Comscore Tracker

PSSI Batalkan Restart Liga 1 2020 di Oktober

PSSI masih berharap kompetisi bisa dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 ditunda. Kompetisi sedianya digelar kembali atau restart pada 1 Oktober 2020.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya merima keputusan pemerintah melalui Polri yang tidak memberikan izin keramaian untuk pertandingan Liga 1 dan Liga 2. Sebab pertimbangannya, angkat penyebaran COVID-19 masih tinggi.

"Polri juga keluarkan maklumat untuk tak mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan. Tentu kami federasi memahami keputusan belum diizinkan atau menunda Liga 1 dan Liga 2 diputar kembali, karena alasan kemanusiaan," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule pada konferensi pers di kantor Kemenpora, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?

1. PSSI tetap berharap kompetisi bisa dilanjutkan

PSSI Batalkan Restart Liga 1 2020 di OktoberKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat diwawancarai di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (9/2). IDN Times/Fitria Madia

PSSI, kata Iwan, meminta semua pemangku kepentingan di sepak bola mengerti soal penundaan kompetisi. Dia menyampaikan apresiasi kepada klub yang sudah berkorban mempersiapkan tim demi melanjutkan kompetisi.

Semua klub, pemain, wasit, dan semua perangkat pertandingan diharapkan tetap semangat dan berdoa pandemik COVID-19 segera berakhir. 

"PSSI yakin dan optimistis lanjutan Liga 1 dan Liga 2 insyaaalah pada waktu yang tepat nanti bakal digulirkan kembali. Kita berdoa mudah-mudahan COVID-19 bisa menurun," ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

2. Polisi tidak mengeluarkan izin keramaian

PSSI Batalkan Restart Liga 1 2020 di OktoberKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihaknya tidak mengizinkan kompetisi Liga 1 2020 digelar 1 Oktober 2020.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian," kata Argo kepada IDN Times, Senin (28/9/2020).

Argo menjelaskan sejumlah pertimbangan mengapa kompetisi Liga 1 dan 2 tak diizinkan. Pertama, kasus COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan.

"Polri bersama TNI serta stakeholder terkait sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan Operasi Yustisi di semua jajaran," ujarnya.

3. PT LIB bentuk Satgas Penanganan COVI-19

PSSI Batalkan Restart Liga 1 2020 di OktoberPemain PSM Makassar, Hasyim Kipuw (tiga dari kiri), berusaha mendang bola di dalam kotak penalti Persib Bandung, pada pertandingan pekan terakhir Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Satgas dipimpin oleh Direktur Operasional PT LIB, Irjen Pol (P) Drs Sudjarno.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, Satgas Penanganan Covid-19 akan memantau dan berkoordinasi secara langsung protokoler kesehatan di kompetisi nasional.

“Kami akan terus berkomunikasi dalam banyak hal yang terkait dengan penanganan Covid-19. Termasuk antisipasi, langkah preventif, penanganan, solusi, sampai dengan detail-detail yang berhubungan langsung dengan pertandingan serta kompetisi,” kata Ahmad dalam laman Liga Indonesia, Senin malam.

Akhmad meyakini pembentukan Satgas akan memberikan dampak positif. Tak hanya pada kedisiplinan pelaksanaan protokoler kesehatan di level klub, pemain, dan pelaksana pertandingan, melainkan juga berkonstribusi pada masyarakat secara luas.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persib Bandung, PSM Makassar Sudah Kantongi Strategi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya