjang musim. Tapi timnya inkonsisten dan gagal ke Premier League musim depan.

Eze dikenal dengan gaya main flamboyan dan bisa jadi sumber kreativitas tim. Cock banget bagi klub Premier League yang butuh playmaker andal dan masih berusia muda. Apalagi di timnya, dia sudah dipercaya jadi pemain inti.

4. Ollie Watkins (Brentford)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanPenyerang andalan Brentford, Ollie Watkins. Twitter/@cpfc_xtra

Ollie Watkins adalah striker yang layak jadi buruan tim Premier League musim depan. Cepat, lincah, dan tajam, pemain berusia 24 tahun ini sukses mencetak 25 gol di Championship musim ini dan sementara ini menguntit Aleksandar Mitrovic di daftar top skor.

Sejauh ini, Crystal Palace jadi tim yang berminat kepada penyerang yang juga fasih dimainkan melebar ini. Dengan usia masih relatif muda dan harga yang tak akan lebih dari £25-£30 juta, Watkins bisa jadi strikr andalan tim-tim papan tengah Premier League musim depan.

5. Marek Rodak (Fulham)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanKiper Fulham asal Slovakia, Marek Rodak. Twitter/@sporf

Marek Rodak adalah kiper sensasi di Championship musim ini. Ia sukses menggeser Marcus Bettinelli sebagai kiper utama Fulham musim ini. Padahal, musim 2019/2020 adalah musim debutnya di tim utama Fulham!

Di bawah kawalannya, Fulham sukses jadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik di antara 3 tim lain yang lolos ke babak play off. Dengan usia masih 23 tahun dan banderol yang hanya di kisaran £10 juta saja, Rodak bisa jadi pembelian murah meriah untuk tim Premier League yang butuh kiper pelapis atau kiper inti dengan usia muda dan kualitas mumpuni.

Tambahan lagi, karena bergabung di Fulham sejak 2013 atau saat usianya masih 16 tahun, Marek Rodak juga berstatus homegrown player!

6. Joe Bryan (Fulham)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanJoe Bryan (kiri) adalah salah satu pemain andalan Fulham musim ini. Twitter/@fulhamfc

Masih ingat saat Andrew Robertson dibeli oleh Liverpool dari Hull City dengan harga hanya £7 juta saja? Nah, tim-tim Premier League kini bisa mengulangi kegemilangan Liverpool kala itu dengan menengok kiprah bek kiri Fulham, Joe Bryan.

Bek kiri berusia 26 tahun ini jadi salah satu andalan Fulham musim ini karena performanya yang konsisten dan sumbangsih asisnya yang banyak. Ia punya catatan 1 gol dan 7 asis di Championship musim ini. Dengan asumsi Fulham gagal promosi, Bryan bisa jadi the next Robertson yang dibeli murah dari tim Championship lalu banjir gelar di Premier League!

Baca Juga: 3 Tim Championship yang Bisa Susul Leeds United ke Premier League

7. Shaun Hutchinson (Millwall)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanBek jangkung Millwall FC, Shaun Hutchinson. Twitter/@shaunhutchy23

Shaun Hutchinson adalah nama yang mungkin sangat asing bagi penikmat Liga Inggris. Wajar, karena sepanjang kariernya, bek berusia 29 tahun ini hanya berkecimpung di klub seperti Motherwell, Fulham, sebelum hijrah ke Millwall pada Juli 2016.

Tapi kini, Hutchinson punya peluang hijrah ke Premier League. Performa briliannya di Championship musim ini membuatnya masuk radar tim-tim papan tengah Premier League seperti Brighton & Hove Albion dan tim promosi baru, West Bromwich Albion. Apalagi, Hutchinson juga dinobatkan WhoScored sebagai 1 dari 11 penampil terbaik di Championship musim 2019/2020.

8. Andre Ayew (Swansea City)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanGelandang Swansea City, Andre Ayew. Twitter/@ayewandre

Siapa sangka, Andre Ayew ternyata "masih" bermain di Swansea City dan kini ia sukses membawa The Swans ke jalur play off. Karier Ayew memang unik. Didatangkan ke Swansea pada musim panas 2015, ia meninggalkan klub tersebut pada musim panas 2016 untuk bergabung bersama West Ham.

Namun uniknya, pada Januari 2018 ia kembali diboyong oleh Swansea hanya untuk dipinjamkan ke Fenerbahce pada musim panas 2018. Satu tahun di Turki, kakak Jordan Ayew ini kembali ke Swansea pada musim panas 2019 dan menjelma jadi andalan Swansea.

Di Championship musim ini, ia hampir tak tergantikan dan bermain di 44 laga dengan sumbangsih 15 gol dan 7 asis. Dengan usia 30 tahun, pemain Timnas Ghana ini menunjukkan bahwa ia masih bisa bersaing di level tertinggi. Saatnya tim-tim papan tengah Premier League melirik eks bintang Marseille ini?

9. Sean Morisson (Cardiff City)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanBek tangguh Cardiff City, Sean Morrison. Twitter/@threebluebirds_

Sean Morrison adalah bek ortodoks Inggris yang kini mulai jarang mendapat atensi d i Premier League. Ia tinggi besar dan kuat dalam duel udara. Salah satu andalan Cardiff City untuk mencetak gol musim ini dari situasi bola mati.

Dengan usia 29 tahun, Morrison sejatinya masih cukup oke bergabung di tim papan menengah ke bawah seperti Burnley atau Newcastle United, namun Burnley nampaknya jadi tim yang lebih cocok untuk pemain seperti Morrison. Disandingkan dengan Ben Mee atau James Tarkowski, ia bisa membuat lini belakang Burnley jadi target berbahaya dalam situasi bola mati.

10. Josh Dasilva (Brentford)

10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim DepanGelandang tengah Brentford, Josh Dasilva. Twitter/@brentfordfc

Nama Josh Dasilva tentu tak asing bagi penggemar Arsenal. Pasalnya, ia memang produk akademi Arsenal yakni Hale End Academy. Tak mendapat peluang di Arsenal, Dasilva bergabung bersama Brentford pada musim panas 2018. Musim 2019/2020, ia mulai menampakkan sinarnya.

Bermain sebagai gelandang tengah, Dasilva punya catatan lumayan oke dengan 10 gol dan 4 asis di Championship musim ini. Ia juga piawai dimainkan sebagai gelandang tengah, gelandang bertahan, bahkan bek kanan atau kiri jika kondisi darurat.

Dengan usia masih 21 tahun, Josh Dasilva bisa diboyong klub-klub Premier League yang butuh pemain versatile dengan harga di kisaran £5-£8 juta saja. Solusi murah meriah, bukan?

Baca Juga: Hati-hati Premier League, Brentford Siap Datang Mengancam!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya