Comscore Tracker

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga Balao

Anak muda Makassar pasti tahu dong #LokalIDN

Ada berbagai hewan liar yang sering terlihat melalui siaran televisi atau internet. Walaupun beberapa hewan liar hidup di alam bebas, masyarakat tetap akrab dengan kehadiran mereka dan menamai hewan liar sesuai dengan bahasa daerah masyarakat setempat. 

Kali ini, kita akan mengkaji tentang kosakata hewan liar dalam bahasa Makassar. Apa saja? Yuk kita simak bersama!  

1. Macang

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoHarimaumacang Unsplash.com/Keyur Nandaniya

Dikenal sebagai hewan mamalia yang sangat berwibawa. Macan dikenal masyarakat suku Makassar dengan sebutan macang (ᨆᨌ) dengan ejaan aksara lontara' Makassar (ᨆ=ma ᨌ=cang). Penyebutan katanya mirip dengan bahasa Indonesia! 

2. Jonga

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga Balaorusajonga Unsplash.com/Laura College

Hewan mamalia yang memiliki tanduk dan tubuh ramping ini ialah rusa yang dalam bahasa Makassar diberi nama sebagai jonga (ᨍᨚᨂ) yang apabila dieja dalam aksara lontara' Makassar akan menjadi (ᨍᨚ=jo ᨂ=nga). Mudah, bukan? 

3. Bawi

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Jonathan Kemper

Siapa yang tidak kenal dengan hewan ini? Babi menjadi sumber protein sekaligus sebagai hewan yang suka memakan tanaman umbi-umbian milik pak tani. Bagi masyarakat suku Makassar dikenal dengan nama bawi (ᨅᨓᨗ) menjadi (ᨅ=ba ᨓᨗ=wi). Polanya mudah, kok! 

4. Dare'

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Shashank Sahay

Dikenal sebagai primata yang suka makan pisang. Monyet merupakan salah satu hewan yang hidup liar di hutan dan dinamai dare' (ᨉᨑᨙ) yang dipenggal menjadi (ᨉ=da ᨑᨙ=re). Jangan lupa tambahkan (') di akhir kata, ya! 

5. Ulara'

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/David Clode

Hewan ini memiliki tubuh yang panjang dan ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Ular disebut oleh masyarakat suku Makassar sebagai ulara' (ᨕᨘᨒᨑ) yang dieja menjadi (ᨕᨘ=u ᨒ=la ᨑ=ra) dengan tambahkan tanda (') di akhir. Hampir mirip dengan penulisan bahasa Indonesia! 

Baca Juga: 5 Kata dalam Bahasa Makassar Ini Mirip dengan Bahasa Malaysia

6. Buaja

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Kyaw Tun

Mengintai santapannya secara diam-diam dan menerkam secara cepat, sehingga buaya pantas disebut sebagai predator yang sangat ditakuti. Dalam bahasa Makassar, buaya diberi nama sebagai buaja (ᨅᨘᨕᨍ) menjadi (ᨅᨘ=bu ᨕ=a ᨍ=ja). So easy right? 

7. Jangang-jangang

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Mehdi Sepehri

Terbang bebas di angkasa dan mencari makanan dari pagi sampai menjelang malam. Burung disebut sebagai jangang-jangang (ᨍᨂ ᨍᨂ) yang dieja dalam aksara lontara' Makassar menjadi (ᨍ=ja ᨂ=ngang ᨍ=ja  ᨂ=ngang). Jangan bingung, ya! 

8. Balao

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Yuru Dinata

Berlari kencang dan mencuri makanan manusia. Tikus dianggap sebagai hama bagi bapak tani dan ibu rumah tangga. Dalam bahasa Makassar diberi nama sebagai balao (ᨅᨒᨕᨚ) menjadi (ᨅ=ba ᨒ=la ᨕᨚ=o). Unik banget! 

9. Tumpang

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Crystal McClernon

Dikenal sebagai hewan yang dapat bernafas di darat dan air. Kodok diberi nama oleh masyarakat suku Makassar sebagai tumpang (ᨈᨘᨄ) yang dieja dalam aksara lontara' Makassar secara benar menjadi (ᨈᨘ=tum  ᨄ=pang). Intinya kamu harus paham aksara lontara' Makassar! 

10. Padalle'

10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar, Ulara' hingga BalaoUnsplash.com/Balaji Malliswamy

Bagi masyarakat yang mendiami wilayah pedesaan, biawak sering menganggu kelangsungan hidup ternak ayam dan ikan air tawar. Dalam bahasa Makassar, biawak diberi nama sebagai padalle' (ᨄᨉᨒᨙ) menjadi (ᨄ=pa ᨉ=dal ᨒᨙ=le) ditambah tanda (') di akhir kata. Nama hewan ini sangat mudah diingat, bukan? 

Itulah tadi 10 nama-nama hewan liar yang sempat penulis rangkum. Apabila ada hal yang kurang jelas, kamu bisa bertanya di kolom komentar! Tetap semangat belajar, ok?

Baca Juga: 5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa Makassar

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sky Light di IDN Times Community dengan judul 10 Nama-nama Hewan Liar dalam Bahasa Makassar yang Wajib Kamu Ketahui

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya