TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sederhana Menunjukkan Hormat pada Perasaan Orang Lain

Terapkan ini untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi

ilustrasi orang saling berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Menjalin hubungan baik dengan orang lain harus menunjukkan perilaku yang dapat menghormatinya. Tanpa ini, lawan bicaramu tidak akan bersedia untuk menyediakan waktunya untukmu. Jadi, tunjukkan rasa hormatmu dengan baik.

Melakukan perilaku yang dapat menghormati orang lain tidak harus suatu hal yang besar. Kamu hanya perlu menunjukkan hal kecil sederhana saja untuk menghormati perasaan orang lain. Cara sederhana ini juga mudah untuk dilakukan kepada siapa saja dan di mana saja. Tidak ada alasan untuk menghindarinya.

Baca Juga: 5 Efek Jika Terlambat Menyatakan Perasaan, Kekecewaan dan Penyesalan

1. Dengarkan dengan sungguh-sungguh

Mendengarkan adalah perilaku kecil yang harus kamu tunjukkan kepada orang lain. Tindakan sederhana ini akan dapat membuat orang lain merasa dihormati. Perasaan seseorang yang didengarkan juga akan terasa sangat baik jika diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Berikan perhatian penuh saat orang lain berbicara. Hindari interupsi saat seseorang sedang berbicara denganmu. Tunjukkan bahwa kamu memahami perasaan mereka. Ini adalah tindakan kecil yang terkadang diremehkan orang lain, yang akhirnya tidak menunjukkan sikap menghormati.

2. Validasi perasaan

Memvalidasi perasaan orang lain juga perlu dilakukan. Validasi ini berarti menunjukkan bahwa kamu menghormati dan memahami pengalaman emosional mereka. Tujuannya adalah membuat mereka merasa didengar dan diterima, yang akhirnya dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dan dihargai.

Misalnya, jika seseorang merasa sedih, kamu bisa menunjukkan jawaban yang menjelaskan penerimaanmu terhadap perasaan yang dirasakan orang tersebut. Mereka akan sangat merasa dihargai jika kamu melakukannya. Kepercayaan dan kedekatan akan terbangun dengan tindakan validasi seperti ini.

3. Hindari menghakimi

Menghindari menghakimi ini berarti menerima perasaan orang lain tanpa membuat penilaian cepat. Jadi, fokus pada pemahaman dalam sebuah obrolan dan beri dukungan kepadanya, bukan kritik.

Namun, menunjukkan rasa hormat pada perasaan orang lain seperti ini biasanya terhalang oleh ego. Sebab proses terjadinya penghakiman dalam sebuah obrolan biasanya karena ada emosi yang menguasai. Membanding-bandingkan masalah orang adalah salah satu contohnya.

4. Berempati

Kemampuan berempati juga diperlukan untuk menunjukkam rasa hormat pada perasaan orang lain. Tidak heran, empati ini memang kemampuan utama untuk manusia bersosialisasi. Jadi, selalu terapkan hal ini kepada siapa saja.

Kamu bisa berempati kepada orang lain dengan melihat situasi dari sudut pandang mereka. Tunjukkan bahwa kamu memang peduli terhadap apa yang mereka alami. Sebab empati tanpa adanya tindakan hanyalah percuma. Kamu memang perlu menunjukkan perilaku yang baik.

Verified Writer

Rasya Alfarizi

Hakuna Matata🎶

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya