Comscore Tracker

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Jika kamu jeli, daging kambing dan sapi cukup berbeda

Perayaan Hari Raya Idul Adha identik dengan sajian khas daging sapi dan kambing. Kedua daging tersebut bisa diolah untuk berbagai menu makanan nikmat menggugah selera.

Kedua daging kurban itu sepintas terlihat sama, sehingga sebagian orang kesulitan membedakannya. Padahal jika kamu jeli, daging sapi dan kambing cukup berbeda.

Untuk kamu yang masih bingung, perhatikan lima cara berikut ini untuk membedakan daging sapi dan kambing.

1. Perhatikan warna dagingnya

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambingthespruceeats.com

Tanda yang paling mudah terlihat adalah perbedaan warna daging. Daging kambing bewarna lebih merah cerah. Tapi kalau sudah terpapar udara, biasanya warna daging berubah pucat keunguan.

Daging sapi warnanya merah cenderung pucat. Daging akan berubah warna jadi cokelat gelap saat terpapar udara. Jadi, kamu bisa menemukan perbedaan mencolok hanya dengan melihat warnanya.

2. Teksturnya juga berbeda

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambingweber.com

Selain melihat, kamu bisa menyentuh daging untuk mengetahui jenisnya. Tekstur daging sapi cenderung halus dan lembut. Sebaliknya, daging kambing terasa lebih kasar.

Lemak pada daging sapi terlihat padat. Sedangkan pada daging kambing, gumpalan lemak terkumpul pada bagian tertentu saja.

3. Tercium jelas dari aromanya

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambingpexels.com/lukas

Kalau kamu belum yakin dengan dua petunjuk di atas, bedakan daging menurut baunya. Daging kambing terkenal dengan baunya yang prengus yang tajam. Kalau daging sapi, baunya lebih amis dan anyir. Meski begitu, bau daging kambing yang prengus bakal jauh lebih tercium, sehingga tak sulit untuk membedakan kedua daging ini dari aromanya.

Kalau pun daging kambing dibersihkan dengan sedemikian rupa, baunya tetap ada dibanding sapi yang lebih samar. Jika ragu, kamu bisa mencium keduanya dan membedakannya.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

4. Lihat serat dagingnya

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambingthehealthy.com

Cara selanjutnya adalah mengamati serat dagingnya. Daging sapi memiliki serat yang lebih kecil dan tak terlihat, tetapi jumlahnya cukup banyak. Sedangkan daging kambing, seratnya cenderung lebih tebal dan rapat.

Kalau masih belum yakin, cobalah merenggangkan dagingnya. Dengan begitu, serat pada daging bakal terlihat lebih jelas.

5. Ketika daging sudah matang

Sepintas Mirip, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambingunsplash.com/joséignaciopompé

Perbedaan daging sapi dan kambing kian jelas saat sudah diolah atau dimasak. Misalnya cita rasa. Saat sudah dimasak dengan baik dan benar, daging kambing lebih alot dan tetap tersisa bau yang membedakan.

Sementara itu, daging sapi lebih empuk dibandingkan daging kambing. Begitu pula dengan aromanya, daging sapi tak mengeluarkan bau.

Nah, itulah 5 cara membedakan daging sapi dan kambing yang bisa kamu terapkan. Semoga bisa membeli dan memilih daging terbaik ya!

Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya