TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Suka Duka Memiliki Pasangan yang Mendukungmu dalam Segala Hal

Menjadi suportif juga perlu diperhatikan porsinya

ilustrasi saling mendukung (pexels.com/Samson Katt)

Membangun hubungan asmara yang suportif tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Menjadi pasangan yang suportif artinya dibutuhkan sikap saling mendengarkan, memperhatikan, mendukung, bahkan membantu satu sama lain. Memiliki pasangan yang kerap mendukung kita dalam segala hal tentu mendatangkan beragam manfaat bagi perkembangan diri maupun hubungan yang dijalani.

Meskipun demikian, kita dan pasangan juga perlu memahami porsi yang wajar dalam memberikan dukungan satu sama lain. Pasalnya memberikan dukungan pada pasangan dalam segala hal juga bisa mendatangkan dampak buruk lantaran porsinya yang berlebihan. Berikut beberapa suka duka yang dialami saat memiliki pasangan yang mendukung kita dalam segala hal.

Baca Juga: 11 Film Jepang untuk Pasangan Suami Istri, Cocok untuk Quality Time

1. Selalu yakin kepada kemampuan kita dalam mencapai tujuan

Kita perlu bersyukur apabila memiliki pasangan yang selalu mendukung dalam segala hal. Pasalnya hal tersebut dapat berpengaruh pada kelangsungan hubungan yang dijalani. Dukungan tersebut menjadi tanda bahwa pasangan kita selalu yakin pada kemampuan yang kita miliki.

Sekalipun kita merasa pesimis, ia akan tetap memberikan suntikan semangat untuk kita. Memiliki support system yang demikian mendorong kita untuk tetap maju, alih-alih memilih berhenti. Bahkan dunia yang terkadang kejam terasa hangat untuk dijalani apabila terdapat dukungan penuh dari orang terkasih.

2. Kerap memberikan motivasi dan afirmasi guna perkembangan diri

Memiliki pasangan yang suportif akan mendorong kita untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Ia kerap menghargai dan merayakan segala bentuk pencapaian yang kita raih. Pasalnya pasangan yang kerap mendukung kita cenderung mudah memberikan motivasi dan afirmasi.

Lingkungan yang demikian sangat membantu kita dalam proses perkembangan diri. Begitulah hal positif yang bisa kita peroleh ketika memiliki pasangan yang bersedia untuk terus mendukung dalam segala hal. Maka, sudah semestinya kita juga belajar untuk mendukungnya supaya terjadi hubungan timbal balik guna menciptakan kebahagiaan dalam hubungan.

3. Memberikan ruang kepada kita untuk menentukan setiap pilihan

Memiliki pasangan yang selalu mendukung kita tentu mendatangkan beragam dampak positif. Salah satunya yakni pasangan berusaha memberikan ruang bagi kita untuk menentukan setiap pilihan. Artinya kita diberi kebebasan untuk memilih guna proses perkembangan diri, alih-alih dikekang.

Hubungan yang dibangun dengan prinsip saling mendukung dan saling memahami adalah dasar keharmonisan. Sehingga kedua pasangan mampu menghadapi berbagai tantangan dalam hidup dengan lebih baik. Maka, berbahagialah kita apabila memiliki pasangan yang memahami dengan baik makna dukungan.

4. Cenderung membenarkan segala tindakan yang kita lakukan

Selain manfaat yang diperoleh, memiliki pasangan yang selalu mendukung juga mampu mendatangkan hal kurang baik. Di sisi lain, pasangan bisa saja membenarkan segala tindakan yang kita lakukan dengan dalih dukungan. Hal demikian tentu bisa menghambat kemajuan diri kita lantaran ia tidak berusaha melihat situasi dari sudut pandang yang lain.

Dinamika tersebut tentu akan semakin mendalam dari waktu ke waktu. Sehingga ada baiknya pasangan kita mampu membaca situasi dan berlatih menggunakan sudut padangnya yang lebih objektif. Sebab terkadang orang yang tidak melulu memihak adalah yang sebenarnya kita butuhkan guna proses perkembangan diri.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya