TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Konsep Digital Minimalism Dapat Mengembalikan Fokus

Kapan konsep tersebut mau kamu terapkan?

ilustrasi bermain sosmed (pexels.com/Filipe Alves)

Intinya Sih...

  • Konsep digital minimalism mengembalikan fokus dan konsentrasi dengan membatasi penggunaan alat atau aplikasi digital yang tidak perlu.
  • Penerapan digital minimalism penting untuk menjaga fokus dan konsentrasi, serta menghindari distraksi yang mungkin mengganggu perhatian.
  • Digital minimalism memberikan keseimbangan sehat antara kehidupan digital dan non-digital dengan meningkatkan waktu untuk aktivitas bermakna.

Pernahkah kamu mendengar digital minimalism? Konsep ini mengenalkan gaya hidup dengan menggunakan teknologi secara bijaksana. Seperti, menggunakan alat atau aplikasi digital yang dibutuhkan dan terbukti memiliki fungsi nyata. Baik secara profesional maupun pribadi.

Ternyata digital minimalism mampu mengembalikan fokus dan konsentrasi. Seseorang memusatkan perhatian penuh atas suatu urusan atau pekerjaan yang tengah diselesaikan. Terdapat beberapa alasan mengapa digital minimalism dapat mengembalikan fokus. Sudahkah kamu mengetahui alasan-alasan tersebut?

1. Membatasi informasi yang sebenarnya tidak perlu

Kehidupan di era sekarang memang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi. Bahkan bisa dibilang kita menjalani kehidupan serba digital. Baik dari segi pendidikan, di bidang profesional, sampai dengan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Meskipun begitu, kita tetap perlu melakukan digital minimalism. Salah satu alasannya untuk menjaga fokus dan konsentrasi. Dengan menerapkan digital minimalism kita membatasi informasi yang sebenarnya tidak perlu. Untuk selanjutnya bisa lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting

2. Secara otomatis kita menghindari distraksi

Kehidupan di era digital memang serba praktis dan mudah. Tanpa sadar kita sudah kecanduan teknologi digital. Menghadapi fakta tersebut, penting untuk menerapkan konsep digital minimalism. Konsep hidup demikian ternyata dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi.

Mengapa demikian? Dengan menerapkan digital minimalism, secara otomatis kita menghindari distraksi. Termasuk dengan sikap selektif terhadap pelayanan atau aplikasi yang digunakan. Kita tidak akan terganggu dengan notifikasi yang berpotensi mengganggu fokus dan perhatian.

3. Dapat lebih sadar dengan momentum yang dijalani secara nyata

Terkadang kita meremehkan tentang dampak negatif dari kehidupan di era digital. Padahal kecanduan teknologi dapat membawa akibat fatal. Contohnya seperti perasaan tidak puas, atau kehidupan yang dijalani terasa hambar.

Tapi lain halnya saat kita menerapkan konsep digital minimalism. Sisi positifnya dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi. Kita lebih sadar dengan momentum yang dijalani secara nyata. Bukan hanya berfokus pada kehidupan di dunia maya. 

4. Turut menurunkan stres dan kecemasan

Mungkin kamu berpikir jika kehidupan daerah digital serba mudah dan praktis. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan layanan yang efektif dan efisien. Tapi juga ada sisi negatif yang menyertai dari perkembangan teknologi digital. Jika sudah kecanduan, kita akan terjebak stres dan kecemasan.

Tapi ini tidak akan terjadi saat kita menerapkan konsep digital minimalism. Secara otomatis kita akan terhindar dengan perbandingan sosial yang dapat dijumpai dalam teknologi digital. Konsep hidup yang menerapkan digital minimalism memberikan ruang untuk melepaskan diri dari tekanan dan lebih fokus pada kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Positif yang Bisa Bantu Menjaga Fokus Selama Perkuliahan

5. Meningkatkan waktu untuk aktivitas bermakna

Apakah menjalani hidup hanya untuk memperoleh kesenangan sesaat? Sudah tentu jawabannya tidak. Kita harus mampu mengisi waktu dengan aktivitas bermakna. Untuk selanjutnya mendorong kehidupan yang teratur dan tertata. Ternyata ini menjadi salah satu alasan mengapa digital minimalis dapat mengembalikan fokus.

Menerapkan konsep hidup tersebut, otomatis kita akan meningkatkan waktu untuk aktivitas yang bermakna. Seperti membaca buku, berolahraga, atau berinteraksi dengan orang secara langsung. Hal ini memberikan keseimbangan yang lebih sehat antara kehidupan digital dan non-digital.

Konsep digital minimalism terbukti dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi. Secara otomatis kita akan terhindar dari distraksi dan informasi yang tidak perlu. Kita juga dapat memanfaatkan waktu untuk aktivitas yang lebih bermakna. Mengetahui fakta di atas, kapan kamu berencana menerapkan digital minimalism?

Baca Juga: 5 Postingan Media Sosial yang Bisa Berakibat Kamu Dihukum Penjara 

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya