Comscore Tracker

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa Makassar

Orang Makassar sebut garring, di Malaysia gering #LokalIDN

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa. Di Nusantara, suku Makassar dikenal memiliki bahasa daerah sendiri. Bahasa tersebut yakni bahasa Makassar yang banyak digunakan di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Jika diperhatikan, ada beberapa kosa kata dalam bahasa Makassar yang mirip dengan kata dalam bahasa Malaysia. Letak Malaysia yang berada di negeri tetangga dan masih serumpun dengan Indonesia menyebabkan adanya kesamaan bahasa dalam beberapa kata. Apa saja itu? Yuk, kita simak!

1. Sakit

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa MakassarIlustrasi Demam (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat sedang sakit, maka orang Makassar akan berkata bahwa ia “garring”. Tak beda jauh, di Malaysia kata “gering” memiliki arti sakit. Tulisan dan maknanya gak beda jauh!

2. Kelereng

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa Makassarpexels/skitterphoto

Kelereng adalah salah satu permainan yang digemari anak-anak. Nah, di Makassar kelereng disebut dengan “baguli”, sedangkan anak-anak di Malaysia menyebut kelereng dengan sebutan “guli”.

Baca Juga: 5 Kata dalam Bahasa Daerah Bangka yang Mirip dengan Bahasa Indonesia

3. Bambu

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa Makassardakatour.com

Jika berkunjung ke Makassar, maka kamu akan mendengar warga lokal menyebut bambu dengan sebutan “bulo”. Sedangkan, di Malaysia bambu disebut sebagai “buluh”.  Meski tulisannya berbeda, namun pelafalannya sekilas terdengar sama, lho!

4. Celana

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa MakassarPexels.com/Mica Asat

Di Bumi Anging Mammiri, kata celana disebut dengan “saluara”. Sedangkan, di Negeri Jiran celana akan diartikan dengan sebutan “seluar”. Gimana, mirip gak?

5. Jumat

5 Kata dalam Bahasa Malaysia yang Mirip dengan Bahasa MakassarUnsplash/Sincerely Media

Beda tipis, penggunaan kata untuk hari Jumat hampir mirip lho, antara bahasa Makassar dan bahasa Malaysia. Suku Makassar akan menyebut hari Jumat dengan “jumaa’”, sedangkan suku Melayu Malaysia menyebutnya dengan sebutan “jumaat”.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, beberapa kata dalam Bahasa Makassar yang ternyata mirip dengan kata dalam Bahasa Malaysia. Semoga menambah khazanah pengetahuan kita semua!

Baca Juga: Sebutan Ayah, Ibu dan Anggota Keluarga dalam Bahasa Makassar, Tabe!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dewi Andini di IDN Times Community dengan judul 5 Kata dalam Bahasa Makassar Ini Mirip dengan Bahasa Malaysia

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya