TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pandemik COVID-19 Bikin Orang FODA, Takut Berkencan

Takut berinteraksi sosial hingga memulai hubungan romantis

Pexels/Tirachard Kumtanom

Makassar, IDN Times - Sebagian dari kita mungkin sudah akrab dengan istilah "Fear of Missing Out" alias FOMO, yaitu kondisi takut tertinggal tren atau segala sesuatu di lingkungan sosialnya. 

Kini, ditemukan sebuah tren baru yang namanya mirip. Yaitu "Fear of Dating Again" alias FODA, sebuah tren terkait hubungan khususnya takut berkencan. Apa itu?

Baca Juga: [QUIZ] Rancang Jadwal Kencan Andalanmu, Kami Tahu Bahasa Cintamu

1. Takut berinteraksi sosial hingga memulai hubungan romantis

pexels.com/Juan Pablo Arenas

Tren FODA lahir sebagai dampak dari pandemik COVID-19 yang berkepanjangan. Sebab ada penjagaan jarak sosial hingga pembatasan kegiatan di luar rumah. Hingga akhirnya tak sedikit yang mengalami kondisi takut memulai interaksi sosial hingga sebuah hubungan romantis.

Seperti yang dialami oleh Eric Buttelman (26), pria asal New York. Dia menceritakan bahwa dia kehilangan semangat dan juga gairah untuk kembali berkencan setelah satu tahun pandemi memaksa dirinya untuk tidak berinteraksi dengan orang secara langsung di luar rumah.

“Saya terjebak dalam banyak fase pembicaraan daring dengan wanita selama lockdown, tidak satu pun dari mereka akhirnya menjadi kencan yang nyata karena tidak ada perasaan di dalamnya,” kata Eric dikutip Antara dari New York Post, Selasa, 3 Agustus 2021.

2. Orang mempertanyakan apakah dia perlu kencan

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Contoh lain dari FODA yang dilahirkan akibat penyebaran masif virus SARS-CoV-2 secara global turut dialami seorang wanita asal Astoria bernama Daniella Orellana (30).

Ia ada di dalam tahap meragukan persona seseorang bahkan sebelum bertemu secara langsung, ia mempertanyakan dirinya sendiri apakah ia perlu melakukan kencan.

“Teman saya bertanya, ‘Anda tahu kan ada pria yang tertarik pada anda, kan?’, tapi sebenarnya saat ini saya tidak bisa memahami hal seperti itu. Padahal itu bukan masalah ketika pandemi berlangsung,” kata wanita yang belum pernah berkencan sejak adanya pandemi COVID-19.

Baca Juga: 5 Momen saat Kencan yang Bisa Bongkar Karakter Asli Gebetan!

Berita Terkini Lainnya