TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Sudut Ruangan, Mana Favoritmu?

Tanaman hias mana yang menjadi favoritmu?

ilustrasi tanaman minimalis (pexels.com/Huy Phan)

Intinya Sih...

  • Tanaman hias dalam ruangan harus berukuran minimalis agar tidak menghabiskan banyak area dan membuat ruangan terlihat penuh.
  • Tanaman sansevieria cocok diletakkan di sudut ruangan dengan cahaya minim, sementara monstera dan zz plant juga bisa menjadi pilihan.
  • Jenis tanaman hias lainnya yang cocok untuk sudut ruangan adalah aglonema, sukulen, kaktus mini, dan pothos.

Menempatkan tanaman hijau dalam ruangan memang bisa menghidupkan suasana asri. Meskipun berada di dalam ruangan, namun kita terkoneksi dengan alam. Kita bisa menempatkan tanaman hijau pada sudut-sudut tertentu. Ini dilakukan agar tumbuhan tidak menghabiskan banyak area.

Tapi memilih tanaman yang diletakkan di sudut ruangan juga harus cermat. Karena salah memilih tanaman justru membuat ruangan terlihat penuh dan berantakan. Utamakan untuk memilih jenis tanaman yang berukuran minimalis. Kira-kira apa sajakah tanaman tersebut?

1. Sansevieria

Sudut ruangan akan lebih asri jika kita menempatkan tanaman hias. Namun demikian, Kita juga harus mampu memilih jenis tanaman hias yang tepat. Jangan sampai ukuran tanaman hias terlalu besar sehingga menghabiskan banyak area. Karena ini justru membuat ruangan terlihat berantakan.

Diantara jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di sudut ruangan adalah sansevieria. Tanaman hias ini dapat tumbuh baik dalam kondisi cahaya yang minim. Sehingga ideal untuk sudut ruangan yang sering kali tidak mendapatkan banyak cahaya matahari langsung.

2. Monstera

Mendekorasi ruangan bertema alam memang menghadirkan suasana asri. Dalam hal ini kita bisa menempatkan tanaman hias di beberapa sudut ruangan. Usahakan mengutamakan jenis tanaman yang mudah dari segi perawatannya.

Kamu bisa memilih jenis tanaman hias monstera. Tanaman ini bisa tumbuh baik dalam kondisi cahaya tidak langsung yang sedang. Menempatkannya di sudut ruangan yang tidak terkena cahaya langsung dapat membantu tanaman tumbuh dengan optimal tanpa risiko terbakar oleh sinar matahari.

3. Zz Plant

Meletakkan tanaman hias di sudut ruangan menjadi salah satu cara agar terkoneksi dengan alam. Kita dapat menikmati pemandangan segar dan asri tanpa harus keluar. Beberapa tanaman bisa kamu jadikan referensi untuk mengisi sudut-sudut area dalam ruangan.

Diantara jenis tanaman yang bisa kamu pilih adalah zz plant. ZZ plant tidak memerlukan banyak perhatian. Tanaman ini tahan kekeringan dan dapat bertahan meskipun jarang disiram. Ini membuatnya ideal untuk sudut ruangan di mana mungkin tidak ada akses mudah ke air.

4. Aglonema

Beberapa jenis tanaman ternyata sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Terutama ditempatkan di sudut-sudut tertentu yang memiliki ukuran terbatas. Keberadaan tanaman hias dapat menghijaukan ruangan sehingga terlihat lebih asri.

Tentu ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa dipilih. Salah satu diantaranya adalah aglonema. Jenis tanaman hias ini biasanya tumbuh dengan ukuran yang sedang hingga kecil. Aglonema tentu menjadi pilihan yang cocok untuk menghiasi sudut ruangan karena tidak terlalu menghabiskan banyak area.

5. Sukulen

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan jenis tanaman hias berupa sukulen. Sebagaimana yang kita tahu, jenis tanaman hias ini memiliki ukuran cukup minimalis. Selain itu, sekolah juga menjadi jenis tanaman hias yang tahan akan kekeringan.

Tentu ini menjadi salah satu referensi tanaman hias yang bisa diletakkan di sudut ruangan. Tapi dengan catatan, tempat tersebut masih memiliki pencahayaan yang memadai. Keberadaan sukulen di sudut ruangan membuat area terkesan asri dan terkoneksi dengan alam.

6. Kaktus mini

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan jenis tanaman berupa kaktus mini. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat jenis tanaman ini cocok diletakkan di area terbatas. Termasuk saat kamu ingin menempatkan di sudut ruangan. Contohnya diletakkan di area sudut ruang tamu.

Namun pastikan sudut tersebut masih memiliki akses cahaya yang memadai. Sebagaimana yang kita tahu, kaktus mini membutuhkan cukup cahaya untuk tumbuh. Keberadaan sudut ruangan dengan cahaya yang memadai membuat tanaman kaktus mini tumbuh subur.

7. Pothos

Menempatkan jenis tanaman hias dalam sudut ruangan bisa menjadi pilihan. Terutama jika kita ingin mendekorasi ruangan dengan konsep alam yang asri. Keberadaan tanaman hias akan menjadi kombinasi yang menarik sehingga terlihat lebih elegan.

Salah satu jenis tanaman yang cocok diletakkan di sudut ruangan adalah pothos. Tanaman hias tersebut tetap bisa tumbuh baik meskipun memperoleh cahaya yang minim. Tanaman ini dapat tumbuh baik di pot, digantung, atau dibiarkan menjalar di dinding, menjadikannya fleksibel untuk ditempatkan di berbagai sudut ruang tanpa mengganggu tata letak.

Beberapa jenis tanaman dapat dijadikan referensi untuk diletakkan di sudut ruangan. Terutama jenis tanaman yang berukuran minimalis dan tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya. Keberadaannya membuat ruangan terlihat lebih asri dan elegan. Dari ketujuh tanaman di atas, adakah yang menjadi pilihanmu?

Baca Juga: 5 Tanda Tanaman Hias Mawar Berada di Lokasi yang Salah

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya