Comscore Tracker

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah

Kuliner tradisional lezat dan gurih, juga ramah di kantong

Kuliner merupakan salah satu daya tarik orang berkunjung ke sebuah daerah. Seperti daerah lain, Sulawesi Selatan menyimpan banyak menu kuliner khas.

Di daerah ini, kamu bisa menemukan jajanan pasar yang gak kalah lezat dengan kreasi kuliner modern. Aneka jajanan tradisional yang selain enak dan gurih, juga ramah kantong.

Kamu mau tahu jajanan pasar apa saja yang bisa kamu temui di Sulsel? Simak nih.

1. Barongko

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahdictio.id

Makanan ini merupakan makanan khas Bugis-Makassar. Di masa lampau,  barongko biasanya disajikan sebagai hidangan untuk para raja Bugis.

Di masa itu, barongko hanya dibuat oleh tangan-tangan ahli untuk acara adat. Seiring berjalannya waktu, barongko mulai diperkenalkan sebagai jajanan pasar yang memiliki harga terjangkau.

Bahan untuk membuat barongko ini adalah pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Bahan-bahan ini diolah kemudian dibungkus daun pisang, lalu dikukus.

Jika sudah matang, barongko biasanya dimasukkan ke dalam kulkas. Barongko mempunyai cita rasa yang manis dan gurih.

2. Putu Cangkir

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahcookpad.com

Putu cangkir adalah jajanan tradisional Makassar yang berbahan gula merah, beras ketan, serta kelapa. Membuat putu cangkir ini harus dilakukan secara manual, karena untuk mengeraskan adonannya harus menggunakan uap air.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, putu cangkir kini mulai terlibas dengan jajanan kue yang lebih modern dan kekinian. Kalau kamu berkunjung ke Makassar, putu cangkir ini ini bisa kamu dapatkan di sekitar kawasan Jalan Tamalate 1, di samping toko Adjijaya.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Makassar Ini Bikin Kamu Kenyang Seketika!

3. Roko Roko Unti

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti NgunyahYoutube.com/Putri Channel

Sekilas kalau dilihat makanan roko roko unti ini mirip dengan barongko. Keduanya memang sama-sama dibungkus daun pisang.

Dalam bahasa Makassar, roko roko itu artinya dibungkus, dan unti artinya pisang. Di  Jawa, kue ini sering kita sebut kue pisang.

Cara membuatnya pun tergolong mudah. Pisang yang dikupas kemudian dilapisi dengan adonan tepung beras. Makanan ini bercita rasa  gurih, dan manis. Jajanan tradisional ini bisa kamu dapatkan di pasar tradisional di Makassar.

4. Es Pisang Ijo

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahkulina.id

Kalau jajanan yang satu ini, pasti kamu sudah tahu ya. Es pisang ijo adalah makanan tradisional yang sangat terkenal, bahkan hingga ke keluar Sulsel.

Karena itu, kamu akan mudah menemukan jajanan satu ini di sudut-sudut Makassar, khususnya di pasar-pasar. 

Bahan utama es pisang ijo adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian dikukus hingga matang. Adonan tepung berwarna hijau berasal dari air daun suji atau pandan yang ditambahkan dalam adonan. 

Baca Juga: 5 Desa Adat yang Jadi Cermin Sulawesi Selatan di Masa Lampau

5. Cucuru Bayao

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahmakassarbaklave.com

Makanan tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang manis, dan biasanya ada disajikan di acara pernikahan adat Bugis-Makassar.

Cita rasa manis yang kental pada kue-kue yang disajikan di acara pernikahan ini ada maknanya loh.  Dengan berbagai kue manis, diharapkan kehidupan yang akan diarungi oleh kedua mempelai pun juga manis.

Kue ini dibuat dari puluhan kuning telur, kenari, dan gula pasir murni. Rasa yang sangat manis dan aroma yang kuat adalah ciri khas dari kue berwarna kuning ini. Kalau kamu adalah seorang penggemar makanan manis, jangan lewatkan untuk mencicipi jajanan tradisional yang satu ini.

6. Biji Nangka

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahmakassarbaklave.com

Meskipun kue tradisional ini namanya biji nangka, tapi kue ini tidak memakai buah nangka sama sekali. Kue ini dinamakan biji nangka, karena bentuknya yang memang mirip dengan biji nangka.

Kue ini dibuat dari kentang dan kenari. Itulah yang membuatnya berbeda dengan kue tradisional khas Makassar lainnya, yang biasanya menggunakan santan dan telur. Dan kue biji nangka adalah salah satu kue yang selalu disajikan pada acara pesta adat orang Bugis-Makassar.

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia: Menilik Kondisi Terkini Hutan di Sulawesi Selatan

7. Bikang Doang

7 Jajanan Pasar Khas Sulsel Ini Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyahpicdeer.com

Kalau melihat jajanan yang satu ini, kamu pasti ingat dengan bakwan udang. Di Makassar makanan ini dinamakan bikang doang. Terbuat dari tepung terigu, parutan bawang, tauge, wortel dan dihiasi dengan udang yang berukuran cukup besar. 

Jajanan ini bisa disantap dengan saus sambal, atau dengan sambal cuka khas Makassar. Salah satu kedai di Makassar yang menjual Bikang Doang adalah Toko Jalangkote Lasinrang, yang terletak di Jalan Lasinrang.

Nah itulah 7 jajanan pasar tradisional khas Sulawesi Selatan yang harus kamu cicipi. Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner keliling kota Makassar. Aneka makanan lezat dan gurih yang ada di sana, pasti mampu membuat lidah kamu bergoyang.

Baca Juga: 10 Camilan Khas Jawa Timur Ini Enaknya Bikin Susah Berhenti Ngunyah 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ayana di IDN Times Community dengan judul Lezat dan Gurih! 7 Jajanan Pasar Khas Sulawesi Selatan Ini Bikin Nagih

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya