TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap Bucin yang Sebaiknya Kamu Hindari dalam Pacaran, Tidak Sehat!

Apalagi kalau kamu sudah cemburu berlebihan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Andre Furtado)

Dalam menjalani hubungan asmara, mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan adalah hal yang wajar. Namun, ketika cinta yang ditunjukkan berlebihan hingga mengorbankan diri sendiri atau bahkan merugikan hubungan, kamu mungkin sudah masuk ke dalam fase bucin, alias budak cinta.

Masalahnya, menjadi bucin kerap dianggap sebagai bentuk cinta yang tulus. Padahal, jika dilakukan secara tidak bijaksana, nantinya bisa berdampak buruk dalam hubungan. Nah, agar hubunganmu tetap sehat dan seimbang, berikut ini beberapa sikap bucin yang sebaiknya kamu hindari dalam berpacaran.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Terlalu Bucin dengan Pacar, Secukupnya Aja! 

1. Mengabaikan kebutuhan diri sendiri

Ketika cinta sudah menguasai diri, besar kemungkinan kamu akan mulai mengabaikan kebutuhan diri sendiri. Kamu akan lupa dengan urusan pribadi dan hanya memikirkan kepentingan pasangan.

Berada di tahap ini jelas menjadi pertanda yang tidak sehat bagi hubungan dan diri sendiri. Sebab, jika sudah terlalu fokus pada pasangan, kamu akan lupa merawat diri sendiri. Alhasil, identitas dan kebahagiaan pribadi pun akan terenggut.

2. Memprioritaskan pasangan di atas segalanya

Memprioritaskan pasangan memang hal yang positif. Namun, jika terlalu berlebihan hingga mengorbankan kepentingan yang lain seperti keluarga, teman, atau bahkan sekolah dan pekerjaan, tentu itu menjadi hal negatif.

Cobakah menetapkan batasan dalam hubungan. Komunikasikan juga kepada panganmu tentang batasan yang kamu tetapkan. Jangan sampai ada yang egois hingga mengesampingkan kepentingan yang lain. Itu tentu tanda bucin yang tidak sehat.

3. Mengalah tanpa alasan yang jelas

Mengalah dalam sebuah hubungan memang diperlukan untuk keseimbangan. Namun, jika kamu selalu menyerah dalam setiap perdebatan atau masalah tanpa pertimbangan yang baik, itu tandanya kamu sudah melewati batas.

Jangan biarkan hal ini terus terjadi dalam hubunganmu. Membiarkan hal ini berarti kamu sudah dikuasai oleh pasangan dan hubungan akan terus berjalan secara tidak seimbang.

4. Cemburu berlebihan

Cemburu adalah masalah yang lumrah terjadi pada tiap pasangan. Bahkan, cemburu ini dianggap hal yang biasa terjadi dan biasa diselesaikan setiap harinya. Kedua pihak merasa cemburu adalah bentuk dari ungkapan cintanya.

Padahal, cemburu bisa menjadi tanda ketidakpercayaan dan dapat merusak hubungan. Kamu harus segera mempertanyakan diri sendiri atau pasanganmu terhadap hal ini. Cobalah untuk mulai mengendalikan rasa cemburu itu agar hubungan tetap harmonis.

5. Mendukung kebiasaan buruk pasangan

Mendukung kebiasaan buruk pasangan adalah kebiasaan yang sering terjadi kepada pasangan yang terlalu bucin. Mereka selalu mewajarkan dan membiasakan kebiasaan buruk pasangan karena takut ungkapannya menyakiti hati.

Pemikiran seperti ini biasanya juga didukung oleh logika berpikir yang salah. Mereka berpikir bahwa mereka bisa menerima sikap baik dan buruk pasangannya. Padahal, pasangan yang baik justru harus memberi masukan kepada pasangan tentang sikap buruknya agar kedepannya bisa diperbaiki.

Membangun hubungan yang baik memang sulit. Beberapa sikap bucin pun bisa menjadi masalah yang serius jika terlalu berlebihan. Namun, jika kamu bisa mewaspadai sikap-sikap di atas, hubunganmu mungkin bisa tetap terjaga dan seimbang.

Baca Juga: 100 Ide Nama Kontak Pacar Aesthetic, Bikin Doi Salah Tingkah

Verified Writer

Rasya Alfarizi

Hakuna Matata🎶

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya