TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memahami Pasangan dengan Love Language Quality Time, Catat!

Tak hanya soal menghabiskan waktu bersama

ilustrasi sepasang kekasih menghabiskan waktu bersama (pexels.com/Pixabay)

Punya pasangan yang senang menikmati waktu bersama? Mungkin bahasa cintanya adalah quality time. Sebagai pasangan yang pengertian, penting untuk mengetahui love language pasanganmu agar hubungan bertahan lama dan terhindar dari miskomunikasi.

Menurut Dr. Gary Chapman dikutip dari laman SimplyPsychology, quality time adalah salah satu dari lima bahasa cinta. Orang dengan love language ini merasa dicintai ketika sering menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangannya.

Kira-kira, bagaimana cara yang tepat untuk memahami pasangan yang punya love language quality time? Kupas bersama, yuk!

Baca Juga: 9 Tips Bahagiakan Pasangan ala Artis Korea, Kunci Hubungan Awet

1. Ajak pasangan melakukan aktivitas menyenangkan

Ada banyak jenis aktivitas menyenangkan, tetapi seringkali yang dilakukan terasa klise seperti dinner di restoran atau berbelanja di mall. Cobalah untuk membawa pasanganmu melakukan sesuatu yang baru dan belum pernah ia coba, seperti piknik di taman kota, menjelajahi kebun binatang, hiking, atau mengunjungi tempat baru yang belum pernah ia kunjungi. Hal ini bisa memberikan pengalaman yang segar dan berbeda.

Jika ingin memberikan pengalaman yang lebih berkesan, pertimbangkan untuk melakukan kegiatan yang juga bermanfaat bagi orang lain. Ajak pasanganmu untuk terlibat dalam kegiatan sosial atau volunteer, seperti mengajar anak-anak di daerah terpencil. Selain membuat momen kalian lebih berharga, kegiatan ini juga akan meaningful bagi banyak orang.

2. Ceritakan banyak hal hingga waktu terasa lebih cepat berlalu

Bagi orang dengan love language quality time, aktivitas sederhana seperti mengelilingi kota di malam hari atau duduk santai di kafe bisa sangat menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama pasangan. Sambil menikmati kopi, kamu bisa berbagi cerita tentang dirimu atau hal-hal random yang bisa membuatnya tertawa. Kamu bisa minta pendapatnya tentang sesuatu, kesukaannya, atau preferensinya soal barang.

Berbagi cerita dan meminta pendapatnya tentang berbagai hal menunjukkan keterbukaan dan membangun kepercayaan. Pasanganmu jadi merasa bahwa ia adalah orang yang dapat kamu andalkan. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami pasanganmu dan memperdalam hubungan kalian, sehingga bisa semakin mengenal satu sama lain.

3. Siap siaga jadi pendengar yang baik

Jadi pendengar yang baik harusnya sudah menjadi salah satu tanggung jawab sebagai pasangan, terlepas dari love language apapun, bukan? Namun, bagi orang yang memiliki love language quality time, ia akan merasa senang bila celotehannya didengarkan dan direspon dengan baik. Orang dengan love language ini seringkali gak mendapatkan hal itu di lingkungannya. lalah yang keseringan jadi pendengar!

Makanya saat menjalin hubungan, ia tanpa sadar menaruh ekspektasi kepada pasangannya untuk menjadi pendengar yang baik. Seringkali orang-orang yang kelihatan pendiam akan jadi yang paling cerewet bila sudah pacaran karena ia gak bisa mengekspresikan pikiran dan perasaannya di antara teman-teman atau keluarganya. Coba perhatiin pasanganmu, deh!

4. Kenali hobi pasangan dan lakukan bersama

Setiap orang pasti akan merasa bahagia bila merasa dipahami, bukan? Dengan mengenal hobi dan kesukaannya, pasanganmu akan merasa bahwa ia dipedulikan. Kamu bisa mulai dengan melihat apa yang sering ia bahas, yang menarik perhatiannya, atau boleh tanyakan langsung saat kamu sedang menghabiskan waktu dengannya.

Kalau pasanganmu senang dengan hal-hal berbau seni, kamu bisa ajak dia mengikuti workshop seperti clay art date, painting date, atau sekadar mengajaknya mengunjungi berbagai museum di akhir pekan. Sesuaikan kegiatan yang akan kamu lakukan bersama pasangan dengan kegemarannya. Meski kelihatan sepele, menunjukkan minat terhadap hobinya akan sangat berarti, lho!

Verified Writer

Fani Ariska

Im just writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya