TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Sikap Mematikan yang Harus Kamu Hindari saat Bertemu Mantan

Jaga ketenangan dan kepercayaan diri di hadapan mantan

ilustrasi pertemuan (pexels.com/iPrice Group)

Ketika seseorang bertemu dengan mantan kekasih, situasi ini bisa menjadi momen yang sangat sensitif dan penuh emosi. Sikap yang ditunjukkan dalam pertemuan tersebut dapat memengaruhi perasaan kedua belah pihak.

Oleh karena itu, penting untuk memahami enam sikap yang sebaiknya dihindari saat bertemu mantan. Sikap-sikap ini akan membantu menjaga situasi tetap tenang, menghormati perasaan masing-masing, dan menghindari konflik yang tidak perlu. Dalam pembahasan berikut, kita akan menguraikan keenam sikap tersebut secara lebih mendalam.

Baca Juga: 5 Alasan Memutus Komunikasi dengan Mantan, Demi Ketenangan Hidupmu

1. Tidak menjaga batasan

ilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Monstera Production)

Ketika bertemu mantan, adalah penting untuk menjaga batasan pribadi. Mengajukan pertanyaan yang terlalu pribadi atau mencoba untuk mengetahui detail kehidupan pribadi mereka yang baru bisa mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Hindari bertanya tentang hubungan atau kehidupan cinta mereka yang sekarang, serta menghindari berbicara tentang topik sensitif yang mungkin menyinggung perasaan mereka.

2. Rasa kepemilikan

ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Thirdman)

Menganggap diri sendiri sebagai pemilik mantan adalah sikap yang harus dihindari. Kita perlu mengingat bahwa setiap individu memiliki hak untuk menjalani kehidupan mereka dengan siapa pun yang mereka pilih.

Terlalu cemburu atau posesif bisa merusak hubungan yang masih baik dengan mantan. Lebih baik fokus pada pertemuan yang berlangsung tanpa konflik dan rasa cemburu yang berlebihan.

3. Mengkritik atau membandingkan

ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Thirdman)

Membandingkan mantan dengan pasangan yang baru atau mengkritik pilihan hidup mereka adalah sikap yang tidak bijaksana. Ini bisa menyakiti perasaan mereka dan menciptakan ketegangan yang tidak perlu.

Sebaliknya, lebih baik memberikan dukungan dan menjaga percakapan positif, atau bahkan menghindari topik tersebut jika perlu.

4. Mencoba memulihkan hubungan

ilustrasi pertemuan (pexels.com/fauxels)

Jika hubungan sudah berakhir, mencoba memulihkannya secara paksa saat bertemu mantan adalah sikap yang harus dihindari. Apabila yang terjadi adalah mantan bisa mendapatkan kembali hubungan mereka, itu harus dilakukan dengan dasar yang sehat dan kesepakatan bersama.

Mencoba memaksakan kembali hubungan saat pertemuan pertama setelah putus bisa berakhir dengan lebih banyak ketidaknyamanan.

5. Menyebarkan gosip atau rahasia

ilustrasi pertemuan (pexels.com/fauxels)

Tidak menjaga rahasia atau menyebarkan gosip tentang mantan adalah perilaku yang tidak etis dan dapat merusak reputasi kita. Ini juga bisa menciptakan rasa kekhawatiran dan ketidakamanan saat bertemu mantan.

Jaga kerahasiaan dan hindari berbicara negatif tentang mereka, meskipun hubungan telah berakhir.

Baca Juga: 6 Tanda Gagal Move On saat Mantan Punya Pasangan Baru, Bad Mood?

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya