Comscore Tracker

Sandiaga Usul Referendum Ibu Kota Baru, Begini Kata Moeldoko

Pemerintah telah meminta ijin ke dewan

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan pernyataan terkait pemindahan ibu kota negara. Sandiaga ingin hal tersebut dikaji secara menyeluruh dari segala aspek. Bahkan, harus dilakukan referendum dengan melibatkan seluruh rakyat Indonesia. 

Pernyataan tersebut direspons Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Menurutnya, aspirasi untuk merespons rencana pemindahan ibu kota sudah diwakilkan oleh anggota dewan.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai kajian tentang rencana pemindahan ibu kota dan dampaknya untuk beberapa tahun ke depan.

1. Menurut Moeldoko tidak perlu dilakukan referendum

Sandiaga Usul Referendum Ibu Kota Baru, Begini Kata MoeldokoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait usulan referendum yang dikatakan Sandiaga tersebut, Moeldoko menuturkan bahwa masyarakat Indonesia sudah memikili wakil rakyat yang bisa mewakili suara mereka. Dia mengatakan Jokowi sudah meminta izin kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan di Sidang Tahunan MPR.

"Saya pikir kita punya dewan yang mewakili ada anggota dewan. Kemarin Presiden minta izin kepada anggota dewan untuk nantinya bisa merestui karena nanti akan dilarikan ke Undang-Undang. Jadi tidak sejauh itulah," kata Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Baca Juga: Ibu Kota Baru di Kalimantan, Bagaimana Rencana Transportasi di Sana?

2. Dampak pemindahan ibu kota harus dilihat beberapa tahun ke depan

Sandiaga Usul Referendum Ibu Kota Baru, Begini Kata MoeldokoIDN Times/Hana Adi Perdana

Rencana pemindahan ibu kota juga mendapatkan kritikan dari oposisi. Sejumlah pihak menyebut pemindahan ibu kota belum menjadi urgensi saat ini dan hanya membuang anggaran negara. Menanggapi hal itu, Moeldoko menerangkan bahwa dampak pemindahan ibu kota harus dilihat untuk beberapa tahun ke depan, jangan dipikirkan hanya untuk waktu dekat.

"Kalau tidak dimulai, kapan lagi? Karena inisiasi mengembangkan ibu kota kan sudah lama. Kalau dipikirkan terus kan tidak terealisasi. Terus kapan mau move on-nya? Ini mau di-move on-kan," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Sofyan Djalil Keceplosan Sebut Ibu Kota Baru RI Terletak di Kaltim

3. Pemerintah telah mengkaji permasalahan lingkungan

Sandiaga Usul Referendum Ibu Kota Baru, Begini Kata MoeldokoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pegiat lingkungan khawatir bila Kalimantan dijadikan lokasi ibu kota baru. Sebab, pemindahan ibu kota dinilai akan merusak kelestarian hutan dan lahan yang ada di sana. Terkait itu, Moeldoko menyampaikan bahwa semua telah ada kajiannya, termasuk dari sisi lingkungan.

"Oh itu sudah dihitung jadi sisi ekologinya. Kan ada pertimbangan lingkungannya seperti apa. Menteri Lingkungan sudah membuat kajian-kajian, pasti sudah dipikirkan," jelas mantan Panglima TNI tersebut.

4. Sandiaga usul referendum terkait pemindahan ibu kota

Sandiaga Usul Referendum Ibu Kota Baru, Begini Kata MoeldokoIDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Sandiaga sempat mengusulkan referendum terkait rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Sandiaga berpendapat, masyarakat juga harus dilibatkan karena banyak pertimbangan yang harus dikaji sebelum memindahkan ibu kota. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Pemindahan Ibu Kota Penting Gak Sih?

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You